Fitur Rahasia Sosial Media yang Jarang Diketahui Banyak Orang

0
3991
views

Sosial media telah menjadi sebuah fenomena yang begitu mempengaruhi kehidupan banyak orang. Bahkan sebagian besar orang telah membuat sosial media sebagai bagian dari gaya hidup mereka, hal ini bisa dilihat dari tingginya aktivitas masyarakat dalam berbagai macam sosial media yang belakangan ini semakin mudah diakses. Di dalam perkembangannya, kita mengenal banyak sekali sosial media yang populer dan cukup banyak digunakan oleh masyarakat luas, di antaranya: Facebook, Twitter, Path, Instagram, G+, dan beberapa yang lainnya. Jumlah tersebut tentu saja berbanding lurus dengan jumlah pengguna yang semakin hari semakin bertambah.

Seolah tak mengenal umur, sosial media telah digunakan secara luas dan masing-masing memiliki segmen pengguna dari berbagai usia. Dengan demikian, interaksi yang terjadi di dalam sosial media menjadi lebih beragam dan tidak terbatas pada kalangan tertentu saja. Pada kenyataannya setiap sosial media memiliki keunggulan tersendiri yang mana dapat dimanfaatkan oleh banyak pelaku bisnis sebagai media khusus dalam mengembangkan usaha yang mereka jalankan. Hal tersebut menunjukkan bahwa pada saat ini penggunaan sosial media bukan lagi hanya terbatas pada individu saja, namun telah merambah ke berbagai macam bidang, termasuk dunia bisnis.

Fitur Rahasia Sosial medi yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Ini merupakan sebuah hal positif yang bisa dimanfaatkan dengan baik sebagai media untuk promosi dan meningkatkan jumlah angka penjualan di dalam dunia bisnis. Dengan penggunaan metode yang tepat, maka bukan tidak mungkin sosial media bisa berperan penting dalam pengembangan bisnis dan peningkatan jumlah penjualan secara maksimal.

Meski pada dasarnya fitur yang ditawarkan oleh berbagai jenis sosial media terbilang hampir sama, namun jika dicermati dengan seksama maka kita dapat menemukan beragam fitur tersembunyi “istimewa” yang tidak banyak dikenal dan dimanfaatkan oleh orang-orang. Fitur-fitur ini  justru bisa dimanfaatkan dengan sedemikian rupa untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis yang sedang kita jalankan, hal ini tentu saja harus dilakukan dengan cara yang tepat dan pemahaman yang cukup baik sebelumnya.

Di bawah ini adalah beberapa fitur rahasia di dalam sosial media yang jarang diketahui ole banyak orang:      

Fitur Rahasia Facebook

Kita semua tentu akan setuju jika facebook adalah sosial media yang sangat banyak digunakan oleh orang-orang, di mana penggunanya bahkan datang dari berbagai usia. Hal ini membuat peluang facebook sebagai wadah pendukung bisnis  dan promosi sangat efektif dan bisa diandalkan. Facebook menawarkan beberapa fitur yang dapat kita gunakan dengan mudah untuk membantu membangun bisnis yang sedang kita geluti.

Para pelaku bisnis yang menggunakan Facebook dapat mengatasi masalah admin tanpa nama dengan mudah, di mana identitas orang-orang yang berada di balik page actifity dapat ditampilkan dengan jelas. Langkah ini akan membantu kita untuk membangun kepercayaan dan hubungan bisnis yang baik dengan para klien.

Baca Juga: Kesalahan Sosial Media Marketing yang Seharusnya Tidak Dilakukan

Facebook juga memberikan kita keleluasaan dalam menampilkan hubungan kita dengan para klien, cukup dengan menambahkan fitur halaman di Setting > Featured, maka hal tersebut bisa ditampilkan.

Selain beberapa fitur facebook di atas, tombol embed di bawah post options juga memungkinkan kita untuk menyisipkan berbagai macam konten dengan cara yang baik dan efektif di facebook.

Fitur Rahasia Twitter

Twitter merupakan salah satu sosial media yang paling banyak digunakan oleh kalangan masyarakat luas. Singkat dan padat, begitu kira-kira informasi yang bisa kita bagi dan dapatkan di dalam sosial media yang satu ini. Bagaimana tidak, twitter membatasi jumlah tweet yang kita kirimkan hanya sebanyak 140 karakter saja dan ini tentu sangat terbatas dan singkat. Jumlah yang terbatas ini jugalah yang kemudian menjadi masalah pada saat kita ingin menargetkan beberapa influencer sekaligus dan bisa dipastikan jika hal ini sangat tidak efektif bagi bisnis yang sedang kita kembangkan.

