Tips Memaksimalkan Linkedin untuk Mendukung Perkembangan Bisnis

2
244
views
Bisnis dan promosi adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Banyak usaha yang dilakukan untuk meningkatkan pendapatan dari sebuah bisnis, hal tersebut pada dasarnya dikemas dalam berbagai macam bentuk promosi yang tujuannya tak lain adalah untuk meningkatkan pendapatan dan memaksimalkan keuntungan.
Maraknya sosial media juga menjadi salah satu faktor yang mendukung gencarnya kegiatan promosi dalam sebuah bisnis. Beragam kemudahan dan fasilitas yang diberikan oleh sosial media telah memudahkan banyak orang untuk memaksimalkan peluang bisnis yang mereka miliki dan menghasilkan banyak uang dengan dukungan sebuah promosi yang dilakukan secara profesional.
Saat ini transaksi bisnis online tidak hanya terbatas pada jenis barang maupun produk tertentu saja. Beragam jasa dan keahlian juga bisa dibisniskan secara online, di mana dalam melakukan transaksi ini tentu saja akan dibutuhkan sebuah wadah yang akan mempertemukan konsumen dengan penyedia jasa tersebut. Wadah tersebut pada dasarnya adalah sebuah sosial media yang merupakan sebuah tempat untuk berinteraksi dan bertemunya seorang penjual dengan pembeli, Linkedin merupakan salah satu di antaranya.
Tips Memaksimalkan Linkedin untuk Mendukung Perkembangan Bisnis
Sebagai sebuah wadah yeng akan mempertemukan para profesional dan pengguna jasa, Linkedin juga menjadi tempat bagi banyak perusahaan yang ingin memperkenalkan bisnis mereka secara global. Di dalam Linkedin, seorang profesional dimungkinkan untuk melakukan personal branding secara mandiri dan memaksimalkan beragam bentuk promosi bagi diri mereka sendiri. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat menjalin hubungan kerjasama dengan para pengguna jasa mereka, sehingga mereka bisa meraih kesuksesan dan keuntungan yang maksimal. Sebuah kerjasama mungkin saja akan berlanjut ke kerjasama yang lainnya, karena itu sangat penting untuk membangun sebuah komunikasi yang baik dan sistem promosi yang terencana.
Bagaimana cara memaksimalkan akun LinkedIn untuk membantu mempromosikan bisnis yang sedang kita jalankan? Nah, di bawah ini saya sudah membuat beberapa poin penting terkait langkah-langkah yang dapat kamu terapkan di jaringan profesional online LinkedIn kamu.
1. Miliki akun pribadi dan halaman bisnis
Sebagaimana fungsi utamanya, Linkedin merupakan sebuah media yang bisa kita gunakan untuk menyimpan dan menampilkan semua data diri kita berikut pengalaman kerja dan keahlian yang kita miliki. Disinilah fungsi terselubung yang dapat dimanfaatkan, Linkedin bisa kita gunakan menjadi sebuah tempat untuk memperkenalkan bisnis kita kepada khalayak ramai.
Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut, maka langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mendaftarkan diri dan membuat sebuah akun LinkedIn pribadi  dan sebuah akun untuk bisnis. Kedua akun tersebut nantinya dibuat terhubung dan kita gunakan sebagai wadah promosi. Untuk kamu ingat kembali kedua akun ini dibuat terpisah, agar kedua akun tersebut bisa memiliki kapasitas promosi yang sama-sama maksimal dalam bisnis yang dijalankan.
2. Buat dengan profesional
Akun Linkedin akan menjadi sebuah gambaran diri kita dalam menjalankan bisnis yang kita miliki, karena itu akan sangat penting untuk membuatnya se-profesional mungkin dan semenarik mungkin. Gunakan nama dan data diri yang benar sesuai identitasmu sebenarnya. Selain itu untuk urusan foto profil gunakan foto terbaik yang kamu punya, dan jangan sesekali menggunakan foto dari wajah orang lain. Hal ini akan menjadi salah satu yang paling diperhatikan dalam akun Linkedin yang kita miliki.
Di dalam hal kelengkapan data diri, sebaiknya buat semua informasi tentang bisnis kamu tampil di akun pribadi LinkedIn yang kamu miliki. Misalnya kamu adalah founder di website abced.com, jangan ragu menambahkan informasi ini di profile pribadi kamu ya. Hal ini akan membantu orang untuk bisa melihat profesionalisme kita sebagai seorang pebisnis dan profesional.
3. Minta rekomendasi
Pada jarigan profesional online Linkedin, tersedia sebuah fitur dalam layanan mereka yang memungkinkan kita untuk meminta sebuah rekomendasi dari seorang teman. Hal ini biasa dilakukan sebagai sebuah bentuk promosi diri, di mana kita meminta sebuah rekomendasi dari orang-orang terdekat kita lebih dahulu.
Kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan kita untuk dikenal oleh banyak orang di dalam jaringan Linkedin, di mana dengan mudah relasi teman kita juga bisa melihat profil kita sebagai seorang profesional. Pastikan untuk memilih rekomendasi dari orang yang tepat sehingga tidak membuat kita kehilangan pelanggan dan peluang bisnis di hari yang akan datang.
Tips Memaksimalkan Linkedin untuk Mendukung Perkembangan Bisnis
4. Ajak rekan untuk mengetahui siapa kamu
Saat akan mengisi profil atau akun Linkedin, maka kita tentu akan disguhkan pertanyaan mengenai beragam hal pribadi seperti: tempat bekerja, pengalaman bekerja, project apa yang sudah dan sedang dikerjakan dan lain sebagainya. Hal ini bisa menjadi peluang dan jangan disia-siakan semua kolom tersebut. Kita harus mengisinya dengan data diri yang benar, karena dari kolom tersebutlah semua jaringan kita di Linkedin akan tahu siapa dan apa yang sedang kita kerjakan saat ini.
Hal ini juga berlaku bagi akun atau profil bisnis yang kita miliki, di mana kita akan berkesempatan untuk memeberitahu bisnis apa sebenarnya yang sedang kita bangun dan beragam project yang sedang kita kerjakan. Hal ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pelanggan yang akan melihatnya nanti.
5. Lakukan update secara berkala
Sebagaimana media sosial lainnya, Linkedin juga akan memberikan pemberitahuan bila seorang teman dalam jaringan LinkedIn kita melakukan update terbaru dalam akun mereka, hal ini tentu saja bisa kita manfaatkan sebagai ajang promosi diri atau bisnis yang sedang kita geluti saat ini.
Beritahu rekan maupun relasi bisnis dalam jaringan LinkedIn mengenai kegiatan atau bisnis yang sedang kita lakukan saat ini. Hal ini akan membuat mereka lebih tahu mengenai perkembangan yang sedang kita lakukan. Lakukan update sebatas kewajaran saja, jangan sampai hal tersebut mengganggu dan merusak jaringan LinkedIn kamu serta hubungan dengan relasi bisnis yang telah ada saat ini.
Kita dapat menggunakan mesin pencari dalam mempromosikan profil kita di Linkedin, gunakan kata kunci tertentu dalam profil untuk mengoptimalkannya dan segera promosikan diri kita secara profesional. Jangan lupa untuk selalu update dan melakukan setiap langkah bisnis kita layaknya seorang profesional, hal tersebut akan mendatangkan pandangan positif bagi mereka yang berbisnis dengan kita.
Sudah siap menggunakan jaringan profesional LinkedIn kamu untuk memaksimalkan bisnis yang sedang kamu tekuni? silahkan dimulai dari menambahkan akun LinkedIn Petrus Andre dan follow akun Bisnis saya Keypoo Network!

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here