Manfaat Ngeblog dan Marketing Tools Untuk Blogger yang Wajib Diketahui

18
222
views

Sejak terjun ke dunia Blogging beberapa tahun yang lalu, saya sudah cukup banyak mendapatkan manfaat dari setiap tulisan yang dibagikan di blog. Dengan menulis di blog kita dapat belajar dan terus belajar setiap harinya untuk menjadi penulis yang baik. Lewat blog kita dapat terhubung dengan jutaan manusia luar biasa dari berbagai belahan dunia, dan lewat blog juga kita dapat mengumpulkan uang tambahan, atau bahkan di hire oleh salah satu perusahaan karena tulisan kita di blog tersebut.

Di jaman yang sudah serba canggih ini, memiliki dan aktif menulis di blog merupakan jalan yang paling gampang untuk membangun karir. Blog merupakan sarana yang paling tepat untuk menuangkan ide-ide kreatif yang ada dipikiran kita ke dalam bentuk tulisan. Blog bisa kamu gunakan untuk memamerkan hasil karya seni dan tulisan, berbagi informasi, bahkan untuk memperluas jaringan atau networking. Saya sangat yakin tidak sedikit dari kalian, mungkin kamu yang sedang membaca tulisan ini sudah merasakan betapa besar manfaat dari menulis di blog.

Manfaat Ngeblog dan Marketing Tools Untuk Blogger yang Wajib Diketahui

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan bila kamu bisa mengoptimalkan blog, di bawah ini saya sudah membuat poin-poin yang akan kamu dapatkan jika kamu memutuskan untuk mulai menulis blog sejak sekarang.

1. Tempat Belajar Menulis

Blog pribadi merupakan sarana yang cocok digunakan untuk mengekspresikan diri sendiri. Dengan memiliki blog, maka secara tidak langsung kamu memiliki kewajiban mengisi blog secara berkala. Akan lebih baik bila kamu mengisinya dengan tulisan-tulisan menarik. Dengan rutin menulis di blog semakin hari kamu akan mengerti bagaimana cara memulai membuat tulisan yang baik. Lalu apa manfaat jika kamu sudah mengerti cara mulai membuat tulisan yang baik? tentu sangat banyak manfaatnya, kamu bisa saja diminta menjadi kontributor di sebuah majalah atau koran, menjadi penulis lepas, atau bahkan menerbitkan bukumu sendiri. Wow!

2. Memberi Peluang Kerja
Tidak dapat dipungkiri dengan menjadi Blogger yang aktif, kita jadi memiliki berbagai keahlian tertentu. Sebut saja keahlian menulis, keahlian programming karena terbiasa mengedit tampilan blog, keahlian grafis dan lain sebagainya. Dengan berbagai keahlian tersebut, tidak ada salahnya kamu memamerkan sesekali hasil karyamu di blog. Bukan tidak mungkin akan ada pihak perusahaan yang tiba-tiba “nyasar” ke blog kamu sehingga mereka tertarik untuk hire kamu menjadi salah satu pegawai mereka.
Bahkan, blog juga dapat kamu jadikan media resume dan portfolio yang mampu memperkenalkan mengenai keahlianmu kepada dunia.
3. Membangun Jaringan

Penulis blog atau yang biasa disebut Blogger biasanya mampu menulis beragam topik, mulai dari hal serius seperti Politik, Teknologi Informasi, Hukum, Pendidikan, Kesusastraan, sampai hal-hal yang bersifat hiburan seperti Musik dan fashion.

Apabila tulisan yang kamu bagikan di blog menarik, maka dapat dipastikan kamu akan menemukan pembaca setia yang akan selalu kembali untuk membaca tulisan baru di blog. Dan, selanjutnya blogmu akan terus ramai dibaca banyak orang. Biasanya, jika ada Blogger lain yang tertarik dengan isi blogmu, maka blogger-blogger tersebut tentunya akan berusaha mengenal kamu lebih dekat. Dari sana kamu dapat membangun sebuah jaringan baru, mendapat teman baru untuk hangout, teman berdiskusi atau bahkan seseorang yang akan mengisi kekosongan hatimu seperti saya dan Pertiwi Yuliana 😀

4. Alat Promosi
Tidak sedikit dari Blogger yang menjadikan blognya sebagai sarana untuk promosi. Tidak ada salahnya dan tidak ada aturan yang melarang kamu sang pemilik blog untuk melakukan promosi lewat blog yang kamu kelola. Jika ada teman yang mencibir “hmm, itu blog apa TV periklanan, isinya kok promosi semua”, cukup berikan senyum anggap mereka kurang piknik.

Melakukan promosi lewat blog dianggap lebih efektif karena kita sudah mengerti tingkah laku dari pembaca blog. Dengan begitu kita sudah paham cara menyajikan konten yang tepat, untuk pembaca yang tepat! Hal ini tidak disia-siakan oleh para pemilik produk, jika kamu sering membaca blog yang tulisannya bersifat iklan atau promosi disitulah harusnya kamu sadar berapa akuratnya sebuah blog untuk menjadi alat promosi!