Fitur Rahasia Sosial medi yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Meski demikian, twitter masih memiliki sebuah fitur lagi yang bisa kita gunakan untuk mengatasi keterbatasan karakter yang jumlahnya seringkali tidak mencukupi. Dalam penggunaan twitter, kita bisa menandai (tag) foto kepada 10 orang sekaligus dan dalam tag foto ini kita tidak akan dibatasi jumlah karakter yang akan kita sertakan di dalamnya. Dengan begitu kita bisa memaksimalkan pesan pemasaran dan berbagai macam informasi lainnya yang bisa meningkatkan bisnis kita.     

Fitur Rahasia YouTube

Youtube merupakan sarana komplit yang bisa kita gunakan untuk membantu perkembangan bisnis yang kita jalankan, di mana kita bisa membuat dan berbagi video dengan mudah melalui sosial media yang satu ini. Terdapat 2 fitur tersembunyi di YouTube yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan bisnis kita, yaitu:

Fitur berbagi video pada titik tertentu.

Hal ini bisa kita gunakan jika kita memiliki video yang akan dibagikan dalam durasi yang sedikit panjang, sementara beberapa menit pertama tidak berisi informasi yang benar-benar ingin disampaikan (hal yang membosankan / kurang menarik). Hal tersebut tentu saja membuat kita berpikir untuk menampilkan hanya bagian video yang relavan dengan tujuan pengembangan bisnis kita bukan? Maka kita bisa melakukannya dengan cara memajukan waktu pada video yang ingin kita tampilkan, klik “Share” lalu pilih “Start at time” yang terdapat di bawah URL nya. Dengan melakukan hal tersebut, maka para pengguna yang mengklik link video kita akan bisa menyaksikan bagian rekaman yang tepat dan sesuai dengan pilihan kita sebelumnya.

Baca Juga: Tipe-tipe Social Media Follower dan Cara Menarik Perhatian Mereka

Fitur GIF maker.

Meski hanya berlaku pada beberapa video saja, namun fitur ini akan sangat membantu karena memungkinkan kita untuk membuat animasi GIF sendiri dari YouTube. Pertama kita harus menyeleksi video yang aka kita bagikan, kemudian klik “Share”. Langkah selanjutnya klik menu tab GIF yang terdapat di samping “Embed” dan “Emails” tabs, lalu pilih waktu awal dan akhir beserta dengan teks yang akan kita masukkan dan setelahnya klik “Create”, maka YouTube akan memberi animasi GIF yang siap untuk dibagikan. 

Fitur Rahasia LinkedIn

LinkedIn juga merupakan salah satu sosial media yang sangat efektif dan bisa mendukung pertumbuhan bisnis kita dengan mudah. Di sini kita bisa menemukan kontak dan menjalin hubungan bisnis dengan para klien dari berbagai wilayah, sehingga bisnis bisa berjalan dengan lancar. Namun di dalam LinkedIn, hal tersebut hanya bisa dilakukan jika kita memiliki akun Pro atau para calon klien yang kita temui telah menerima permintaan kita sebelumnya dan hal ini bisa saja menjadi salah satu ganjalan dalam membangun komunikasi yang baik.

Fitur Rahasia Sosial medi yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Meski demikian, ada fitur tersembunyi yang bisa kita manfaatkan dengan efektif  untuk mengatasi keterbatasan kontak di LinkedIn, yakni dengan cara bergabung dengan grup umum. Dengan bergabung di dalam sebuah grup, maka kita memiliki kesempatan untuk bisa saling mengirim pesan antara anggota grup tanpa harus terhubung sebelumnya. Dalam hal ini kita hanya perlu mencari sebuah post dari salah satu anggota grup yang kita ikuti dan secara otomatis kita bisa memulai percakapan di sana atau membalas sebuah pesan secara pribadi.

Baca Juga: Tips Memaksimalkan Linkedin untuk Mendukung Perkembangan Bisnis

Setiap sosial media tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, namun jika kita bisa memanfaatkannya dengan tepat, maka sosial media apapun yang kita pilih tentu akan menghasilkan dan berdampak positif bagi bisnis yang sedang kita kembangkan. Jadi fitur rahasia mana saja yang sudah kamu ketahui dan gunakan selama ini di berbagai sosial media di atas? Share di kolom komentar ya! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here