Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Dengan Program Affiliate Marketing

5

Jika berbicara tentang cara menghasilkan uang dari blog tentu tidak akan pernah ada habisnya. Ada banyak cara yang dapat dilakukan sehingga blog yang kamu kelola dapat menghasilkan pundi-pundi uang. Mulai dari menjadi penerbit iklan PPC, menawarkan jasa content placement, menjadi host Blogger untuk sebuah kompetisi online, atau mungkin mengikuti program Affiliate Marketing. Dari berbagai cara meghasilkan uang lewat blog yang sudah disebutkan, pada tulisan kali ini saya ingin membahas khusus tentang Affiliate Marketing. Kebetulan, saat ini ada sebuah affiliate network baru yang bisa kita manfaatkan untuk menghasilkan uang dari blog. Affiliate yang dimaksud adalah InvolveAsia.

Program afiliasi Involve Asia memungkinkan kita untuk bisa menghasilkan uang melalui blog. Hal itu karena setiap e-commerce yang tergabung di Involve Asia memberikan promo-promo untuk berbagai produk yang mereka jual. Nah, peran kita sebagai blogger adalah memanfaatkan promo tersebut dan mempromosikannya kepada pembaca lewat konten yang kita posting di blog.

Menghasilkan Uang Dari Blog

Mungkin sebagian dari kamu masih bertanya-tanya, sebenarnya apa sih affiliate marketing itu? Apa pula affiliate network? Dan bagaimana cara kerja sistem afiliasi ini untuk menghasilkan uang melalui blog? Affiliate Marketing adalah sistem pemasaran yang menggunakan perantara untuk mempromosikan suatu produk dengan imbalan komisi bila terjadi transaksi.  Dalam affiliate marketing setidaknya ada 3 pihak yang terlibat yaitu;

  • Advertiser (merchant, pemilik produk),
  • Publisher (kita sebagai pemilik blog yang mempromosikan produk dari advertiser), dan
  • Consumer (konsumen yang membeli produk)

Merchant butuh menjual produk kepada konsumen, di mana salah satu metode pemasarannya ialah affiliate marketing (baik dalam bentuk banner ads maupun sponsored content yang mengandung link) di blog kita. Jika pembaca blog meng-klik affiliate link kita lalu melakukan transaksi pembelian di merchant tersebut, kita sebagai pemilik blog akan mendapatkan komisi.

Dari mana merchant tahu bahwa konsumen tersebut datang dari blog kita? Sistem afiliasi menggunakan affiliate link, yaitu link khusus yang bisa tercatat dalam sistem penjualan merchant. Jadi di setiap transaksi yang terjadi akan dapat ditelusuri affiliate link yang mana yang mendatangkan konsumen tersebut.

Apa itu Affiliate Network?

Nah setelah mengerti bagaimana cara kerja Affiliate Marketing, saatnya kita mempelajari apa itu Affiliate Network. Di atas kita sudah mengetahui bahwa setidaknya ada 3 pihak terlibat dalam suatu affiliate marketing. Affiliate Network menjadi pihak k-4, yang menghubungkan antara banyak merchant (sebagai advertiser) dengan banyak publisher (berbagai blog yang mem-publish konten promosi). Sebuah Affiliate Network yang bagus memiliki sistem yang solid dan portoflio jumlah merchant yang banyak, sehingga memudahkan blog kita untuk memilih dan menentukan merchant mana atau campaign mana yang akan kita promosikan di blog kita.

Kembali ke Involve Asia sebagai Affiliate Network baru yang bisa kita manfaatkan untuk menambah penghasilan melalui blog. Caranya mudah, hanya dengan mempromosikan promo-promo dari MatahariMall.com (salah satu merchant InvolveAsia) melalui pemasangan banner pada blog.

Sudah tidak sabar ingin mencoba? di bawah ini adalah cara mendaftarkan blog di Affiliate Network InvolveAsia

  • Langkah pertama tentu kita harus punya akun dulu di InvolveAsia, kalau belum punya bisa daftar melalui link ini
  • Persiapkan hal-hal ini agar pendaftaran blog kita disetujui oleh Involve Asia
  • Isi kolom info yang dibutuhkan seperti dibawah ini;

Menghasilkan Uang Dari Blog

Tidak semua yang mendaftar pasti dapat approval, karena InvolveAsia tentu berusaha mencari Publisher (blog) yang berkualitas. Sebelum mendaftar, berikut hal-hal yang perlu dipersiapkan agar blog kita disetujui oleh InvolveAsia:

  • Blog harus aktif; rutin membuat blog post adalah kuncinya 
  • Pengunjung blog kita sebisa mungkin sudah banyak dan stabil. Jika hobi ternak blog (alias punya beberapa blog), pilih yang paling sesuai untuk memasarkan produk dari e-commerce yang tergabung di Involve Asia. Pilih blog yang paling populer berdasarkan pada data rating/users/pageviews dan sebagainya.
  • Mempunyai rekening bank atau PayPal
  • Tentukan juga kategori utama dan kategori kedua blog karena ini juga akan ditanyakan saat pendaftaran.
  • Login ke Google Analytics dan cari data-data berikut: Pengunjung unik bulanan blog (unique monthly visitors), Visitors Gender, mayoritas pria (mostly male) atau mayoritas wanita (mostly female)? Visitors Age Group (kira-kira rentang umur berapa saja pengunjung blog kita?).
  • Primary business model blog kita apa? Jika di pilihan dropdown nanti tidak ada yang sesuai, pilih other saja.

Cara mengambil banner dari dashboard Involve Asia

Langkah berikutnya adalah mengambil banner dari dashboard Involve Asia, caranya sebagai berikut :

  1. Login ke dashboard
  2. Pilih menu “TOOLS” lalu klik “Campaigns & Banners”
  3. Ketik Matahari pada kolom “Search By Merchant”, pilih MatahariMall (ID) lalu klik tombol “Search” untuk menampilkannya.
  4. Setelah itu, pilih banner yang ingin dipromosikan, lalu klik tombol “Get Link”, lalu salin kode pada kolom “HTML Code” ke dalam blog, atau Pilih banner yang ingin dipromosikan, lalu klik tombol “Download” untuk mendapatkan banner. Salin link pada kolom “Link Only” untuk ditempel pada banner yang ingin dipasang pada blog.

Menghasilkan Uang Dari Blog InvolveAsia

Untuk bisa mendapatkan banner promo-promo terbaru dari MatahariMall, sering-sering cek dashboard pada bagian “Campaigns & Banners”. Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai sistem afiliasi di InvolveAsia, silakan menghubungi andre@involve.asia.

Nah itulah sedikit pembahasan tentang Program Affiliate Marketing dari InvolveAsia. Langkah menghasilakan uang dari blog yang satu ini wajib kamu coba kalau selama ini blog kamu belum terlalu maksimal dalam menghasilkan pundi-pundi uang. Segera daftarkan blog kamu sebagai affiliate di InvolveAsia sekarang!

 

5 COMMENTS

  1. cakep euy blog nya, artikelnya bagus. Nunggu berapa lama sampai disetujui AdSense nya…. Jika berkenan berkunjung k blog ku ya, baru bikin 2 minggu lalu hehe di imeher.blogspot.co.id

  2. blognya keceh euy! gue kok kkalo affiliate agak kurang tertarik yah, nnnggu duitnya lama :))

    Sama gue mau nanya ndre, adsense bagus gak? mayan gak duitnya?

    • 11 12 sama gue haha, ini karena dititip aja artikel 😀
      Adsense bagus kalau blognya ramai bang, duitnya tergantung ramai enggaknya sih, sejauh ini punya gue lumayan lah buat biaya blog sama buat pulang kampung tiap natal ada kok 😀

  3. Proses pembayaran afiliasi ini efek banyak buat narik blogger. kalau prosesnya lama dan skema afiliasinya susah banyak yang males ikutan kakkk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here