10 Hal yang Harus Dilakukan agar Blog Kamu Lebih Menghasilkan

Ketika berbicara tentang membuat blog menghasilkan sejumlah uang, maka yang akan muncul di benak kebanyakan Blogger adalah blog mereka akan penuh dengan banner iklan dimana-mana. Padahal menghasilkan blog tidak melulu dilakukan dengan cara membuat blog penuh dengan iklan, ada banyak cara lain yang dapat diterapkan. Kebanyakan dari kita tidak menyadari bahwa ada kelebihan tersendiri dalam pribadi masing-masing yang jika dimanfaatkan dengan baik akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Saya sendiri ketika pertama kali membuat blog tidak pernah terpikirkan untuk membuat blog menjadi sumber penghasilan. Sampai suatu hari saya melihat Blogger-blogger senior yang menghasilkan cukup banyak uang dari blog dan hati saya tertarik untuk mulai membuat blog Menulis layaknya profesionalsebagai alat untuk menghasilkan uang secara online.

10 Hal yang Harus Dilakukan agar Blog Kamu Lebih Menghasilkan
Untuk dapat menghasilkan uang secara online, terutama lewat sebuah blog tentu ada sebuah proses yang harus kita lewati dan terus dilakukan secara berkelanjutan. Di bawah ini saya sudah membuat 10 point penting yang harus dilakukan jika kamu tertarik untuk membuat sebuah blog yang mendatangkan penghasilan.
 
1. Awali dengan blog gratisan

Jangan sepelekan hal-hal yang bersifat gratisan, ini juga berlaku dalam blog. Kamu bisa memulai aktivitas mendalami dunia blog dengan membuat sebuah blog gratisan. Dari sebuah blog gratis tersebut kamu dapat belajar banyak dan memahami seluk-beluk mengenai blog dan mendalami dunia blogging dengan leluasa. Buatlah sebuah blog yang mengangkat topik yang benar-benar sesuai dengan minat dan karakter kamu, hal ini akan membantu kamu bisa dengan mudah dan nyaman menulis berbagai hal di sana.

Setelah merasa skill ngeblog kamu sudah cukup baik, kamu bisa melakukan upgrade blog dari yang gratis menjadi berbayar. Misalnya jika sejak awal kamu menggunakan blog gratis dari Blogspot.com, kamu dapat melakukan upgrade dengan membeli sebuah domain pribadi. Dengan menggunakan layanan berbayar kamu akan terlihat lebih profesional.

2. Menulis layaknya profesional

Blog yang bermutu baik tentu harus memuat artikel yang berkualitas baik dan memberi manfaat bagi banyak pembaca. Jika ternyata kamu tidak memiliki keahlian dalam bidang menulis, maka sudah waktunya kamu mulai belajar dan menyukai bidang tersebut karena mustahil menjadi seorang Blogger bila kamu tidak memiliki minat di bidang menulis.

Belajarlah teknik menulis artikel yang baik dengan cara mengunjungi beberapa blog yang memiliki kualitas bagus dan konten yang bermutu. Menulislah layaknya seorang profesional yang mengetengahkan sebuah topik menarik dan dilengkapi dengan berbagai fakta pendukung yang memadai. Jangan posting tulisan yang tidak ada isinya dan hanya mengandalkan judul menarik tanpa disertai dengan berbagai informasi yang bermanfaat.

3. Tulis dengan original
Sebagaimana disebutkan dalam poin sebelumnya, kamu harus menulis sebagai seorang profesional yang tidak melakukan plagiat terhadap tulisan atau karya orang lain. Artikel yang dihasilkan dengan copy paste adalah bentuk kreativitas yang mati dan tidak memiliki mutu sama sekali. Jangan pernah melakukan hal tersebut karena itu hanya akan membuat kamu menjadi malas dan tidak bisa berkembang sama sekali.
10 Hal yang Harus Dilakukan agar Blog Kamu Lebih Menghasilkan
4. Pahami teknik dasar SEO

Sebagai langkah awal dalam menghasilkan uang melalui blog yang kamu miliki maka kamu disarakan memahami teknik dasar SEO. Hal ini bertujuan untuk mengoptimasi blog kamu sehingga mampu bersaing dengan blog lainnya di halaman utama Google dan memiliki pengunjung yang maksimal. Ini adalah sebuah langkah yang sama pentingnya dengan penulisan artikel yang berkualitas. Dimana disini kamu harus mampu menerapkan beberapa keyword pada artikel yang kamu tulis, dengan demikian artikel tersebut bisa membuat blog kamu menjadi prioritas di Google.

