Para Developer Handal Indonesia yang Berkontribusi di Google Developer Expert

2
435
views

Dibalik semua kecanggihan teknologi yang kita gunakan saat ini, khususnya pada perangkat smartphone, ada orang-orang hebat yang meluangkan waktu mereka untuk melakukan berbagai pekerjaan sesuai dengan bidang dan keahlian mereka masing-masing di bidang teknologi. Bahkan, yang membanggakan adalah tidak sedikit dari mereka yang merupakan Warga Indonesia atau bisa dikatakan anak bangsa yang sangat berbakat. Sayangnya banyak dari mereka yang tidak begitu dikenali, sehingga tidak banyak orang yang mengetahui keberadaan dan kemampuan mereka.

Seperti yang kita ketahui, Google hingga saat ini masih dikenal sebagai sebuah perusahaan raksasa teknologi. Namanya juga semakin terkenal luas semenjak sistem Android berada di puncak kejayaan seperti sekarang ini. Meski begitu, di belakang Android dan Google yang sangat luar biasa itu sekali lagi ada orang-orang hebat yang beberapa diantaranya berasal dari Indonesia. Mereka menempati posisi-posisi luar biasa di Google Expert dan menjadi pendukung kesuksesan Google dan berbagai produk yang mereka miliki.

Sekadar Informasi, Google Expert merupakan jaringan global yang berpengalaman dalam strategi produk, desainer developer, dan profesional pemasaran yang aktif memberikan dukungan terhadap developer, startup, dan perusahaan yang mengubah dunia melalui web serta aplikasi mobile yang terus dikembangkan dan mengikuti kemajuan zaman yang juga semakin canggih dan inovatif.

Berikut ini adalah beberapa orang hebat di Indonesia yang menjadi bagian dari Google Expert dan menduduki posisi sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing.

Yansen Kamto: Google Developer Expert for Marketing and Branding
Banyak orang yang mungkin sudah tidak asing dengan sosok yang satu ini, Yansen kamto. Bagi kamu yang belum begitu mengenal sosok pria berwajah oriental ini, ia adalah seorang Google developer Expert asal Jakarta yang fokus pada pengembangan strategic branding, go-to market strategy, user acquisition, media relation dan partnership. Yansen juga merupakan CEO KIBAR Kreasi Indonesia. KIBAR Kreasi Indonesia sendiri merupakan satu-satunya perusahaan konsultan IT yang bergabung dalam Google Developer Groups (GDG), keren kan. Oh ya, meski menjalankan perusahaan di Jakarta, Yansen Kamto ini ternyata asli Pontianak loh! Saya sempat beberapa kali bertemu Ko Yansen dalam beberapa kegiatan yang dilaksanakan di Pontianak.

Developer Indonesia yang Berkontribusi di Google Developer Expert
Yansen Kamto (tengah)  Mengisi seminar “Indonesia Kreatif” -Doc pribadi

Yohan Totting: Google Developer Expert for Web Technologies
Yohan Totting atau akrab disapa Yohan ini merupakan developer Google Expert pertama di Indonesia yang berasal dari Bandung. Dirinya fokus pada pengembangan Client Server Architecture, backend API Development, Mobile App Development, dan HTML 5 Development. Yohan sendiri mengaku telah mempelajari bahasa pemograman HTML sejak SMA, dan saat ini dirinya sedang sibuk di StudioThinkRooms, sebuah studio yang berfokus pada pengembangan aplikasi dan game berbasis web.

Developer Indonesia yang Berkontribusi di Google Developer Expert
Yohan Totting Menjadi pembicara di Technical Thursday Bandung – Sumber YouTube.com

Sidiq Permana: Google Developer Expert for Android
Sidiq, begitu sapaan akrabnya, merupakan seorang Google Developer Expert di bidang di bidang pengembangan Android. Ia berfokus pada developer teknologi NDK, NFC, Java, J2SE Programming. Selain itu ia juga seorang Public Speaking Influencer dan Endorser. Sidiq Permana adalah developer asal Banten, Indonesia. Sidiq mempunyai tujuan menyebarkan semangat serta dukungan untuk para pengembang lokal serta mahasiswa agar siap ketika menghadapi kebutuhan industri nantinya.

Developer Indonesia yang Berkontribusi di Google Developer Expert
Sidiq Permana – Android Developer Expert : “NDK and NFC”

Sanny Gaddafi: Developer Expert for Product Strategy
Sanny Gaddafi atau akrab disapa SaGad adalah seorang Google Developer Expert yang berasal dari Bekasi, Indonesia. Ia berfokus pada beberapa bidang, seperti Produk Management, Rural Communities, Social network, UI/UX serta Business development. Selain Itu SaGad ternyata juga dikenal sebagai seorang technopreneur sejak berada di Universitas, ia mengembangkan sebuah jaringan sosial lokal yang juga situs pertama yang disebut dengan FUPEI (Friends Uniting Program Especially Indonesian). Menurut majalah Marketeers yang ditulis oleh Mark Plus, Sanny tercatat sebagai satu diantara 100 orang influencer muda yang berasal dari Indonesia.

Developer Indonesia yang Berkontribusi di Google Developer Expert
Sanny Gaddafi (tengah) di acara Startup #MoveOn – Sumber Ziliun.com

Nayoko Wicaksono: Google Developer Expert for Partnership and Networking
Kalau yang satu ini merupakan developer expert yang berasal dari Jakarta. Selain berfokus pada bidang partnership dan networking, Nayoko juga fokus pada peroject management, HR process and setup, content strategy and marketing, serta PR and Branding. Nayoko ternyata juga seorang pengusaha petualang dan penghubung jaringan global dengan pengalaman dalam mengembangkan usaha industri di bidang yang berbeda. Selain itu Nayoko juga punya start up sendiri yang diberi nama Seekmi loh!

Developer Indonesia yang Berkontribusi di Google Developer Expert
Nayoko Wicaksono (Nayoko Kho), Founder of Seekmi.com – Sumber: www.nayoko.com

Itulah beberapa nama anak bangsa yang berhasil menjadi developer expert dan bekerja di Kantor Google. Masih banyak nama-nama lain diluar sana yang memiliki kemampuan hebat yang kemudian di hire oleh Google. Saat ini Indonesia memang sangat perlu sekali orang-orang seperti mereka, dan tidak menutup kemungkinan penerus mereka selanjutnya adalah salah satu diantara kita. Semoga saja.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here