Cara Mudah Agar Blog Kamu Mendapat Tawaran Job Review

20
273
views
Paid Review atau yang lebih biasa dikenal dengan job review mendiskripsikan sebuah pekerjaan membuat tulisan review yang dilakukan oleh blogger pada umumnya untuk perusahaan maupun brand yang memintanya. Namanya saja paid review sudah tentu ada bayaran yang didapatkan dari tulisan yang dibuat. Biasanya pihak pengiklan meminta Blogger untuk membuat sebuah artikel ulasan tentang website maupun produk yang ingin dipromosikan. Kegunaan tulisan review untuk pihak pengiklan adalah untuk mendongkrak lalu lintas pengujung ke website mereka, sehingga terjadi banyak penjualan. Selain ini artikel review juga berguna membuat ranking  situs pengiklan menjadi lebih baik.
Begini Caranya Agar Blog Kamu Mendapat Tawaran Review
Time to Review – Source: http://bloggerspassion.com/
Kebanyakan pekerjaan review ini ditawarkan lewat email, yang mana biasanya diminta langsung oleh pihak pemilik brand/produk maupun lewat pihak ketiga atau agency yang memang menangani jenis pekerjaan ini. Pihak pemberi job review tidak sembarangan asal kirim email setelah mengetahui kamu blogger, biasanya ada pertimbangan khusus apakah kamu layak menerima tawaran job review atau tidak.
Nah, dibawah ini saya sudah membuat beberapa ulasan bagaimana caranya agar kamu berkesempatan mendapatkan tawaran pekerjaan reveiw.
Cara Agar Mendapat Tawaran Job Review
1. Tawarkan Jasa
Pada beberapa kasus memang ada pihak pengiklan yang langsung menghubungi kamu walaupun kamu tidak menyatakan bahwa blog kamu menerima pemasangan iklan dalam bentuk tulisan. Untuk hal yang seperti ini seringkali terjadi pada blog-blog yang sudah memiliki dan traffict tinggi. Jika rasanya blog kamu masih biasa-biasa saja, dan ingin mendapatkan pekerjaan review kamu harus menawarkan diri terlebih dahulu. Kamu cukup membuat sebuah laman yang berisi keterangan bahwa blog kamu menerima iklan dalam bentuk artikel.
2. Halaman Kontak
Sekedar mencantumkan alamat email kamu pada sidebar blog atau membuatkan sebuah halaman kontak khusus di blog adalah hal yang sangat penting. Tidak hanya mempermudah advertiser mengubungi kamu, halaman kontak juga berguna jika ada para pembaca blog yang ingin bertanya langsung kepadamu terkait tulisan yang dimuat di blog.
3. Tingkatkan Traffict
Pihak advertiser biasanya menyukai blog yang memiliki lalu lintas yang ramai. Cobalah mulai membuat blogmu menjadi cukup ramai dengan membuat artikel-artikel yang banyak dicari pembaca. Cara lainnya adalah mempelajari tehnik SEO agar banyak pembaca yang masuk ke blog kamu lewa mesin pencari. Jika ingin lebih instan lagi, cobalah sesekali membuat sebuah lomba blog di blog kamu.
4. Menggunakan Domain TLD
TLD adalah singkatan dari top level domain yang artinya blog yang kamu miliki sudah menggunakan domain sendiri bukan lagi gratisan (blogspot, wordpress, dll). Menggunakan domain TLD menjadi salah satu pertimbangan utama bagi pihak pengiklan untuk dapat memberikan blog kamu tawaran review, alasannya menggunakan domain sendiri (misal: .COM) lebih terpercaya dibandingkan menggunakan domain gratisan (misal: .blogspot.com).
5. Tingkatkan DA & PA
DA & PA adalah singkatan dari Domain Authority dan Page Authority. Setelah Google Pagerank tidak di update lagi, salah satu patokan utama pengiklan untuk mengukur ranking suatu blog adalah dengan Domain Authority. Biasanya, jika DA blog kamu belum memenuhi standar minimal untuk menerima sebuah pekerjaan review, pihak pengiklan biasanya akan melakukan perbandingan dengan ranking lainnya seperti ranking Alexa.
Nah itu sedikit tips dari saya untuk kamu yang ingin mendapatakan tawaran paid review di blog. Tidak menutup kemungkinan, pada beberapa kasus teman-teman blogger tetap bisa mendapatkan job review meskipun tidak melakukan langkah-langkah diatas. Langkah diatas adalah satu dari ribuan langkah untuk mendekatkan diri  pada job review. Selamat mencoba 🙂

20 COMMENTS

  1. Wah saya pngen sih nyobain dpt tawaran job review, tpi klo mempertimbangkan hal diataa rasanya blog saya blum layak ya gan, pantes gl ad msuk email pengiklan nawarin..hehehe
    Klo meminta, wah ntr mgkn ditolak ane..xixi

  2. Bagus infonya bagi blogger yang mulai serius untuk mengmbangkan blog dan mendapat keuntungan. Terimakasih infonyaa
    Salam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here