Ingin Menghasilkan Uang Dari Internet? Cobalah 12 Cara Berikut

15
423
views

12 cara menghasilkan uang dari internet – Setiap orang pasti pernah bermimpi untuk memiliki sebuah usaha sendiri atau setidaknya berharap dapat mendapatkan uang dengan cara yang mudah. Dulu ketika masih kuliah juga saya memiliki impian yang sama, saya berharap dengan duduk di depan komputer sekitar 5 jam sehari saya sudah mendapatkan uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan. Di era perkembangan digital yang sangat pesat ini sepertinya untuk mewujudkan impian tersebut tidaklah terlalu sulit. Tidak ada yang bisa membantah jika internet telah menjadi salah satu tempat mendapatkan banyak uang dan penghasilan yang bahkan tidak terbatas.

Internet memberikan banyak sekali peluang bagi setiap kita yang ingin memulai usaha dan mendapatkan dengan risiko yang sangat kecil. Hanya saja masih sangat banyak orang yang belum tahu dan mengerti benar bagaimana cara mendapatkan uang dari internet. Memulai untuk menjadi wirausaha lewat internet memang memiliki risiko yang sangat kecil, hal inilah yang menjadi alasan banyak orang lebih memiliki berbisnis secara online ketimbang offline.

Cara Menghasilkan Uang Dari Internet

Ada begitu banyak hal yang dapat kamu lakukan di Internet untuk mendapatkan uang dengan mudah. Di bawah ini saya sudah merangkum 12 hal yang dapat dilakukan untuk mulai menghasilkan uang lewat internet.
1. Penulis Lepas (Freelance Writer)

Freelance writer adalah salah satu jenis pekerjaan online yang paling digemari banyak orang. Dengan menulis berdasarkan kriteria tertentu kamu sudah bisa mendapatkan sejumlah uang. Freelance writer memiliki peluang yang sangat besar, hal ini disebabkan setiap harinya website-website baru terus bertambah. Dengan terus bertambahnya website baru, tentu peluang untuk direkrut menjadi pengisi konten artikel akan semakin besar. Alasan lain yang membuat freelance writer menjadi kesukaan banyak orang adalah jenis pekerjaan yang sangat mudah. Bahkan untuk pemula yang belum pernah menulis dalam bentuk artikel pun dapat mempelajari teknik penulisannya lewat jutaan contoh artikel yang tersebar di Internet.

2. Pendesain Web (Web Designer)

Web designer merupakan pekerjaan yang sangat bernilai di perusahaan teknologi. Sebagai seorang web designer tugas kamu adalah membuat sebuah website atau aplikasi menjadi berseni, enak dilihat, serta memudahkan orang yang mengaksesnya. Setiap harinya selalu akan bermunculan website baru dan banyak orang yang membutuhkan web designer untuk kepentingan mereka. Pekerjaan sebagai web designer ini dapat dilakukan dengan waktu yang fleksibel, dimanapun, kapanpun. Tidak ada web designer yang dibayar rendah, gaji para web designer kebanyak diatas rata-rata bahkan tergolong sangat tinggi. Beruntunglah kamu jika dibekali kemampuan menjadi seorang web designer dan kamu sudah memanfaatkan bakatmu dengan baik.

3. Menjadi Blogger

Jika kamu adalah seseorang yang pandai menulis dan memiliki kemampuan yang cukup untuk mendesain sebuah website/blog, maka Blogger adalah profesi yang cocok. Pertanyaannya dari mana sumber penghasilan jika menjadi seorang Blogger?. Ya jika kamu baru memulai menjadi seorang Blogger tentu sumber penghasilan belum terlihat. Jika satu hari nanti blogmu mulai ramai, lalu para pemilik produk meminta kamu mengulas produk mereka di blog yang kamu kelola, bulanan itu akan menjadi sumber penghasilan? Kamu tertarik menjadi Blogger yang berpenghasilan? Cobalah mulai menulis blog dengan topik yang banyak dicari pembaca seperti teknologi, travel, kecantikan, dan kesehatan.

Cara Menghasilkan Uang Dari Internet
Menghasilkan Uang Dari Internet – Bloggers
4. Berjualan di Internet

Berjualan produk rasanya cukup sulit jika dilakukan dengan cara membuka sebuah toko fisik maupun mendatangi langsung calon pembeli. Tetapi di internet, berjualan menjadi sangat mudah dan mengasyikan, bahkan dalam keadaan kamu tidak memiliki barang yang ingin dijual sekalipun. Dengan internet kamu dapat melakukan penjualan lewat berbagai media yang tersedia, bahkan banyak website yang menyediakan layanan toko online gratis bagi para pemilik produk. Kamu tidak memiliki produk tapi berkeinginan berjualan online? Mudah saja, kamu tinggal melihat katalog-katalog yang tersedia di berbagai toko online lalu menawarkan kepada para calon pembeli lewat berbagai sosial media – pembeli tertarik – terjadi transaksi – kamu membeli produk yang diinginkan lalu mengirimkan ke Customers yang melakukan transaksi lewat kamu – dapat keuntungan. Sangat mudah bukan?

