OPPO F1 vs ASUS Zenfone 3 Laser, Tentukan Sendiri Mana yang Lebih Baik

0
410
views

Sedang mencari smartphone kelas menengah yang memiliki kamera mumpuni? Jangan terlalu buru-buru dalam menentukan pilihan. Semua orang juga kenal dengan vendor OPPO yang selalu memulai kampanye nya dengan slogan “OPPO the camera phone”. Lantas, dengan kampanye tersebut kamu mau langsung menetapkan pilihan begitu saja? Apa kamu tidak tahu bahwa baru-baru ini ASUS muncul dengan Zenfone 3 Laser mereka yang mengusung misi “Build for Photography”.

Berada pada kelas yang sama dan dibandrol dengan harga yang hampir sama manakah yang lebih baik antara OPPO F1 atau Zenfone 3 Laser ZC551KL? Mari kita simak satu persatu spesifikasi dan keunggulan masing-masing dari smartphone ini.

Kamera

Sesuai dengan tema yang mereka usung, hal pertama yang akan kita kupas yaitu perangkat kamera dari kedua smartphone ini. Tidak banyak perbedaan yang dapat kita bandingkan dalam hal penyematan kamera, karena kedua smartphone baik OPPO F1 ataupun ASUS Zenfone 3 laser sama-sama memiliki kamera utama ukuran 13 MP dan kamera depan 8 MP. Khusus untuk series F1, OPPO terang-terangan mengusung tema “Selfie Expert” sehingga mereka membekali series ini dengan Lensa Aperture f/2.0 yang akan membuat cahaya yang masuk lebih banyak dan akan menghasil selfie yang tajam walaupun dalam kondisi cahaya yang kurang ideal.

Diikuti  software tambahan yang memiliki fitur beautification  yang membuat smartphone ini benar-benar expert untuk selfie. Namun hal yang sama juga dimiliki oleh ASUS Zenfone 3 Laser dengan auto fokusnya hingga 0.03 detik. Berbeda dengan kamera depan OPPO yang hanya bisa menghasilkan rekaman video berkualitas HD kedua kamera Zenfone 3 Laser mampu memberikan hasil rekaman berkualitas FullHD, ditambah dengan software PixelMaster 3.0 miliknya membuat smartphone ini benar-benar langsung menjadi pesaing kelas berat OPPO F1.

Dapur Pacu

Jika kedua smartphone sama baiknya dalam penyematan kamera, bagaimana dengan spesifikasi lainnya?. OK kali ini kita mulai dengan ASUS yang memiliki processor Quad-core Snapdragon 430  dengan bantuan RAM 4 GB dan storage 32 GB. Notabene akan membuat smartphone ini bisa bekerja dengan mulus meskipun dalam memainkan aplikasi-aplikasi terberat sekalipun. Ditambah lagi dengan keberadaan OS android Marshmallow yang akan memanjakan kamu dalam berbagai fitur baru, tentu akan membuatmu lebih menikmati hari-harimu bersama smartphone mu.

Ketersediaan spesifikasi yang seperti ini membuat ASUS lebih unggul dibandingkan dengan OPPO F1 yang disematkan processor Octa-core Snapdragon 616.  Meskipun secara angka terkesan bahwa OPPO F1 memiliki prosesor yang lebih baik dari ASUS namun perlu kamu ketahui untuk saat ini kemampuan octa-core tidak terlalu dibutuhkan karena hampir seluruh aplikasi yang beredar saat ini masih lebih bagus dijalankan pada processor quad-core.

OPPO F1 vs ASUS Zenfone 3 Laser
Dapur pacu pada OPPO F1

Selain itu kamu juga harus paham, untuk menghasilkan kinerja yang bagus tidak hanya dilihat dari processor saja tapi juga diperlukan kombinasi dari perangkat lain. Mengingat OPPO F1 hanya menyematkan RAM sebesar 3 GB dengan kapasitas internal storage sebesar 16 GB dan masih bertahan dengan OS android Lollipop  kamu pasti setuju bahwa dalam hal ini ASUS menjanjikan performa yang lebih baik.

Layar

Masih belum bisa menentukan pilihan? Baik, mari kita kupas sedikit lebih banyak lagi. Kali ini kita mulai lagi dengan OPPO F1, meskipun kedua smartphone ini telah menggunakan bahan All Metal namun OPPO F1 memiliki berat yang lebih ringan 16 gram jika dibandingkan dengan Zenfone 3 Laser yang memiliki bobot 150 gram. Sedikit lebih unggul lagi, meskipun sama-sama memiliki layar kaca anti baret buatan corning, namun OPPO menyematkan Gorilla Glass 4 yang sedikit diatas Zenfone 3 Laser yang masih menggunakan Gorilla Glass 3.

Soal ukuran, OPPO F1 hadir dengan layar selebar 5.0 inci sedangkan ASUS Zenfone 3 Laser memiliki layar selebar 5.5 inci. Untuk hal ini kamu tidak bisa mendengarkan pendapat siapapun, karena untuk soal lebar layar itu menyangkut pada fashion mu sendiri bukan? Satu-satunya hal yang harus kamu perhatikan soal pemilihan layar yaitu resolusi yang mereka tawarkan.

Untuk hal ini lagi-lagi ASUS mengungguli OPPO dengan Resolusi 1080 x 1920 pixels dengan kerapatan ~401 ppi. Dengan resolusi ini tentu saja ASUS Zenfone 3 mampu menghasilkan gambar yang lebih baik, lebih jelas dan lebih tajam jika dibandingkan dengan OPPO F1 yang hanya menawarkan resolusi layar sebesar 720 x 1280 pixel dengan kerapatan ~294 ppi.

Fitur Fingerprint

Disaat semua vendor smartphone akhir-akhir ini telah berlomba-lomba memfasilitasi produk mereka dengan fitur fingerprint termasuk ASUS Zenfone 3 Laser, namun kelihatannya OPPO F1 masih mengabaikan pentingnya keberadaan teknologi tersebut. Ntah apa alasannya, padahal jika mengacu pada tema OPPO F1 yaitu “Selfie Expert” seharusnya keberadaan teknologi fingerprint akan memberikan manfaat lebih untuk tema tersebut, karena  selain memudahkan kamu dalam membuka kunci layar, teknologi ini juga bisa digunakan sebagai tombol shutter kedua dalam mengambil foto.

OPPO F1 vs ASUS Zenfone 3 Laser
Fitur fingerprint pada ASUS Zenfone Laser

Baterai

Masih belum cukup mengungguli, ASUS Zenfone 3 Laser dibekali dengan baterai Li-Po 3000 mAh yang membuatnya lebih tahan lama dibandingkan dengan yang dimiliki oleh OPPO F1 yang hanya dibekali dengan baterai Li-Po 2500 mAh. Punya smartphone dengan kinerja bagus, tentu akan lebih terasa bermanfaat jika bisa hidup dalam waktu yang lebih lama bukan?

Menilik pada berbagai perbandingan tersebut jelas ASUS Zenfone 3 Laser memiliki lebih banyak keunggulan jika dibandingkan dengan OPPO F1. Sama-sama menawarkan harga yang berkisar antara 3 Jutaan. Kamu sekarang pasti telah memiliki satu pilihan yang tepat mengenai smartphone mana yang lebih layak untuk dipersunting!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here