Tutorial Membuat Video Stop Motion dengan Efek Tangan Menulis

Pernahkah kamu melihat video-video stop motion yang bertebaran di youtube? video stop motion di youtube selalu berhasil mengundang banyak views.  Kebanyakan video stop motion yang diunggah pada youtube adalah video yang dibuat dengan menggunakan aplikasi video editing seperti movie maker atau AVS video editor. Untuk membuat sebuah video stop motion dengan durasi sekitar 3 menit setidaknya dibutuhkan 300 variasi gambar yang berbeda. Apakah kamu ingin belajar membuat sebuah video stop motion juga? kabar baiknya saat ini ada sebuah software bagus yang dapat digunakan untuk mulai membuat sebuah video stop motion, yang tentunya tidak membutuhkan gambar sebanyak jika menggunakan movie maker.

Sparkol Videoscribe, mungkin sebagian dari kalian sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini. Sparkol Videoscribe merupakan sebuah aplikasi editing video berbasis dekstop yang mendukung installasi di berbagai device dengan sistem operasi Windows. Dibandingkan dengan berbagai software video editing lainnya, sparkol memiliki sebuah keistimewaan tersendiri. Jika kalian pernah melihat video stop motion dengan efek tangan manusia menulis atau menghapus, sudah dapat dipastikan video tersebut dibuat dengan bantuan sparkol videoscribe.

Tutorial Membuat Video Stop Motion dengan Efek Tangan MenulisSparkol videoscribe adalah sebuah aplikasi premium yang berbayar, namun untuk kamu yang baru mulai mencoba menggunakan aplikasi ini tersedia versi trial yang dapat digunakan dalam waktu singkat. Untuk dapat menjalankan aplikas sparkol, kita membutuhkan koneksi internet. Bagi kamu yang ingin mencoba membuat sebuah video stop motion dengan efek tangan menulis kamu dapat mengunduh terlebih dahulu aplikasi Sparkol Videoscribe langsung di link berikut – Download.

Sofware ini terbilang baru dan belum banyak orang yang paham betul cara menggunakannya. Jadi sebelum masuk ke tutorial pembuatan video saya akan menjelaskan fungsi-fungsi dari ruang kerja yang tersedia pada Sparkol Videoscribe terlebih dahulu.

Ada lima pembagian area ruang kerja seperti yang telah saya tandai di bawah, berikut penjelasannya:
  1. Area yang ditandai 1 adalah bagian input file ke video. Bisa dibilang ini library jika pada video editor lainnya. Pada area ini terdapat pilihan input gambar, music, text, pengaturan hand tool yang ingin digunakan dan sebagainya.
  2. Area yang ditandai nomor dua adalah workspace dari video yang sedang kita kerjakan, disana terdapat pilihan-pilihan untuk file-file yang telah dimasukan kedalam projek.
  3. Area yang ditandai nomor 3 adalah pilihan lanjutan dari projek video yang sedang kita kerjakan, hanya satu tombol yang paling sering saya gunakan disini, yaitu tombol kamera. Tombol kamera ini berguna untuk mengatur kapan file akan mucul sesuai waktu yang diinginkan.
  4. Gambar yang ditandai nomor 4 adalah area yang digunakan untuk menyunting video sebelum disimpan.
  5. Nah area 5 adalah area untuk menampilkan file-file yang telah kita masukan dalam projek.
 Tutorial Membuat Video Stop Motion dengan Efek Tangan Menulis
Seiring berjalannya waktu sparkol mungkin akan terus memperbaharui tampilan dari aplikasi video editing mereka. Secara umum ruang kerja sparkol videoscribe adalah mirip tampilan gambar diatas, jika ada sedikit perbedaan tinggal menyesuaikan saja. Sudah tidak sabar untuk mulai membuat sebuah video stop motion? coba putar terlebih dahulu video dibawah untuk jadi referensi 🙂

 

Membuat Video Stop Motion dengan Efek Tangan Menulis:Setelah membaca penjelasan dari ruang kerja dari Sparkol Videoscribe diatas tentu kamu sudah memiliki bayangan bagaimana cara membuat membuat sebuah video stop motion dengan efek tangan menulis bukan? Ya dibawah ini saya akan memberikan 5 buah langkah mudah untuk mulai membuat sebuah video stop motion menggunakan sparkol videoscribe:

