Kesalahan Sosial Media Marketing yang Seharusnya Tidak Dilakukan

0
180
views

Sebagai seorang pelaku bisnis, maka sudah sepatutnya kita menerapkan berbagai macam cara untuk meningkatkan angka penjulan produk / jasa yang kita miliki. Hal ini tentu saja bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan cara melakukan promosi dan pemasaran secara maksimal. Bisnis online memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan bisnis konvensional yang cenderung terbatas dan memiliki jangkauan yang tidak luas, di mana kita hanya bisa melakukan pemasaran dengan metode langsung.

Di dalam bisnis online, kita dimungkinkan untuk melakukan pemasaran secara global dan tertarget, hal ini karena adanya interaksi yang cepat dan informasi terpadu yang bisa disampaikan melalui jaringan internet. Tingginya jumlah pengguna internet di Indonesia, mambuat pelaku bisanis online memiliki kesempatan yang sangat luas untuk bisa mendapatkan penjualan dalam jumlah yang cukup besar, hal ini tentu harus didukung oleh sistem pemasaran dan promosi yang tepat.

Banyak pebisnis yang menggunakan sosial media sebagai wadah untuk memasarkan produk / jasa yang mereka miliki, dengan begitu pemasaran bisa dilakukan secara maksimal, mengingat jumlah pengguna sosial media di Indonesia sangat tinggi. Setelah mesin pencari Google di urutan pertama, maka sosial media adalah salah satu tempat pemasaran online yang efektif dan bisa diandalkan oleh para pelaku bisnis online.  Sosial media mampu meningkatkan angka penjualan dan juga membuat sistem pemasaran menjadi lebih mudah serta tertarget.

Indonesia merupakan negara yang masyarakatnya cukup banyak menggunakan sosial media, ini bisa dilihat dari tingginya interaksi yang terjadi di dalam berbagai macam sosial media yang ada saat ini. Berdasarkan data yang dirilis oleh The Wall Street Journal, hingga bulan Juni 2014 jumlah pengguna Facebook di Indonesia mencapai 69 juta orang, sedangkan jumlah pengguna Twitter mencapai 50 juta orang. Angka yang sangat tinggi, bukan?

Tingginya angka pengguna sosial media di Indonesia, tentu saja berbanding lurus dengan mudahnya para pelaku bisnis online untuk dapat memanfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan angka penjualan yang tinggi pula. Hal ini tentu harus didukung dengan pengelolaan yang baik dan tepat, sehingga hasil yang didapatkan dari pemasaran di media online tersebut bisa berjalan dengan maksimal.

Kesalahan Sosial Media Marketing yang Seharusnya Tidak Dilakukan

Salah satu sosial media yang paling banyak digunakan untuk melakukan pemasaran secara online adalah Facebook, di mana dengan mudah kita bisa membuat profil, mengunggah gambar dan konten lainnya yang akan mendukung pemasaran yang kita lakukan. Facebook juga mendukung kita untuk bisa melakukan interaksi dengan mudah kepada para calon konsumen, sehingga komunikasi dapat berjalan dengan lancar dan transaksi sangat mungkin bisa terjadi.

Pada dasarnya setiap metode pemasaran akan membutuhkan penerapan yang tepat agar penjualan dapat berjalan secara maksimal, dan hal ini juga berlaku dalam pemasaran melalui sosial media. Hindari beberapa kesalahan sosial media marketing yang kerap terjadi berikut ini:

Menggunakan semua sosial media

Banyak belum tentu efektif, inilah yang harus selalu kita ingat saat akan melakukan sosial media marketing, di mana kita tidak perlu menggunakan semua sosial media yang ada.

Saat ini, jumlah sosial media mencapai puluhan atau bahkan ratusan. Namun kita hanya membutuhkan beberapa sosial media saja dalam menjalankan sosial media marketing, karena akan sangat mustahil melakukannya di dalam setiap sosial media yang ada saat ini. Penggunaan banyak sosial media juga sangat tidak efektif dan hanya akan menghabiskan banyak waktu dan biaya saja.

Pilih sosial media yang paling tepat dan sesuai dengan jenis produk / jasa yang akan kita pasarkan. Pastikan juga untuk mempelajari karakteristik sosial media tersebut dengan benar, sehingga kita tahu betul mengenai kekurangan dan kelebihan dari sosial media yang akan kita gunakan tersebut. Hal ini akan sangat berguna untuk menghindari terjadinya salah target dan pemasaran yang tidak maksimal dalam bisnis yang sedang kita jalankan.   

Jangan gunakan sosial media yang kemungkinan tidak bisa mendatangkan konsumen potensial bagi bisnis kita, hal tersebut hanya akan membuang-buang waktu dan tenaga saja. Maksimalkan pemasaran melalui beberapa sosial media yang memang benar-benar kita yakini akan mendatangkan angka penjualan bagi bisnis kita.

Hanya membagikan konten mengenai bisnis / produk yang dijual

Hal seperti ini sangat sering dilakukan oleh para pebisnis online yang masih pemula, di mana mereka hanya sibuk membagikan berbagai macam hal mengenai produk dan bisnis yang sedang mereka jalankan. Sudah bisa dipastikan bahwa pengunjung akan segera meninggalkan akun sosial media tersebut kerena bosan dan merasa tidak mendapatkan apa-apa selain produk yang sedang dipasarkan.

Hindari melakukan hal di atas dan cobalah untuk sesekali memberikan konten yang berbeda, unik dan bermanfaat bagi follower kita. Dengan demikian, mereka akan merasa dihargai dan diperhatikan, sehingga mereka akan lebih mempercayai bisnis / produk yang kita miliki. Hal ini tidaklah terlalu sulit untuk dilakukan, kita hanya perlu meluangkan sedikit waktu dan perhatian pada kondisi / tren yang sedang berlangsung saat ini.

Kesalahan Sosial Media Marketing yang Seharusnya Tidak Dilakukan

Misalnya: di musim liburan, kita bisa membuat sebuah konten mengenai ide liburan atau tempat-tempat liburan yang baru dan menyenangkan. Kita juga bisa melengkapinya dengan gambar yang menarik dan baik. Di lain waktu, kita juga bisa membuat sebuah konten berisi humor atau informasi lainnya yang sedang banyak dibicarakan oleh orang-orang, sehingga follower kita tidak merasa bosan dan hanya menemukan konten yang sama setiap harinya di akun kita dan mereka bisa terhibur serta mendapatkan beragam informasi yang bermanfaat juga.

Melakukan semua secara mandiri

Hampir semua pelaku bisnis pemula melakukan hal ini, di mana mereka merasa serba bisa dan sanggup melakukan segalanya sendirian tanpa bantuan orang lain. Meski ini tidak salah, namun hal seperti ini juga tidak selalu bisa dibenarkan karena ada banyak sekali bisnis yang memang sukses dijalankan dengan cara bermitra / berpartner. Hal ini juga berlaku dalam sosial media marketing, di mana kita juga perlu mendapatkan partner dalam melakukan berbagai macam hal yang tentu saja akan membutuhkan keahlian tersendiri yang belum tentu kita miliki.

Meski tergolong sederhana, namun pada kenyataannya sosial media marketing juga akan membutuhkan beberapa keahlian sekaligus, agar tujuan dari pemasaran yang kita lakukan bisa berjalan dengan lancar. Bahkan ada banyak pebisnis yang memilih untuk menggunakan jasa ahli pemasaran profesional dalam meningkatkan angka penjualan dalam bisnis mereka. Hal ini membuktikan bahwa, tidak semua pebisnis bida menjalankan usahanya sendirian, di mana mereka akan membutuhkan berbagai macam keahlian dan tenaga profesional dalam menjalankan dan memasarkan bisnis yang mereka jalankan.

Itulah beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan para pelaku bisnis dalam menjalankan sosial media marketing. Selain perlu menghindari beberapa poin di atas, kamu selaku pelaku bisnis juga perlu memahami Tipe-tipe Social Media Follower akun bisnismu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here