5 Aplikasi untuk Mengembalikan File yang Terhapus Permanen

0
Setiap orang pasti pernah sengaja atau tidak sengaja menghapus sebuah file di komputer. Apabila hal ini dilakukan secara sengaja, mungkin saat itu file yang dihapus memang dianggap tidak penting. Namun selang beberapa waktu kemudian, ternyata file tersebut ternyata masih dibutuhkan. Mungkin sebagian dari kamu yang sedang membaca artikel ini pernah mengalami kejadian serupa dan sedang berupaya mencari cara bagaimana mengembalikan file yang terhapus tersebut. Sebenarnya file yang terhapus atau telah dihapus di komputer (lebih tepatnya di Recycle Bin) tidaklah benar-benar hilang. Ada sebuah sistem yang tugasnya menampung file yang telah dihapus secara permanen tersebut. Tapi terkadang banyak orang yang tidak tahu atau bahkan lupa karena panik.
5 Aplikasi untuk Mengembalikan File yang Terhapus Permanen
Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengembalikan file yang terhapus secara permanen di komputer maupun perangkat lainnya. Dibawah ini saya sudah membuat daftar 5 aplikasi populer yang paling sering digunakan untuk mengembalikan file terhapus di berbagai perangkat.
5 Aplikasi untuk Mengembalikan File yang Terhapus Permanen
1. Puran File Recovery

Puran File Recovery merupakan salah satu software untuk mengembalikan data yang terhapus secara permanen di komputer. Aplikasi ini cukup bagus dan mudah digunakan karena akan memindai setiap drive yang ada di dalam komputer. Aplikasi ini dapat digunakan pada beberapa sistem operasi komputer seperti Windows 7, Windows 8, XP, dan Vista. Selain itu, aplikasi ini juga tersedia dalmm bentuk portabel yang tentunya akan lebih ringan. Ada dua jenis Puran File Recovery dalam bentuk portable, yaitu 32-bit dan 64-bit untuk versi Windows. Versi ini tidak memerlukan instalasi terlebih dahulu.

2. Glary Undelete

Glary Undelete juga salah satu software yang memiliki fungsi serupa. Aplikasi ini memiliki beberapa keunggulan seperti mudah digunakan dan memiliki salah satu antarmuka pengguna yang lebih baik. Namun Glary Undelete memiliki beberapa kekurangan seperti saat munculnya permintaan untuk toolbar saat diinstalasi. Aplikasi ini bisa digunakan di beberapa sistem operasi seperti Windows 7, XP, dan Windows Vista.

3. Recuva
Recuva memiliki beberapa fitur yang mudah digunakan untuk mengembalikan data yang telah terhapus. Selain itu, aplikasi ini bisa dikatakan sebagai aplikasi pengembalian data yang terbaik jika dibandingkan aplikasi lainnya karena bisa digunakan pada banyak sistem operasi, bahkan OS kuno milik Windows sekalipun. Aplikasi ini bisa memulihkan data dari drive eksternal, hard drive, kartu memori, USB drive, BD, CD, DVD, hingga iPod. Aplikasi ini dapat mengembalikan data yang terhapus dari Windows 8, Windows 8.1.7, XP, Windows Vista, Server 2008/2003, hingga versi kuno Windows seperti 98, ME, NT, dan tahun 2000.

4. Disk Drill
Disk Drill memiliki beberapa kelebihan pada fitur-fiturnya seperti desainnya yang simpel dan kemampuannya dalam memulihkan data dari beragam perangkat. Desainnya yang simpel akan memudahkan para pengguna saat menggunakannya. Kemudian aplikasi ini juga bisa memulihkan file yang hilang dari beberapa perangkat seperti hard drive internal, hard drive eksternal, kartu memori, iPod, hingga perangkat USB. Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melihat file gambar yang hilang, back up seluruh drive, jeda scan, melakukan pemulihan partisi, mem-filter file sesuai dengan tanggal atau ukuran, menjalankan scan secara cepat, hingga menyimpan hasil pindai. Disk Drill dapat bekerja di beberapa OS seperti Windows 7, Windows 8, Windows 10, XP, Windows Vista, dan Mac OS X.

5. Pandora Recovery
Tak kalah dengan lainnya, aplikasi yang satu ini juga memiliki fitur serupa yang dapat dikatakan cukup baik. Tampilannya mudah dimengerti serta memiliki wizard yang terbaik saat membantu pengguna dalam membatalkan penghapusan file. Pandora Recovery dapat digunakan untuk mengembalikan file yang terhapus pada beberapa perangkat seperti kartu memori, hard drive, dan lainnya. Hampir seluruh file yang terhubung di PC dapat ditangani oleh aplikasi yang satu ini. Aplikasi telah mendukung beberapa sistem operasi seperti XP, Windows 7, Windows Vista, Server 2000, dan Server 2003.

Kelima aplikasi di atas dapat kamu gunakan untuk mengembalikan file yang telah terhapus secara permanen di sebuah perangkat komputer. Namun sebenarnya masih ada beberapa aplikasi lain yang memiliki fitur serupa dan kualitasnya tak kalah bagus, antara lain SoftPerfect File Recovery, EASEUS Data Recovery Wizard, Wise Data Recovery, Restoration, FreeUndelete, dan PC Inspector File Recovery. Kamu tinggal menentukan ingin memilih aplikasi mana yang tepat digunakan untuk mengembalikan file yang telah hilang. Sebagai saran, saat ini yang lebih tepat digunakan ialah aplikasi PC Inspector File Recovery. Walaupun tidak menutup kemungkinan beberapa aplikasi lebih unggul. Aplikasi ini telah banyak digunakan karena pilihan pemulihan cukup baik serta adanya dukungan untuk drive yang diformat.

Baca Juga: Gelang Cicret, Sanggup Mengubah Kulit Manusia Menjadi Layar Smartphone

Selain itu, yang perlu dipahami ialah tidak semua file dapat terbaca dan dikembalikan dengan menggunakan bantuan beberapa software di atas. Mungkin akan ada beberapa file yang ditemukan, namun tidak bisa dikembalikan seperti keadaan semula karena file tidak bisa terbaca oleh sistem atau bisa juga file telah rusak. Bisanya file yang mengalami hal ini diakibatkan oleh faktor lamanya file tersebut telah terhapus. Jika kamu ingin mencoba mengembalikan file yang terhapus permanen tanpa bantuan software, kamu dapat membaca tulisan saya sebelumnya Disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here