Tipe-tipe Social Media Follower dan Cara Menarik Perhatian Mereka

0
243
views

Saat kita berbicara mengenai jumlah follower di sosial media, maka hal utama yang akan terpikir di dalam benak kita adalah mengenai populer tidaknya seseorang atau sebuah brand yang bersangkutan. Karena pada kenyataannya, jumlah follower yang banyak tidaklah harus selalu dimiliki oleh brand yang populer saja. Bagaimana bisa? Tentu inilah kalimat yang kemudian muncul di benak kamu saat ini.

Jumlah follower yang terdapat di dalam sebuah sosial media bisa dimaksimalkan dengan cara menentukan target dan tujuan dari brand yang kita miliki. Hal ini akan sangat membantu kita mendapatkan sejumlah follower yang memang berpotensi dan sesuai dengan apa yang akan kita tawarkan pada mereka nantinya. Dengan begitu, kita dapat memiliki gambaran yang tepat mengenai target follower yang akan kita tuju dan memilih hanya follower yang berpotensi untuk menjadi pelanggan bagi brand yang kita miliki.

Tipe Social Media Follower dan Cara Menarik Perhatian Mereka

Ada banyak tipe follower yang berinteraksi di berbagai jenis sosial media, dan hal ini menjadi sesuatu yang wajib untuk kita kenali satu persatu, sehingga kita dengan mudah bisa menentukan target dari pemasaran produk atau jasa. Yang harus diperhatikan adalah bagaimana menyesuaikan tipe follower ini dengan apa yang akan kamu tawarkan nantinya kepada mereka, dengan begitu tujuan dari pemasaran yang kamu lakukan dapat tercapai secara maksimal.

Berikut ini adalah beberapa tipe follower yang banyak berinteraksi di sosial media yang dapat kamu jadikan acuan ketika ingin memasarkan produk atau jasa di sosial media:

Tipe I – Follower sosial

Pada dasarnya lebih dari 70% pengguna sosial media akan membagikan beragam konten untuk bisa terhubung dengan para pengguna lain yang memiliki minat yang sama dengan mereka. Tipe follower ini benar-benar memanfaatkan sosial media sesuai dengan kegunaannya, yakni untuk bersosialisasi dengan orang lain. Dengan alasan tersebut, maka bisa dipastikan jika follower tipe ini hanya akan tertarik dengan berbagai konten yang mereka anggap menarik dan penting untuk dibagikan kepada teman dan relasinya saja. Pada umumnya tipe follower ini akan menggunakan sosial media seperti Facebook, Twitter, serta Pinterest.

Untuk dapat menarik follower tipe sosial ini, cermati beberapa poin di bawah ini:

  • Pada umumnya mereka akan mencari bahan diskusi, maka ada baiknya kamu menyelipkan humor di dalam konten yang kamu bagikan, dan jangan lupa untuk selalu menyesuaikan humor tersebut dengan topik konten yang dibagikan.
  • Biasanya tipe follower ini menginginkan konten berupa artikel atau panduan singkat atau tips yang menarik, jelas dan bermanfaat.
  • Tidak masalah jenis konten yang akan kamu berikan, asal topik tersebut bisa menarik dan cocok untuk dijadikan sebagai bahan diskusi, maka dijamin mereka akan menjadi follower bagi sosial media kamu.

Tipe II – Follower career-minded

Kamu bisa menemukan tipe follower ini di dalam grup LinkedIn, di mana beberapa dari mereka akan sering memposting berbagai artikel dan membuka percakapan seputar dunia kerja yang mereka jalani dengan rutin.

Dalam hal ini mereka pada umumnya sangat menyadari dan menguasai bagaimana cara untuk menarik perhatian orang banyak dengan cara memilih jenis konten yang akan dibagikan, berbagai pertanyaan yang akan diajukan, serta memaksimalkan platform yang akan mereka gunakan untuk mendukung profesionalisme mereka. Pada dasarnya orang-orang tipe ini memiliki kemampuan untuk mempercantik dan menambah keindahan profil online mereka, sehingga mereka dikenal sebagai sosok pribadi yang profesional dan ahli di bidangnya.

Tipe Social Media Follower dan Cara Menarik Perhatian Mereka

Tentu dibutuhkan trik khusus dalam menarik follower tipe career-minded ini, beberapa poin di bawah ini bisa kamu coba:

  • Untuk mendapatkan tipe follower ini, kamu harus melengkapi dan membuat profil LinkedIn-mu layak dan menampilkan informasi mengenai karir profesionalmu dengan baik dan memperoleh pengakuan dari banyak orang.
  • Gunakan akun dengan layanan B2B yang menunjukkan kamu sebagai personal yang ahli di bidang yang kamu geluti.
  • Jangan sembarangan dalam memilih konten, pastikan kamu hanya menggunakan konten yang sesuai dengan bidangmu serta memiliki tujuan dan manfaat yang jelas bagi pembacanya.

Tipe III – Follower pencari perhatian

Di dalam semua sosial media, kamu pasti akan menemukan tipe follower ini. Banyak orang yang memang sengaja menggunakan sosial media untuk mendapatkan sejumlah perhatian dari orang-orang lainnya, hal ini bisa kamu temukan di Facebook, Twitter, Instagram dan sosial media lainnya.  

Tipe follower ini akan selalu menemukan sesuatu untuk di-post di akun mereka dan dengan senang hati mereka akan membagikan segala macam informasi apapun mengenai diri mereka kepada khalayak ramai. Hal tersebut tentu dilakukan dengan satu tujuan, yakni mendapatkan “like” yang banyak dari pengguna sosial media lainnya.

Lakukan beberapa poin di bawah ini jika kamu ingin menarik si pencari perhatian ini:

  • Pencari perhatian akan dengan cepat merespon kontes, kampanye foto / video, dan kontroversi lainnya. Semua ini  merupakan jenis konten yang bagus untuk menarik mereka.
  • Pastikan kamu hanya menyediakan konten yang bisa menimbulkan interaksi di antara teman-teman si pencari perhatian, mereka menyukai banyak “likes” dan untuk itu pilih konten yang bisa memberi mereka hal tersebut.

Tipe IV – Follower tertutup

Tipe ini adalah kebalikan dari si pencari perhatian, di mana follower ini hanya akan melakukan interaksi dengan orang-orang yang sudah mereka kenal saja. Pada dasarnya mereka juga tidak begitu peduli mengenai respon orang-orang terhadap konten yang mereka bagikan, karena pada dasarnya mereka memang tidak bertujuan untuk membuat orang-orang yang membacanya terkesan.

Meski sedikit sulit untuk menarik follower yang tertutup ini, namun kamu bisa melakukannya dengan mencermati beberapa poin di bawah ini:

  • Gunakan hanya konten yang terbukti benar dan memiliki informasi yang sesuai fakta, ini bisa berupa aksi atau sesuatu yang dapat dilakukan.
  • Lengkapi konten dengan gambar dan layout yang bagus, hal ini akan membantu kamu mendapatkan kepercayaan dari mereka, dan jangan lupa untuk selalu memberi informasi yang sesuai dengan fakta.
  • Pastikan konten berkualitas, dilengkapi dengan judul jelas yang menggambarkan isi konten tersebut. Lengkapi konten dengan angka dan statistik yang mendukung, namun tetap dalam porsi wajar dan ringan.

Tipe V – Follower Gaul

Muda, populer, kreatif dan trendi, begitu kira-kira gambaran dari follower tipe gaul ini. Untuk itu, kamu harus benar-benar mampu mengimbangi mereka dengan berbagai macam konten yang gaul, keren dan yang paling terkini, karena tipe ini sangat update terhadap berbagai macam informasi dan berita terkini.

Beberapa poin di bawah ini akan membantu kamu untuk menarik follower gaul ini:

  • Kamu bisa menggunakan foto atau gambar yang menarik dengan resolusi tinggi dan baik, untuk melengkapi konten yang akan kamu bagikan.
  • Biasanya tipe follower ini akan aktif di banyak sosial media sekaligus, untuk itu kamu bisa mempersiapkan campaign untuk beberapa sosial media seperti: Facebook, Twitter, Instagram dan Pinterest.
  • Gunakan video untuk campaign, ini akan efektif bagi tipe follower ini.
  • Bagikan informasi yang singkat, update, serta informatif.

Menarik follower dalam sosial media memang bukan sebuah perkara mudah untuk dilakukan, namun hal tersebut bisa berjalan dengan lancar jika kamu mampu mengelompokkan dan melihat follower potensial yang bisa meningkatkan interaksi di dalam akun / brand milikmu. Pastikan kamu memilih dan menggunakan konten yang tepat, agar sesuai dengan target dan tujuan awal. Sudah siap memperlakukan followers sosial media-mu berdasarkan masing-masing tipe mereka? Selamat mencoba! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here