Zenbo, Robot Asisten Besutan ASUS yang Bisa Diajak Bicara

0
170
views

Majunya teknologi ditandai dengan berbagai penemuan canggih yang semakin mempermudah kita dalam melakukan pekerjaan. Hasilnya sudah pasti efisien dan efektif sehingga kita bisa segera menyelesaikan pekerjaan lain dan waktu kita untuk beristirahat juga semakin panjang setiap harinya. Beberapa perangkat canggih yang dilahirkan untuk membantu kita dalam bekerja adalah laptop (untuk mengerjakan berbagai hal seperti mengetik, mengedit video, memutar musik), smartphone (perangkat telekomunikasi yang dilengkapi dengan sebagian fungsi pada personal computer maupun laptop), kamera DSLR (untuk mengabadikan momen dalam foto dan video), bahkan robot pintar.

Robot merupakan alat mekanik yang dirancang untuk bisa melakukan tugas fisik baik dengan pengawasan dan kontrol dari manusia sebagai penggunanya atau menggunakan program yang dibenamkan dalam tubuh robot. Biasanya robot digunakan untuk mengerjakan berbagai pekerjaan yang dianggap berat, berbahaya, hingga pekerjaan kotor. Robot pintar merupakan integrasi dari sekadar robot biasa. Fungsi yang ada dalam robot pintar lebih banyak dan canggih, penggunaannya bahkan bukan lagi ditujukan untuk menyelesaikan pekerjaan berat tetapi untuk mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan kecerdasan otak dalam menyelesaikannya. Robot pintar ini semakin hari semakin dikenal terutama dejak kemunculan ASIMO yang merupakan robot pintar produksi Honda. Robot ini didesain mirip dengan anak laki-laki dan memiliki keunggulan untuk melakukan pekerjaan yang biasa dilakukan manusia. ASIMO bahkan bisa menunjukkan kemampuannya dalam membawa barang, bermain alat musik, hingga bermain sepak bola. Tentu saja kehadirannya akan menjadi perhatian bagi para perusahaan yang bergerak di bidang elektronika.

Baca Juga: Gelang Cicret, Sanggup Mengubah Kulit Manusia Menjadi Layar Smartphone

Kemunculan ASIMO, robot pintar produksi Honda, menyulut keinginan dari berbagai vendor untuk bisa berkarya paling tidak setara dengan pencapaian yang sudah dilunasi Honda. Ada beberapa robot pintar lainnya yang juga memiliki kemampuan sepadan dengan ASIMO, misalkan Toplo, Murata Girl (produksi Murata Manufacturing), Violin Robot (produksi Toyota), HRP-4C (pengembangan oleh National Institute of Advanced Industrial Science and Technology), dan Yurina (produksi Logic Machine). Meski beberapa vendor ini bahkan tadinya tidak bergerak di bidang robotika, akhirnya mereka menunjukkan kemampuan dalam menghasilkan produk serupa. Sebut saja ASUS, yang pada tahun 2016 meluncurkan robot asisten mereka yang diberi nama Zenbo.

Jadi, siapa sebenarnya Zenbo ini?
ASUS menunjuknya sebagai home robot yang diprogram untuk menjadi asisten istimewa saat di rumah dan memiliki fokus utama terhadap aspek bantuan, hiburan, bahkan hubungan kemitraan. Produk ini ditargetkan akan menjadi teman bagi para pengguna dewasa menuju tua. Bodi robot ini berbalut bahan helm berwarna putih dan terdapat fasilitas layar untuk melakukan interaksi. Layar Zenbo yang memiliki fungsi touchpad dan bersifat antarmuka ini memperbolehkan penggunanya untuk melakukan panggilan suara, belanja secara online, hingga melakuka streaming video. Sekilas, secara fisik robot ini mirip dengan robot fiksi bernama Wall-E, hanya dalam versi putih bersih dan tentunya canggih. Keunggulan yang disematkan pada robot imut ini adalah kemampuannya untuk menunjukkan ekspresi dan perasaannya. Beragam emosi ini dapat ditampilkan pada layar sentuhnya yang juga berfungsi sebagai wajah Zenbo.

Baca Juga: Pixel C Tablet Pertama Google dengan Android Marshmallow

Yup, tidak mau hanya mendulang sukses dari produk laptop dan smartphone, ASUS melahirkan produk baru yang tak kalah canggih berupa asisten robot yang bisa diajak berbicara. Dikenalkan pada acara Zenvolution yang terselenggara di Taipei, ASUS unjuk gigi kebolehannya dalam melahirkan Zenbo yang dikenal cerdas serta dibekali berbagai fitur yang membuatnya tak membosankan seperti pemutar musik, kamera, bahkan mampu mencari dan menampilkan hasil pencarian di halaman situs. Apa lagi kemampuan Zenbo? Robot pintar ini bahkan bisa diajak menari dan mengikuti penggunanya, bahkan menjawab berbagai pertanyaan. Wow!

Zenbo, Robot Asisten Besutan ASUS yang Bisa Diajak Bicara
Zenbo dapat mendengarkan perintah suara

Keunggulan Zenbo salah satunya adalah kemampuan menghubungkan berbagai perangkat rumah mulai dari perangkat tradisional hingga perangkat pintar. Misalkan, Zenbo bisa memeriksa siapa yang sedang berdiri di dekat pintu rumah dengan melihat dari kamera yang terhubung. Pengguna bahkan bisa membuka kunci jarak jaruh dari layar Zenbo. Robot pintar ini juga mampu terhubung dengan lampu, TV, hingga AC dan berjalan sesuai arahan dari perintah suara.

Baca Juga: Penggemar Produk ASUS? Kamu Wajib Punya ASUS Zenfone 3 Deluxe!

Didesain benar-benar mirip seperti asisten manusia, kelebihan lain yang bisa dilakukan Zenbo berkaitan dengan hal yang bersifat urgensi adalah mengingatkan penggunanya akan berbagai agenda seperti janji kontrol ke dokter maupun berbagai hal lainnya yang berbau medis. Bahkan, Zenbo dirancang mampu mengirimkan pesan darurat ke anggota keluarga lainnya ketika sang pengguna mengalami cedera. Aww, manis dan hebat dalam satu balutan robot unik! Seberapa pintar sih robot besutan ASUS ini? kamu dapat memastikannya sendiri lewat video di bawah ini.

Meski ditujukan untuk para pengguna dewasa, Zenbo juga mampu melakukan aktivitas yang berkaitan dengan anak-anak. Robot ini bisa menghibur anak-anak dengan menari dan memainkan alunan musik bahkan membacakan cerita yang berasal dari perpustakaan digital yang ada dalam perangkat lunaknya. Cukup mudah untuk mengganti sebagian peran orang tua yang tidak mampu sepenuhnya mengasuh anak dan membebankan sebagian tanggung jawab yang terbilang mudah itu pada Zenbo.

Zenbo, Robot Asisten Besutan ASUS yang Bisa Diajak Bicara
Zenbo menemani anak membaca

Berminat memiliki asisten robot pintar satu ini? Untuk mendapatkannya hanya dibutuhkan biaya sebesar 599 Dolar Amerika atau setara dengan Rp8,1 juta. Mahal? Relatif. Jika dipertimbangkan fungsinya yang sangat canggih dan dilengkapi dengan berbagai fitur yang bisa membantu pengguna dalam melakukan pekerjaan hingga melakukan aktivitas entertainment, rasanya nominal itu tak akan terlalu besar karena honor asisten konvensional pun juga meningkat dari tahun ke tahun.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here