Daftar Software Video Editing Terbaik untuk PC

Buat kamu yang jatuh cinta dengan dunia sinematografi, kamu pasti kenal dong dengan beberapa kru wajib seperti sutradara, kameramen, art director, screenwriter, dan tentunya para artis yang menunjukkan kebolehan akting mereka di depan kamera. Sepintas pekerjaan mereka terlihat sangat menyenangkan. Berperan dalam karakter orang lain yang tak jarang merupakan tokoh fiksi, mengambil gambar dari sudut terbaik, mengarahkan para pemainnya agar lebih menunjukkan karakter tokoh, itu semua merupakan secuil bagian dari proses shooting.

Kalau kamu tertarik pada bagian pengambilan gambar, kamu tentunya tak lepas juga dengan pekerjaan mengedit video hasil rekaman – yang banyak orang bilang merupakan proses paling menguras tenaga bagi seorang editor video. Pas sekali, kalau kamu membutuhkan referensi perangkat lunak untuk mengedit videomu secara lebih praktis dan difasilitasi berbagai fitur keren, kamu wajib tahu software editing video terbaik untuk Personal Computer (PC) berikut ini.

1. Windows Movie Maker

Software ini relatif terkenal dan hampir semua pengguna PC dengan sistem operasi Windows pasti menemukan software ini dalam program mereka. Microsoft sendiri sudah membuat versi terbarunya yang bisa dijalankan pada Windows Vista, Windows 7, serta Windows 8. Software gratis ini cocok untuk pengguna rumahan dan tidak ada yang menyangkal jika software ini adalah aplikasi edit video yang sangat baik.

Baca Juga: Tutorial Membuat Video Stop Motion dengan Efek Tangan Menulis

2. Adobe Premier Pro CC

Software satu ini mungkin yang paling akrab bahkan di telinga orang awam. Adobe tidak hanya terkenal dari lini produk Adobe Reader yang biasa digunakan untuk membaca file dengan ekstensi .pdf tetapi juga ada Adobe Premier Pro CC yang merupakan aplikasi untuk membuat film. Software berbayar ini adalah aplikasi edit video yang paling populer dan terbaik untuk PC baik dengan sistem operasi Windows maupun PC MAC. Adobe Premier Pro CC sangat disarankan buat kamu yang sudah khatam dalam dunia editing video dan merupakan alat editing yang mengagumkan apalagi kalau kamu mempertimbangkan fitur integrasi dengan After Effects dan Photoshop.

Daftar Software Video Editing Terbaik untuk PC

3. Kdenlive

Pengguna PC dengan sistem operasi Linux dan MAC bisa menikmati software gratis satu ini. Kdenlive mendukung 2 video serta 4 track audio, linear tampilan timecode, serta mampu mengedit berbagai jenis file video mulai dari MKV, AVI, MP4, MPEG-4, serta 3GP. Kalau kamu berencana mengedit video secara sederhana tanpa tambahan efek khusus, sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi ini karena selain mudah juga ringan untuk dijalankan.

4. IvsEdits

Software editing video gratis lainnya yang juga cukup terkenal untuk PC Windows adalah IvsEdits yang mana dikenal akan penggunaannya yang cukup mudah dan didukung tampilan sederhana yang memudahkan pemula untuk belajar mengedit. Software ini sangat disarankan untuk kamu yang belum pernah menyentuh aplikasi pengedit video sekali pun. Di aplikasi ini kamu akan dengan mudah mendapatkan fasilitas input real time, editing multi-kamera, koleksi efek video, bahkan juga mendukung semua format video.

5. CyberLink PowerDirector Deluxe

Software editing video satu ini ditujukan untuk para editor biasa namun fitur yang ditawarkan begitu lengkap. CyberLink ini dikatakan cukup ideal untuk mengedit bagi pengedit pemula atau mereka yang sudah biasa mengedit dan menginginkan fitur yang lengkap. Di sini, kamu akan menemui berbagai fitur yang bisa memandumu mempelajari dasar editing video tanpa harus mengorbankan kebutuhan para editor lanjut.

Daftar Software Video Editing Terbaik untuk PC

6. Pitivi Editor

Khusus untuk PC Linux, kamu bisa menikmati software gratis bernama Pitivi Editor ini. Mengapa software ini dikatakan yang terbaik? Tentu karena sistem operasi Linux yang merupakan operasi open source, Pitivi Editor ini akan menawarkan alat editing yang relatif sederhana dan kamu bisa mengedit secara ringkas dan cepat. Beberapa fitur yang ada adalah ketersediaan dalam banyak bahasa, ratusan filter serta efek, efek transisi, bahkan masukan real time!

Baca Juga: Belajar Mengedit Video Menggunakan AVS Video Editor

7. MAGIX Movie Editor Pro 2016

Editor kelas lanjut bisa menggunakan software editing satu ini. MAGIX Movie Editor Pro 2016 adalah software berbayar yang bisa digunakan pada PC Windows dengan kemampuan menggabungkan semua fitur baru dan tambahan dengan pilihan unik yang ada pada fitur serta efek terbaik. Aplikasi ini bisa jadi mewujudkan ide proyek video yang komplek menjadi nyata.

8. Pinnacle Studio 19

Kalau kamu tipe orang yang mengedit dan butuh banyak efek untuk menyempurnakan hasil karyamu – dan tentunya kamu seorang editor handal, kamu sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi Pinnacle Studio 19 yang merupakan aplikasi editing video berbayar yang kuat dan dilengkapi berbagai fitur yang siap memuaskan kamu para editor profesional. Di aplikasi ini terdapat lebih dari 1.800 efek, judul, template, serta transisi keren yang siap digunakan untuk melahirkan mahakarya luar biasa.

9. Final Cut Pro

Ingin hasil karyamu setara dengan film produksi Hollywood? Tak perlu sampai jauh ke Amerika karena kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bantuan aplikasi editing video berbayar Final Cut Pro. Film keren seperti The Social Network bahkan merupakan hasil editing para editor profesional dengan aplikasi ini. Final Cut Pro cocok bagi kamu yang sudah mahir dalam mengedit dan menggunakan atau berpengalaman menggunakan MAC.

Daftar Software Video Editing Terbaik untuk PC

10. Media Composer

Satu lagi aplikasi berbayar yang juga merupakan aplikasi langganan Hollywood dalam menghasilkan film terbaik. Media Composser yang merupakan aplikasi berbayar ini bisa digunakan untuk PC Windows dan MAC. Memang aplikasi ini relatif sulit untuk para editor pemula tetapi untuk kamu yang bermimpi bekerja di Hollywood, aplikasi ini adalah yang kamu butuhkan untuk belajar menghasilkan video yang sempurna.

Baca Juga: Fitur Custom Blurring di YouTube Mempermudah Menyensor Hal Sensitif dalam Video

Masih banyak lagi software editing video yang tak kalah keren baik berbayar maupun gratis. Pemakaiannya tergantung setiap orang dan kebutuhannya masing-masing. Kalau kamu suka yang mana?

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY