Kelebihan Toko Online Dibanding Toko Tradisional

0
197
views

Toko online belakangan ini semakin menunjukkan geliat yang positif di dalam dunia bisnis, terlihat dari tingginya jumlah transaksi dan konsumen yang berbelanja secara online. Hal ini tentu saja menjadi nilai positif tersendiri bagi kamu yang berkecimpung di bisnis online, di mana dampak dari perkembangan teknologi dan informasi bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk kemajuan bisnis online yang dijalankan.

Bagi sebagian besar orang menekuni bisnis online bisa saja menjadi sebuah langkah mudah yang sangat efektif dalam menjalankan bisnis itu sendiri. Di mana ada banyak sekali perbedaan dan keuntungan yang didapat dari kegiatan tersebut. Hal ini jugalah yang pada akhirnya menjadi alasan utama mengapa semakin hari semakin banyak pebisnis yang menjadikan bisnis online sebagai salah satu langkah dalam mendongkrak angka penjualan. Jika dijalankan dengan langkah yang tepat, maka toko online bisa berkembang jauh lebih pesat bila dibandingkan dengan toko konvensional.

Di bawah ini adalah beberapa poin mengenai kelebihan toko online jika dibandingkan dengan toko tradisional pada umumnya:

Biaya operasional yang jauh lebih rendah

Dalam menjalankan sebuah bisnis, maka komponen yang sangat penting untuk diperhitungkan adalah masalah biaya operasional, karena hal ini akan sangat berpengaruh pada keberlangsungan bisnis yang kita jalankan. Di dalam e-commerce kita bisa menghemat komponen biaya tersebut dengan efisien, di mana kita dapat menekan biaya dengan beberapa cara di bawah ini:

  • Biaya sewa tempat
    Pada dasarnya toko online tidak membutuhkan tempat / lokasi fisik yang harus strategis dan membutuhkan sejumlah biaya mahal untuk menyewa atau membelinya sebagai lokasi bisnis yang kita jalankan. Hal ini tentu akan sangat menghemat banyak sekali pengeluaran yang bisa dihindarkan.
  • Biaya iklan
    Dalam menjalankan bisnis online, kita bisa mengandalkan traffic mesin pencari, pay per click, dan juga traffic sosial media sebagai wadah iklan yang cukup hemat biaya. Jika dibandingkan toko tradisional yang memerlukan iklan dalam bentuk banner atau spanduk tentu ini akan jauh lebih hemat.
  • Biaya operasional
    Penerapan sistem otomatis checkout, tagihan, pembayaran dan berbagai kegiatan operasional lainnya tentu akan membuat kita tidak membutuhkan banyak karyawan dalam menjalankan bisnis yang kita kelola. Dengan begitu ada banyak biaya operasional dan biaya gaji karyawan yang bisa dihemat setiap bulannya.

Kelebihan Toko Online Dibanding Toko Tradisional

Buka selama 24 jam penuh

Sistem penjualan secara online membuat kita bisa memaksimalkan jam operasional toko hingga 24 jam penuh setiap harinya sepanjang Minggu. Hal ini tentu saja akan menjadi nilai lebih bagi kita pemilik toko online, di mana jumlah transaksi yang terjadi bisa menjadi lebih besar dan angka penjualan juga lebih banyak karena jam operasional toko online yang panjang.

Sedangkan bagi para konsumen, hal ini juga menjadi sebuah nilai lebih dan membuat mereka nyaman dan santai saat berbelanja karena bisa melakukannya sepanjang waktu yang mereka suka.

Jangkauan lebih luas

Saat kita memiliki usaha dalam bentuk toko fisik, kita pasti memiliki keterbatasan wilayah jangkauan pasar penjualan dan hal ini akan sangat berpengaruh pada angka penjualan. Dengan membuka sebuah toko online, maka kita akan memiliki peluang yang terbuka lebar untuk bisa menjangkau pelanggan di seluruh wilayah, bahkan yang terjauh sekalipun dari lokasi kita berada. Kemajuan teknologi dan informasi melalui jaringan internet, membuat peluang mengembangkan bisnis berbasis online semakin terbuka lebar dan memiliki jangkauan global.

