Inilah Shortcut di Windows 10 yang Perlu Kamu Ketahui

Buat kamu yang terbiasa bekerja dengan perangkat berbasis Windows, tentu kamu sudah tidak asing dong dengan shortcut yang berlaku? Shortcut alias ‘jalan pintas’ ini adalah kombinasi dua atau lebih tombol pada keyboard yang mengarah pada perintah tertentu. Shortcut ini mungkin terlihat sederhana namun manfaatnya cukup besar terutama ketika kamu sangat terburu-buru dalam menggunakan perangkat sehingga harus segera menyelesaikan pekerjaan. Kalau tidak tahu daftar shortcut ini, sebenarnya kamu cukup rugi karena ada beberapa detik waktumu yang terbuang untuk mencari perintah yang kamu mau.

Shortcut di Windows 10

Misalkan kamu akan mengutip sebuah tulisan yang cukup panjang atau kamu memang sengaja ingin meng-copy tulisan tersebut. Mem-blok seluruh tulisan saja sudah membuatmu cukup lelah kalau tidak tahu jalan pintasnya, belum lagi kalau ternyata di tengah jalan lengah sehingga baru sebagian tulisan yang ter-blok dan kamu harus mengulanginya dari awal. Bukannya pekerjaan menjadi cepat selesai tapi kamu harus memakan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaanmu. Inilah fungsinya mengerti dan memahami shortcut. Kalau kamu tahu triknya, dengan menekan tombol Crtl dan A secara bersamaan sudah memperbolehkanmu mem-blok semua tulisan. Butuh men-copy? Silakan tekan Ctrl dan C secara bersamaan. Butuh menempelnya pada halaman baru? Silakan tekan Ctrl + V. Lebih cepat yang mana antara menggunakan cara konvensional dan shortcut?

Baca Juga: Software Untuk Memperbaiki Program yang Crash di Komputer

Meski beberapa orang nampaknya sudah paham dengan shortcut standar seperti ini, tidak ada salahnya kamu menambah pengetahuan mengenai berbagai jenis shortcut baru yang ada di Windows 10 dan patut kamu ketahui kalau kamu ingin bekerja secara lebih cepat, efektif, dan efisien.

Shortcut Window Snapping di Windows 10

Window Snapping merupakan fitur yang nyaman untuk memaksimalkan screel real estate secara cepat, memungkinkan penggunanya untuk snap Window ke satu sisi tanpa harus memindahkan atau mengubah ukuran secara manual. Berikut merupakan 4 fitur Window Snapping:

  1. Windows Key + Left = meletakkan jendela yang sedang terbuka ke sisi kiri layar.
  2. Windows Key + Right = meletakkan jendela yang sedang terbuka ke sisi kanan layar.
  3. Windows Key + Up = meletakkan jendela yang sedang terbuka ke sisi atas layar.
  4. Windows Key + Down = meletakkan jendela yang sedang terbuka ke sisi bawah layar.

Shortcut Task View di Windows 10

Selain Window Snapping, shortcut lainnya tersedia untuk The Task View, fitur baru dalam Windows 10 yang merupakan sebuah task switcher dan desktop virtual. Task View ini memperbolehkan penggunanya secara cepat memposisikan jendela yang terbuka, menyembunyikan dan memunculkannya kembali, serta mengatur jendela-jendela yang terbuka pada desktop virtual.

  1. Windows Key + Tab = membuka Task View Interface yang baru.
  2. Alt + Tab = menukar jendela yang terbuka.
  3. Windows Key + Ctrl + D = membuat desktop virtual baru dan menukarnya.
  4. Windows Key + Ctrl + F4 = menutup desktop virtual yang sedang terbuka.
  5. Windows Key + Ctrl + Left / Right = menukar atau menggeser desktop virtual ke kiri atau ke kanan.

Baca Juga: 5 Aplikasi untuk Mengembalikan File yang Terhapus Permanen

Multi Desktop Windows 10 (Windows key + Tab)

Command Prompt merupakan sebuah perintah pada komputer berbasis DOS di sistem operasi Windows yang memudahkan penggunanya agar bisa berinteraksi secara lebih baik dengan komputer merka baik secara online maupun offline. Lebih singkatnya Command Prompt ini merupakan sistem operasi yang berbasis baris perintah. Fungsinya ada beberapa macam, di antarnaya mengatasi berbagai masalah versi GUI atau Graphic User Interface pada Windows akibat virus, mengeksekusi perintah lebih cepat dan ringan, serta membiasakan penggunanya untuk berhadapan dengan server core yang menggunakan sistem operasi berbasis teks. Beberapa perintah Command Prompt ini antara lain:

  1. Ctrl + V atau Shift + Insert = menempelkan teks sesuai dengan posisi kursor.
  2. Ctrl + C atau Ctrl + Insert = meng-copy atau menggandakan teks terpilih pada clipboard.
  3. Ctrl + Left / Right / Up / Down = memindahkan titik penyisipan atau kursor ke awal kata sebelumnya (left), awal kata berikutnya (right), awal paragraf sebelumnya (up), dan awal paragraf berikutnya (down).
  4. Ctrl + Shift + Left / Right = menyorot blok teks sesuai dengan kunci panah (left atau right).
  5. Shift + Home / End = menyeleksi atau mem-blok tulisan mulai dari posisi saat ini ke akhir baris.
  6. Shift + Page Up / Page Down = memindahkan kursor ke atas atau ke bawah layar pada teks yang terseleksi.
  7. Ctrl + Shift + Home / End = memindahkan kursor ke awal atau akhir dari ‘screen buffer’, menyeleksi atau mem-blok semua teks antara kursor dan awal atau akhir dari keluaran Command Prompt.

Baca Juga: Cara Mengamankan Folder Pribadi di Komputer

Selain itu masih terdapat beberapa shortcut lain yang tidak boleh kamu lewatkan untuk tahu manfaatnya, di antaranya:

  1. Ctrl + Up / Down = memindahkan satu baris ke atas (up) atau ke bawah (down) seperti menggunakan scroll bar.
  2. Ctrl + Page Up / Page Down = menggerakkan satu halaman penuh ke atas (Page Up) atau ke bawah (Page Down).
  3. Ctrl + M = memasukkan Modus Mark untuk memilih teks. Sebelum adanya shortcut ini, biasanya pengguna menggunakan cara klik kanan pada Command Prompt dan memilik Mark.
  4. Ctrl + F = membuka perintah Find untuk mencari hasil keluaran Command Prompt.
  5. Alt + F4 = menutup jendela Command Prompt.

Sebenarnya masih banyak lagi shortcut yang memiliki fungsi sebagai jalan pintas menuju perintah tertentu. Jika dijabarkan semuanya, mungkin hasilnya akan bisa berlembar-lembar. Akan tetapi keberadaan beberapa shortcut sederhana ini pun terkadang belum dimanfaatkan secara optimal akibat ketidaktahuan penggunanya meski sudah diakui bahwa shortcut ini diciptakan untuk lebih mempermudah penggunanya dalam menggunakan komputer berbasis Windows. Setelah kamu mengetahui hal ini, tentunya kamu akan menjadi lebih cerdas dong dalam menggunakan perangkat Windows-mu?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY