Ingin Membeli Smartphone Baru? Berikut Tips Memilih Smartphone yang Berkualitas

0

Dewasa ini keberadaan HP Pintar atau smartphone tidak lagi hanya dianggap sebagai barang pelengkap saja, muncul dengan berbagai teknologi yang semakin canggih membuat benda yang tadinya hanya sebatas pelengkap menjelma menjadi salah satu kebutuhan yang tak bisa dihindari. Memanfaatkan keadaan tersebut, berbagai produsen handphone pun mulai gencar memproduksi produk-produk smartphone berkualitas. Hari demi hari berbagai merek smartphone terus bermunculan bak makanan ringan. Berbagai model dan spesifikasi terus berdatangan untuk menarik hati para konsumen. Berbagai media dimanfaatkan, televisi, majalah, internet dipenuhi oleh iklan-iklan vendor smartphone yang ingin menonjolkan kemampuan produk mereka.

Awalnya hanya beberapa kalangan masyarakat saja yang bisa mengantongi smartphone namun saat ini bukan hal yang luar biasa lagi jika masyarakat kalangan menengah kebawah juga bisa memiliki teknologi canggih tersebut. Tak heran, dengan kehadiran smartphone yang seperti hujan itu, menimbulkan kebingungan bagi banyak orang dalam memilih smartphone yang tepat sesuai kebutuhan mereka. Jika kamu salah satu dari banyak orang tersebut maka ada baiknya kamu menyimak tips-tips dalam memilih smartphone berikut.

#1. Sadar isi dompet

Hal pertama yang harus kamu perhatikan dalam memilih smartphone adalah “Tentukan Kelas Mu”, ya benar, sebelum kamu melihat tabloid smartphone atau  mencari tahu lewat internet spesifikasi yang ditawarkan oleh berbagai merek smartphone, hal utama dan paling utama kamu lakukan adalah menentukan budget mu. Seberapa banyak angka yang bisa kamu relakan berpindah tangan untuk ditukarkan dengan sebuah smartphone, jangan sampai setelah melihat banyak dan memilih yang cocok di hati, kamu baru menyadari kalau label harga yang tertera jauh melebihi kesanggapanmu. Dan akhirnya membuatmu harus melihat-lihat kembali. Itu sangat tidak efisien bukan?

Jadi, setelah kamu paham betul berapa banyak yang bisa kamu keluarkan, kamu bisa menentukan dimana kelasmu, baik itu kelas menengah kebawah, menengah keatas atau kelas atas. Karena percaya atau tidak sedikit banyak, harga menentukan kelas smartphone mu. Meskipun terkadang ada iklan yang mengatakan “Harga Minimal Kualitas Maksimal” tapi percayalah kamu pasti setuju Smartphone yang bisa dibanderol dengan harga 2-3 jutaan takkan pernah memiliki spesifikasi yang sama dengan yang dimiliki oleh smartphone berharga 5-7 jutaan.

#2. Pastikan Kebutuhan

Setelah kamu menentukan berapa budget mu, langkah terbaik berikutnya yaitu pastikan apa kebutuhan utamamu dalam membeli smartphone. Point ini sangat menentukan pilihan kamu, bayangkan saja apa yang terjadi jika kamu salah membeli smartphone yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Misal, kamu ingin membeli smartphone dan pihak penjual mempromosikan produknya bahwa smartphone tersebut telah berteknologi jaringan 4G LTE dilengkapi dengan prosesor yang sangat hebat, dan kamu pun tergiur, tanpa fikir panjang langsung membeli smartphone tersebut. Sesampainya dirumah kamu langsung ingin menggunakan smartphone untuk mengambil foto selfie namun ternyata smartphone tersebut tidak dilengkapi dengan kamera depan yang bagus. Hal itu mengecewakan bukan? Terlebih lagi saat kamu baru menyadari bahwa ternyata jaringan 4G LTE tidak tersedia di desamu. Tips Memilih Smartphone Android Berkualitas

Nah, jadi pastikan terlebih dahulu hal apa yang sangat kamu butuhkan dengan smartphone mu. Jika kamu memiliki hobi fotografi maka carilah smartphone yang menunjukkan kualitas bagus di sisi kameranya layaknya ASUS Zenfone 3. Atau jika kamu ingin menghabiskan waktu dengan smartphone hanya untuk bermain game maka pilihlah smartphone yang memiliki kualitas yang baik pada sisi dapur pacu. Atau jika ingin mencari smartphone yang bisa menyala dalam waktu yang lama maka carilah smartphone yang memiliki kualitas bagus pada sisi baterainya. Atau jika alasanmu membeli smartphone adalah untuk bisa mendapatkan akses internet super cepat maka carilah smartphone yang bagus dalam menyediakan konektivitas dan lain sebagainya.

#3. Mengenal Kualitas Spesifikasi

Hal berikutnya yang harus kamu ketahui dalam memilih smartphone yaitu pengetahuan akan kualitas spesifikasi yang ditawarkan. Misalnya, kamu harus tahu jika kamera beresolusi 8 MP itu lebih baik dari kamera beresolusi 5 MP. Meskipun hal tersebut terkadang juga bisa menipu konsumen, karena terkadang ada kamera beresolusi 5 MP memiliki kualitas yang lebih baik dari kamera beresolusi 8 MP, hal ini terjadi karena jenis sensor yang diletakkan pada kamera tersebut. Mungkin saja kamera 5 MP tersebut disematkan sensor buatan produsen terkenal dengan kualitas terbaik tapi kamera 8 MP ternyata hanya menyematkan sensor biasa atau kualitas yang buruk misalnya. 

Jika kamu memilih prosesor yang baik jangan terburu-buru hanya dengan melihat hitungan core nya. Seperti yang kamu ketahui saat ini ada beberapa jenis prosesor yang dipasang pada smartphone seperti dual-core (dua) , quad-core (empat), hexa-core (enam), octa-core (delapan). Jika prosesor yang digunakan berjenis quad-core artinya ada empat inti prosesor yang disematkan di dalam smartphone tersebut, tentu saja hal itu lebih baik dari pada processor dual-core. Tapi meskipun demikian kamu juga harus sedikit lebih hati-hati karena ada beberapa kejadian meskipun telah menggunakan prosesor octa-core ternyata kinerja smartphone tersebut tidak lebih baik dari smartphone yang memiliki processor quad-core. Kenapa hal ini terjadi, karena selain kualitas dari masing-masing produk, sebagian besar aplikasi yang beredar saat ini masih bisa berjalan secara maksimal pada processor quad-core jadi keberadaan octa-core untuk saat ini belum terlalu mendatangkan perbedaan terhadap kinerja smartphoneTips Memilih Smartphone Android Berkualitas

Meskipun kamu telah memperhitungkan keberadaan processor kamu jangan sampai melupakan perhitungan akan keberadaan RAM. Karena RAM juga sama pentingnya dengan prosesor untuk menentukan tingkat kinerja smartphone dalam menjalankan aplikasi yang ada. Jika kamu ingin mempunyai smartphone berkinerja bagus pilihlah smartphone yang dibekali dengan kapasitas RAM yang lebih besar.

Dan masih banyak lagi yang harus kamu ketahui, seperti berapa resolusi yang dimiliki oleh layar, berapa lama masa daya pakai baterai, fitur-fitur tambahan apa saja yang diberikan, atau jenis Sistem Operasi apa yang disematkan pada smartphone tersebut. untuk sedikit menambah informasimu, saat ini untuk smartphone Android telah mengeluarkan OS Marshmallow sebagai OS terbaru mereka dan untuk keluaran Apple mereka memiliki iOS 10 sebagai OS terbaru.

#4. Review dan Bandingkan

Ketika kamu ingin memilih smartphone terbaik buatmu, pastikan kamu melakukan review dan perbandingan terhadap produk-produk smartphone pada kelas yang sama. Jangan terburu-buru memilih satu merek smartphone tanpa membandingkannya terlebih dahulu dengan smartphone dengan merek yang berbeda. Teliti dan berhati-hati adalah kunci utama dalam memilih smartphone.

Yang perlu kamu ketahui juga, jika smartphone berada pada kelas yang sama jangan jadikan harga yang lebih tinggi sebagai faktor penentu dalam memilih. Bisa saja smartphone dengan harga sedikit lebih rendah memiliki spesifikasi yang lebih baik dibandingkan dengan harga yang lebih tinggi. Apapun pilihanmu lakukanlah setelah membandingkan keseluruhan spesifikasi yang dimiliki oleh smartphone tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Itulah empat tips yang bisa kamu jadikan pedoman dalam memilih smartphone semoga tips ini bisa membantumu dan menghindari kamu dari anggapan bahwa smartphone miliki orang lain lebih baik dari pada smartphone milikmu, karena kita membeli smartphone berdasarkan kebutuhan masing-masing bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here