Baca Juga: Tips Memaksimalkan Linkedin untuk Mendukung Perkembangan Bisnis

Sistem promosi yang simpel

Pada saat kita memiliki sebuah toko konvensioanal, maka untuk menjaring pelanggan kita akan menjalankan branding dan menjaga hubungan baik dengan konsumen. Namun di dalam bisnis online, selain kedua hal tersebut kita juga bisa mengandalkan traffic dari mesin pencari untuk mendorong angka penjualan. Traffic bisa menjadi salah satu faktor penting di dalam mengembangkan toko online yang kita miliki, untuk itu sangat penting memahami cara untuk memaksimalkan hal ini.

Membangun komunikasi tertarget

Dengan menggunakan informasi yang terismpan dari cookie pada komputer pelanggan, maka kita bisa mengakses banyak informasi mengenai pelanggan kita. Dengan begitu kita bisa menyampaikan dan mengkomunikasikan berbagai macam pesan yang relevan dan sesuai dengan keinginan para pelanggan. Contohnya, jika seorang pelanggan mencari produk tertentu pada sebuah situs belanja online, maka secara otomatis pelanggan akan disuguhi dengan tampilan penawaran dari produk sejenis yang lainnya.

Kelebihan Toko Online Dibanding Toko Tradisional

Lebih mudah menemukan produk

Kemudahan yang ditawarkan oleh sebuah e-commerce tentu saja akan membuat pelanggan bisa menemukan dengan mudah beragam produk yang mereka cari, hal ini bisa dilakukan dengan cara meng-klik navigasi atau mengetik jenis / nama produk yang mereka cari pada kotak pencarian. Dengan begitu, maka pelanggan bisa mempersempit pencarian dan menemukan barang yang mereka cari dengan mudah.

Pada beberapa situs bahkan menyediakan preferensi dan daftar belanja yang bisa memudahkan pelanggan untuk melakukan pembelian ulang di lain waktu.

Membandingkan dengan mudah

Salah satu hal yang memudahkan dan membuat pembelian menjadi maksimal adalah dengan cara membandingkan dan menemukan harga serta kualitas produk terbaik. Hal ini tentu menjadi pertimbangan bagi banyak pelanggan sebelum bertransaksi, dan e-commerce memungkinkan mereka melakukan hal tersebut dengan mudah, di mana pelanggan dapat menelusuri beberapa toko sekaligus dan memilih barang dengan harga dan kualitas terbaik bagi mereka.

Baca Juga: Keuntungan yang Didapatkan Jika Menggunakan Layanan Livechat Dalam Bisnis Online

Hemat waktu dan biaya

Saat akan berbelanja di toko konvensional, maka pera calon pembeli harus melakukan perjalanan dan mengeluarkan sejumlah biaya serta tenaga untuk mendapatkan barang yang mereka butuhkan. Hal ini tentu akan sangat merepotkan, terutama bagi mereka yang memiliki aktifitas tinggi dan kesibukan yang lumayan padat. Namun dengan berbelanja di toko online, pelanggan dengan mudah bisa mengunjungi toko dan melakukan aktifitas belanja kapan saja dan di mana saja mereka inginkan. Kegiatan ini akan menghemat cukup banyak waktu dan biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan sebuah barang.

Kelebihan Toko Online Dibanding Toko Tradisional

Pasar yang tepat untuk produk yang tepat

Dalam praktiknya seringkali pembeli dan penjual tidak bisa menemukan produk dan pasar yang sesuai di dalam dunia nyata, hal ini tentu akan menyulitkan terjadinya transaksi jual beli. Namun di dalam e-commerce hal tersebut bisa diatasi dengan sangat baik, di mana pencarian dan pengumpulan informasi secara online akan memudahkan dalam menemukan dan membeli produk-produk yang sulit ditemukan sekalipun.

Menyediakan informasi yang sangat memadai

Dalam menjalankan sebuah toko konvensional, akan sangat sulit untuk membekali semua karyawan dengan beragam pengetahuan mengenai berbagai jenis produk yang dijual di toko. Hal ini tentu saja akan menghambat pelanggan untuk mendapatkan informasi memadai dan justru berpotensi untuk mengurangi angka penjualan. Di dalam situs e-commerce, kita bisa menampilkan dan menyediakan berbagai macam informasi mengenai produk secara lengkap. Hal ini akan membantu pelanggan untuk menentukan pilihan dan menemukan barang yang mereka cari dengan lebih mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here