5. Penterjemah Naskah

Selain penulis artikel, penterjemah artikel juga sangat banyak dicari. Jika kamu memiliki kemampuan menguasai berbagai bahasa tidak ada salahnya mencoba jenis usaha yang satu ini. Setiap harinya ada jutaan naskah di internet yang perlu diterjemahkan, cobalah menawarkan jasa lewat berbagai sosial media, forum dan media lainnya yang dapat mengundang banyak pembaca di postingan penawaran kamu.

6. Youtuber

Kenal Edho Zhell, Chandra Liow, Eka Gustiwana dan seleb-seleb youtube lainnya? Mereka adalah contoh orang-orang yang sukses lewat media online Youtube. Jika kamu memiliki keahlian tampil didepan publik dalam bentuk rekaman dan jago mengedit sebuah video tentu menjadi Youtubers adalah profesi yang sangat cocok. Memang kebanyakan seleb Youtubers adalah mereka-mereka yang pintar melucu. Namun sepertinya tidak ada salahnya mengemas sebuah video yang bermanfaat untuk orang lain lalu di unggah ke media youtube, saya pikir hal ini juga dapat memberikan penghasilan bagi kamu lewat iklan-iklan yang disematkan di dalam videomu.

Cara Menghasilkan Uang Dari Internet
Menghasilkan Uang Dari Internet – Youtubers
 
7. Membuat Buku Elektronik (E-book)

Jika kamu sangat menyukai sebuah bidang ilmu pengetahuan, cobalah untuk menulis semuanya dalam jumlah yang banyak lalu didistribusikan ke publik dalam bentuk buku elektronik (e-book). Tentunya e-book yang kamu publikasikan tidak diberikan gratis begitu saja, berikan nilai yang layak untuk menghargai karya yang telah kamu buat. Ada banyak cerita orang-orang sukses hanya dari berjualan buku elektronik.

8. Membuka Kursus Online

Di era perkembangan dunia digital ini, banyak orang yang lebih memilih belajar lewat layar komputer mereka dari rumah ketimbang harus datang ke sebuah tempat kursus. Jika kamu memiliki sebuah bakat yang luar biasa dalam sebuah bidang tidak ada salahnya membuka sebuah kursus online. Kursus yang dapat dilakukan secara online adalah untuk hal-hal yang sifatnya digital seperti: kursus photoshop, kurus SEO, kursus mempelajari sebuah mata pelajaran dan sebagainya.

9. Pemasaran Afiliasi

Ada banyak sekali website toko online yang membuka peluang jaringan afiliasi untuk meningkatkan penjualan mereka. Beberapa toko online seperti Lazada, Zalora, eBay, bahkan Amazon menyediakan jaringan afiliasi. Dengan bergabung menjadi jaringan afiliasi sebuah toko online kamu sudah bisa mendapatkan penghasilan dengan menyebarkan sebuah link unik. Jika ada pembeli yang melakukan transaksi lewat link unik afiliasi yang kamu sebarkan, kamu akan mendapatkan komisi berdasarkan kesepakatan yang telah dibuat.

Cara Menghasilkan Uang Dari Internet
Menghasilkan Uang Dari Internet- Affiliate marketing
10. Menjadi Forum Poster
Untuk kamu seseorang yang senang bermain forum online tentu kamu sudah paham betul tentang pekerjaan online yang satu ini. Ada banyak pemilik forum online membutuhkan tenaga freelance untuk melakukan posting di forum yang mereka kelola sehingga menjadi ramai dan bernilai. Mudahnya adalah, memposting artikel di forum tidak sepanjang memposting sebuah artikel di website. Kamu cukup memposting artikel pendek sekitar 3 paragraf untuk mengundang diskusi para member forum, cukup dengan begitu saja setiap harinya kamu sudah dapat mengumpulkan banyak uang.
11. Menjual Karya Online
Jika kamu memiliki berbagai kemampuan yang luar biasa dalam dunia digital cobalah untuk mengubah skill yang kamu tersebut menjadi sejumlah uang. Ada banyak gambar infografis yang bertebaran di internet yang dibuat oleh freelance lalu dibeli oleh perusahaan. Jika kamu adalah seseorang yang ahli dalam bidang desing grafis, cobalah unggah karya kamu di website-website yang menampung karya serupa. Disana karya kamu akan lebih dilihat banyak orang dan jika karyamu bagus sudah pasti akan dibeli.
12. Menjadi Penerbit Iklan

Punya sebuah website atau blog pribadi yang memiliki lalu lintas pengunjung yang stabil? Tidak ada salahnya monetize blog yang kamu miliki agar lebih menghasilkan. Menjadi penerbit iklan adalah cara paling gampang untuk menghasilkan uang lewat blog, cobalah mendaftar jaringan periklanan seperti Google Adsense atau jenis lainnya, dan biarkan iklan mengumpulkan uang ke rekening kamu!

Cara Menghasilkan Uang Dari Internet
Menghasilkan Uang Dari Internet – Google Adsense
Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menghasilkan uang secara online. Masih ada banyak hal lain yang dapat dilakukan untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Cobalah eksplorasi kemampuan dirimu sendiri dan jadilah produktif sebagaimana harusnya talenta yang sudah dibekali kepadamu! 🙂

15 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here