Backup File Mudah dan Aman di Internet dengan Bantuan Google Drive

1

Stress karena file-file penting semuanya mendadak lenyap dari PC/laptop, apakah itu anda? Beberapa pembaca yang meninggalkan komentar di tulisan saya tentang Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen mengaku seperti itu. Kehilangan file-file penting sejenis skripsi atau tugas akhir yang hampir selesai tentu bukanlah hal yang menyenangkan. Beberapa mahasiswa bijak biasanya selalu mem-backup file-file skirpsi atau tugas akhirnya di banyak media. Mulai dari komputer teman, komputer pribadi, flashdisk rangkap tiga, DVD, bahkan sampai di harddisk dosen.
Mem-backup file di banyak media tentu membuat anda merasa aman dan lega, tapi apakah anda benar-benar yakin semua file tersebut tetap utuh seperti sedia kala? bagaimana jika komputer teman mendadak hang dan tak bisa menyala, 3 buah flashdisk semuanya terinfeksi virus dan membuat file skirpsi anda di dalamnya ikut hilang, DVD tergores dan tak bisa terbaca, dosen mendadak pergi keluar negeri berikut harddisk-nya. haha

Salah satu tempat paling aman untuk membuat cadangan file penting adalah internet. Ya, cara inilah yang terus saya terapkan sejak pertama kali masuk kuliah hingga hampir wisuda saat ini. Membuat cadangan file di internet tentu jauh dari kata hilang, rusak, terinfeksi virus, atau sebaginya.Salah satu tempat rekomendasi dari saya untuk membuat cadangan file di internet adalah Google Drive.

Backup File Aman dengan Google Drive

Google Drive adalah layanan cloud storage milik Google yang diluncurkan pada 24 April 2012. Cloud Storage merupakan layanan untuk menyimpan file di internet pada storage yang disediakan oleh Google. Kapasitas penyimpanan file yang diberikan oleh google drive untuk layanan gratis adalah 5GB, jika ingin menggunakan file lebih dari 5GB anda akan dikenakan biaya tambahan.

Nah, itu sekilas tentang google drive, dibawah ini saya akan coba menjelaskan cara menggunakan layanan penyimpanan file online di Google Drive.

Cara Menggunakan Google Drive:

  1. Pastikan anda sudah memiliki sebuah akun google (gmail) saat ini satu akun google bisa digunakan pada semu produk google.
  2. Buka situs web : https://drive.google.com login dengan akun google (gmail) anda.
  3. Akan muncul dashbord google drive seperti gambar dibawah ini. Untuk memulai membuat cadangan file, silahkan membuat sebuah drive terlebih dahulu dengan memilih tombol buat. Hal ini bertujuan untuk membuat file-file yang kita upload di google drive lebih teratur.

    Backup File Aman dengan Google Drive

  4. Pilih drive yang telah di buat, sebagai contoh saya meilih drive Tugas Akhir 2014. Untuk memasukan file-file penting ke drive kita, silahkan klik tombol upload.
    Backup File Aman dengan Google Drive
  5. Tunggu proses upload berlangsung, jika sukses file yang tersebut akan segera masuk ke drive yang telah kita buat.

Nah, itu dia sedikit tips cara menggunakan google drive hingga proses pembuatan file cadangan di google drive. Untuk lebih mempermudah proses bakcup file, aplikasi google drive bisa di unduh kemudian di install di komputer maupun smartphone. Selamat mencoba! 🙂

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here