5. Belajar mempercantik blog

Pada dasarnya orang akan senang melihat sesuatu yang cantik dan menarik, termasuk saat melakukan blogging. Penting sekali bagi kamu untuk memiliki keahlian dalam mendesain dan mempercantik blog sehingga tampilannya menjadi menarik dan membuat orang betah berlama-lama di sana. Kamu tentu tidak perlu sampai mengambil kursus web design untuk dapat melakukan hal ini. Beberapa platform blog seperti Blogspot dan WordPress memperbolehkan pengguna mereka melakukan kustomisasi sebebas mungkin. Kamu dapat belajar secara otodidak untuk mulai mengubah tampilan dan layout dari blog yang kamu miliki. Selain itu, ada banyak situs yang menyediakan referensi mudah untuk melakukan hal ini, kamu hanya perlu menyediakan waktu dan niat untuk melakukannya.

6. Tawarkan dan dapatkan iklan

Bila ternyata blog yang kamu miliki cukup populer dan banyak dikunjungi orang, maka dengan mudah kamu akan bisa mendapatkan uang melalui pemasangan iklan di blog tersebut. Iklan yang dimaksudkan tentu tidak hanya dalam bentuk iklan gambar, saat ini iklan dalam bentuk artikel review lebih popular ditawarkan di banyak blog. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan sebuah informasi di blog bahwa kamu akan menerima pemasangan iklan pribadi dengan menentukan jumlah tarif tertentu. Ini adalah salah jalan yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan sejumlah uang dari aktivitas blogging yang kamu lakukan.

7. Mengikuti program afiliasi
Ini juga menjadi salah satu program yang banyak menghasilkan uang bagi para blogger, di mana dalam hal ini kamu akan bertindak sebagai seorang agen atau perwakilan bagi sebuah perusahaan. Dalam hal ini kamu akan bertugas untuk mencari klien atau pelanggan baru bagi sebuah perusahaan tempat kita berafiliasi.
Di sini kamu akan dituntut untuk bisa menjual produk yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan dan kamu akan mendapatkan sejumlah komisi dari setiap produk yang terjual. Tidak sampai disitu saja, jika kamu pintar dalam hal menjual produk lewat sebuah artikel, kamu dapat mengikuti program CPA yang saat ini sudah banyak dilakukan Blogger senior.
10 Hal yang Harus Dilakukan agar Blog Kamu Lebih Menghasilkan
8. Menjadi publiser Google Adsense

Menjadi seorang publiser Google Adsense sepertinya menjadi impian banyak Blogger, mungkin kamu juga salah satunya. Sayangnya, untuk dapat menjadi publiser Google Adsense ada beberapa syarat khusus yang harus kamu penuhi dan akhir-ahkir ini Google cukup ketat melakukan seleksi untuk setiap publisher yang mendaftar.

Jika kamu memiliki sebuah akun Google Adsense maka kamu bisa mendapatkan sejumlah uang dengan cara mengelola sejumlah iklan yang akan ditayangkan dalam blog yang kamu miliki. Salah satu teknik yang digunakan oleh Google Adsense adalah Pay Per Click (PPC), di mana kamu akan dibayar berdasarkan setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung pada iklan yang dipasang di blog kamu.

9. Mengikuti kontes

Kamu juga bisa mendapatkan uang dengan cara mengikuti kontes blog yang banyak dilakukan oleh brand terkemuka di Indonesia atau bahkan di dunia. Hadiah yang ditawarkan juga biasanya lumayan besar, bisa dalam bentuk uang tunai, gadget, voucher dan lain sebagainya. Selain berkesempatan memenangkan berbagai hadiah menarik yang ditawarkan, mengikuti kontes juga membuat kamu semakin akrab dengan berbagai komunitas Blogger di luar sana. Tidak hanya itu, jika kamu bisa menjadi pemenang dalam salah satu kontes Blog perlahan-lahan kamu dan blog yang kamu kelola akan semakin dikenal banyak orang. Dengan begitu kamu sudah menciptakan sebuah personal branding yang baik.

10. Mulai detik ini juga!
Tidak ada tips ke-10. Yang dapat kamu lakukan untuk membuat blogmu lebih menghasilkan adalah segera mulai detik ini juga. Jangan menunda lebih lama. Jangan terlena dan membiarkan tulisan di blogmu tidak diperbaharui. Jangan iri dengan kesuksesan Blogger lain. Jangan terlalu meratapi kegagalan yang sudah kamu lewati. Jangan terus menjiplak langkah sukses yang sudah dibuat orang lain. Mulai langkahmu sendiri, dan jadilah sukses dengan jalanmu sendiri! 🙂
Image Credit
Semua gambar yang digunakan pada postingan ini diambil dari situs bank gambar gratis www.pixabay.com semua hak cipta dari gambar tersebut adalah milik www.pixabay.com

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY