Duo Smartphone Sony Xperia Berkamera 23 MP

3
110
views

Tampaknya persaingan dunia smartphone saat ini semakin berfokus pada dunia fotografi. Terlihat pada pergerakan para vendor dalam memproduksi produk-produk baru mereka yang semakin memprioritaskan kinerja kamera smartphone. Seperti OPPO yang hadir dengan slogan “OPPO the camera Phone” atau ASUS Zenfone 3 yang mengusung tema “Build for Photography” kini SONY hadir dengan menyematkan kamera beresolusi tinggi sebesar 23 MP pada smartphone mereka. Memanfaatkan ajang IFA 2016, SONY memperkenalkan Duo smartphone baru mereka yang merupakan penerus dari generasi Xperia X, yaitu Xperia XZ dan Xperia X Compact.

Sebelum kita menggali lebih jauh perbedan dari kedua smartphone ini, mari kita tinjau terlebih dahulu persamaan yang mereka miliki. Duo Xperia ini muncul dengan sama-sama dibekali internal storage sebesar 32 GB. Sama-sama didukung dengan kinerja 3 GB RAM, sama-sama difasilitasi dengan teknologi Fingerprint Scanner dan USB Type-C dan sama-sama telah menggunakan android Marshmallow sebagai sistem operasi.

Sekarang kita telah mengetahui kesamaaan apa yang mereka miliki, ini waktunya untuk membahas perbedaan di antara keduanya.

#1. Display

Sony Xperia XZ hadir dengan layar berukuran 5.2 inci dengan Full HD Resolution yaitu sebesar 1920 x 1080 pixels dengan kerapatan ~423 ppi. Sedangkan Xperia X Compact muncul dengan layar yang lebih kecil yaitu hanya berkisar 4.6 inci dengan HD resolution yaitu sebesar 1280 x 720 dengan kerapatan 319 ppi. Meskipun tampilan yang dihasilkan dari X Compact sudah tergolong bagus namun tentu saja yang dimiliki oleh XZ lebih unggul.

Dengan perbedaan keadaan layar tentu saja membuat perbedaan dimensi yang jelas. Dimensi Xperia X Compact  mencapai 129 x 65 mm dengan bobot 135 gram sedangkan  Xperia XZ yang memiliki ukuran 146 x 72 mm dengan bobot 161 gram. Smartphone Sony Xperia Berkamera 23 MP | Xperia XZ Xperia X Compact

#2. Dapur Pacu

Sangat patut untuk kamu apresiasi, Xperia XZ muncul dengan prosesor termutakhir dan terbaik dari seri Snapdragon 820. Processor ini merupakan sebuah processor quad-core dengan kecepatan maksimal hingga 2 x 2.15 GHz dengan kecepatan standard 2 x 1.6 GHz. Atau dengan kata lain XZ memiliki kecepatan 2 kali lebih cepat dibandingkan dengan smartphone dengan prosesor quad-core pada umumnya. Ditambah dengan dukungan GPU Adreno 530 kamu tidak akan lagi menuai keluhan saat menjalankan berbagi aplikasi.

Berada di bawah XZ, Xperia X compact hanya dibekali dengan prosesor Hexa-core Snapdragon 650. Kinerja processor 6 inti tersebut didampingi oleh GPU Adreno 510. Namun tentu saja keberadaan perangkat tersebut sudah lebih dari cukup untuk menemani aktifitas bersama smartphone mu.

#3.  Kamera

Duo Xperia ini dibekali dengan kamera beresolusi sama yaitu 23 MP. kedua kamera dibekali dengan fitur Dual LED Flash, dan Hybrid Autofocus dengan kecepatan focus 0.03 detik saja. Namun ada fitur yang dimiliki oleh Xperia XZ namun tidak dimiliki oleh Xperia X Compact, seperti  Xperia XZ dinobatkan sebagai  kamera smartphone pertama yang memiliki teknologi 5-Axis stabilization untuk mengurangi blur saat mengambil foto yang diakibatkan oleh pergerakan, namun teknologi ini sayang sekali tidak dimiliki oleh Xperia Compact.

Xperia XZ juga bisa menghasilkan rekaman video berkualitas 4K yang juga tidak dimiliki oleh X compact. Dan jika Xperia XZ memiliki kamera 13MP untuk kamera depan maka X compact hanya memiliki 5 MP kamera depan. Perbedaan yang sangat significant bukan?

#4.  Ketahanan Batrai

Dengan semua fakta diatas, bukan hal yang mengejutkan lagi jika bateri yang di bundle kedalam Xperia X compact juga lebih kecil dibandingkan dengan Xperia XZ. Jika Xperia XZ dibekali dengan baterai Li-Ion 2900 mAh dengan ketahanan waktu stand-by mencapai 600 jam maka Xperia X Compact hanya memiliki waktu stand-by 270 jam  yang berasal dari Li-Ion 2700 mAh.

#5. Fitur Pelengkap

Sekarang kamu bisa bernafas lega karena untuk fitur pelengkap Duo Xperia ini dibekali dengan kebolehan yang sama. Keduanya mendukung jaringan 2G GSM hingga 4G LTE dengan kecepatan akses internet 5.76 Mbps hingga 50 Mbps yang tentu saja akan membuat kamu penggila browsing dan streaming kegirangan. Duo Xperia ini tentu saja juga dilengkapi dengan hal standard seperti, Wi-Fi, Hotspot, Bluetooth, GPS navigasi dan lain sebagainya.

Untuk hal audio, kamu patut berbangga diri jika memiliki salah satu dari Duo Xperia ini, karena Duo ini disematkan teknologi Clearaudio+ dan S-force 3D Surround yang akan memberikan kamu kenikmatan tersendiri saat mendengarkan musik. Smartphone Sony Xperia Berkamera 23 MP | Xperia XZ Xperia X Compact

Satu hal yang harus kamu ingat, meskipun vendor SONY gemar memproduksi smartphone tahan air, tapi kamu jangan coba-coba untuk meredam X Compact, karena dari Duo Xperia ini hanya Xperia XZ yang dibekali dengan kemampuan tersebut. Kamu bisa membawa Xperia XZ dengan kedalaman hingga 1.5 meter selama 30 menit.

#6. Harga

Poin ini merupakan salah satu poin yang sangat retan untuk dibicarakan. namun sayangnya pihak SONY belum secara gamblang menyebutkan berapa harga yang ditawarkan untuk membawa pulang satu unit Xperia X Compact maupun Xperia XZ. Namun demikian, jika menelusuri dari perbedaan spesifikasi yang dimiliki oleh masing-masing perangkat, tidak diragukan lagi, jelas harga Xperia XZ akan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Xperia X Compact.

Bagi kamu yang ingin memiliki Duo Xperia ini terutama Xperia XZ, kamu harus sedikit lebih bersabar menunggu keberadaannya. Sedikit bocoran informasi, di Jepang X Compact telah dikomersilkan sejak tanggal 5 september lalu dan untuk Xperia XZ rencananya akan diedarkan per tanggal 3 Oktober ini.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here