  1. Pastikan kamu sudah menetukan konsep video yang ingin kamu buat, siapkan foto pendukung dan sebuah lagu format mp3 untuk dijadikan backsound.
  2. Masuk ke ruang kerja sparkol, pilih ikon dengan lambang nada/musik, silahkan import musik yang ingin dijadikan backsound.
  3. Jika kamu ingin memasukan sebuah teks pesan pembuka, klik ikon dengan gambar Tt pada bagian atas, masukin teks yang diinginkan, klik OK. Jika teks sudah masuk pada ruang kerja silahkan kamu atur ukuran teks dan efek munculnya dengan cara double clik teks yang muncul pada ruang kerja nomor 2  diatas tadi.
  4. Langkah berikutnya adalah memasukan foto, klik ikon pensil yang berada tepat disamping icon teks, import video yang kamu inginkan.
  5. Terus import berulang kali teks dan gambar yang ingin kamu masukan ke video, atur durasi, efek kemunculan dan sebagainya hingga semuanya penuh sampai lagu berakhir.
  6. Taraaa, video kamu siap diproduksi, klik tombol render video!

Nah itulah sedikit langkah yang dapat dilakukan untuk mulai membuat sebuah video stop motion menggunakan aplikasi sparkol videoscribe. Jika dilihat sekilas cara penggunaan video ini cukup mudah, namun untuk kamu yang baru pertama kali menggunakan aplikasi ini mungkin akan kebingungan bagaimana cara mengatur timing yang pas untuk video. Teruslah mencoba hingga kamu terbiasa,  Goodluck! 🙂

17 COMMENTS

  1. “video stop motion dengan efek tangan manusia menulis atau menghapus, sudah dapat dipastikan video tersebut dibuat dengan bantuan sparkol videoscribe”
    – gak bisa dipastikan semua harus pake – sparkol videoscribe
    -kan bisa pake photoshop, coreldraw atau aplikasi apapun yang berbasis grafis + video editor apapun (movie maker juga bagus hasilnya tergantung pengaturan durasi frame by frame-nya)
    -bisa juga “liveshoot ” denagn camera pro, pocket, smartphone lalu tinggal di konversi jadi jpg/image… buang sebagian gambar… potong durasi, hasilnya juga akan patah-patah kaya stop motion
    -BIKIN STOP MOTION GAK HARUS KONEK DENGAN INTERNET kan tergantung imajinasi + kemampuan si pembuat dalam mengoprasikan aplikasi grafis+video editor 😀

  2. Jika kalian pernah melihat video stop motion dengan efek tangan manusia menulis atau menghapus, sudah dapat dipastikan video tersebut dibuat dengan bantuan sparkol videoscribe.
    … GAK HARUS GAN…. & GAK BISA DIPASTIIN PAKE sparkol videoscribe

    lirycs:
    stop motion adalah gabungan dari gambar2 yg saling terhubung dan disatuin dg video editor
    ingat GAMBAR + VIDEO EDITOR
    GAMBAR :
    1. APLIKASI (coreldraw/photoshop/microsoft paint) harus menguasai salah satunya
    2. gambar tangan manual >gak harus bagus (yg penting ide cerita)- lalu potret/scan
    3. liveshoot konversi hasil video menjadi jpg/ image buang sebagian gbr >potong durasi >hasilnya juga patah2 kaya stopmotion
    VIDEO editor:
    apa saja – movie maker juga bisa menghasilkan video stop motion yg bagus >tergantung pengaturan durasi frame by framenya & randernya gak pake lama & gak harus konek internet

    SO.. gak ada yg instan untuk hasil maksimal … 😀

  3. Jika kalian pernah melihat video stop motion dengan efek tangan manusia menulis atau menghapus, sudah dapat dipastikan video tersebut dibuat dengan bantuan sparkol videoscribe.
    …. GAK JUGA KALI BOSSS…..

LEAVE A REPLY