5. Meningkatkan Karir

Blog merupakan salah satu hal yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan diri sendiri atau yang lebih dikenal dengan personal branding. Misalnya saja, Fotografer.net : kini dikenal sebagai salah satu blog galeri foto bagi para fotografer, anakjajan.com terkenal dengan cerita jalan-jalan berburu makanan lezat.

Contoh yang paling nyata dan dapat kita lihat kesuksesannya adalah Raditya Dika, awalnya Radit hanyalah penulis lepas yang rajin mengisi Blog. Namun saat ini kita dapat melihat Raditya Dika sudah menulis banyak buku yang laris dipasaran bahkan Radit sudah menulis naskah skenario untuk filmnya sendiri!

Manfaat Ngeblog dan Marketing Tools Untuk Blogger yang Wajib Diketahui

Kamu sudah membaca berbagai dampak positif yang akan didapatkan jika menjadi Blogger, apakah kamu ingin mulai memaksimalkan blogmu sehingga kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat seperti yang sudah saya sebutkan di atas? Jika iya, sebelum kamu memulai saya ingin memberikan rekomendasi beberapa alat online atau tools yang dapat kamu gunakan untuk memaksimalkan konten blogmu.

 

Buzzsumo

Buzzsumo merupakan salah tools yang digunakan untuk mendapatkan artikel yang sedang “in” di media sosial. Dengan bantuan tool ini, kamu bisa mengetahui artikel dan judul artikel seperti apa yang ramai diperbincangkan di media sosial, dengan begitu kamu dapat membuat sebuah artikel baru yang sedang ramai dicari sehingga dapat mendatangkan banyak pembaca. Tools serupa yang juga sering digunakan adalah Google Scholar, tools ini hampir mirip dengan Buzzsumo yang membedakannya adalah hasil informasi yang kamu dapatkan di sini berdasarkan informasi dari laman Google.

Mailchimp

Mailchimp merupakan tool yang dapat digunakan untuk meningkatkan jumlah pembaca dengan cara mengirimkan email postingan terbaru ke pembaca setia. Dengan bantuan Mailchimp kamu dapat memaksa pengunjung datang kembali dengan memberikan update seputar postingan langsung ke email mereka. Mailchimp dapat digunakan secara gratis. Tools serupa yang dapat kamu gunakan untuk mengirim email newsletter adalah Aweber.

Hootsuite

Hootsuite berguna untuk menjadwal postingan kamu di berbagai media sosial. Dengan menggunakan tool Hootsuite ini, kamu dapat mengetahui hasil analisis dari setiap postinganmu di media sosial. Hootsuite dapat digunakan secara gratis, namun jika kamu ingin menggunakan semua fitur yang disediakan, kamu dapat melakukan upgrade Hootsuite menjadi PRO. Tools yang cara kerjanya mirip Hootsuite adalah Dlvr.it, mungkin kamu tertarik untuk mencobanya.

SimilarWeb

SimilarWeb adalah tools yang berguna sebagai salah satu alat untuk menganalisis sebuah website atau blog. Alat ini tentu sangat penting bagi kamu yang peduli terhadap ranking dan statistik blog. Dengan bantuan SimilarWeb, kamu dapat mengetahui sumber backlink blog, mengetahui keyword yang paling banyak diketik di mesin pencari untuk masuk ke blog kamu, menampilkan sumber stastistik pengunjung, dan lain sebagainya. Alat serupa yang dapat kamu gunakan untuk menganalisis blog adalah Ahrefs dan Alexa.

Social Mention

Merupakan salah satu tool yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan topik tulisan. Ya, social mention merupakan sebuah tool yang akan menunjukkan beberapa topik yang memiliki keterkaitan dengan suatu brand atau tokoh tertentu. Alhasil, kamu bisa menggunakan tool ini untuk menemukan bahan membuat artikel yang akan mendatangkan banyak pengunjung!

Trello

Trello merupakan tool sederhana namun memiliki manfaat yang luar biasa. Trello hampir mirip dengan sticky yang ada di laptopmu, perbedaannya trello diakses secara online. Untuk menikmati fitur yang ada, kamu tidak perlu mengeluarkan uang, Trello dapat digunakan secara gratis. Tampilan yang sederhana membuat kamu betah saat menggunakannya. Fitur yang tersedia pun cukup lengkap .

Nah itulah sedikit pengalaman seputar manfaat dari menulis blog dan alat-alat yang mendukung aktivitas Blogging yang dapat saya bagikan. Semoga tulisan ini dapat menginspirasi kamu yang sedang hilang semangat menulis di blog. Mari menulis untuk masa depan yang lebih baik! 😀

18 COMMENTS

  1. salam kenal mas andre… 🙂
    memang benar mas ngeblog banyak sekali manfaatnya…
    saya yang baru sekitar 2 bulan ngeblog udah dapat kenalan banyak sekali…meskipun sampai saat ini belum mendapatkan 'materi' apapun dari aktifitas baru saya ini 🙂

    • Halo salam kenal Mas Fajar, iya bener banget bagi saya ngeblog itu yang terpenting adalah membangun jaringan. Dengan banyaknya jaringan yg kita bangun dengan baik, tentu pintu berkat akan terbuka lebar 🙂

  2. TFS untuk sharing toolsnya ya, gan
    Sejauh ini maih bngung mau make tools apa buat posting dg kta kunci yg viral hee

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here