Tips Mengatasi Masalah Smartphone yang Tidak Dapat di Charge

0
216
views

Ketika Kamu telah menggunakan sebuah HP atau smartphone dalam waktu lama maka secara perlahan kamu akan mulai menemukan kerusakan-kerusakan yang dapat mengganggu kinerja smartphone tersebut. Kerusakan tersebut muncul dari berbagai macam sumber hardware ataupun software.

Masalah pada baterai HP adalah salah satu kerusakan yang paling sering dan banyak di temukan. Kerusakan pada baterai itu pun ada beragam. Yang paling umum dan sangat merugikan yaitu ketika baterai tidak bisa mengisi daya saat di charge atau di cas, atau baterai tidak bisa di cas dalam keadaan mati. Kenapa sangat merugikan? Ya karena apa lagi gunanya sebuah smartphone ketika ia tidak memiliki daya? 

Jika masalah tersebut sedang melanda smartphone kamu berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki HP kamu yang bermasalah dengan baterai tanpa harus membawanya ke tempat servis.

1. Matikan Ponsel

Langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk mencoba memperbaiki masalah kegagalan dalam pengisian daya adalah dengan mematikan ponsel kamu. Karena ponsel khususnya smartphone yang terus menyala tanpa pernah dimatikan akan mempengaruhi kinerja baterai.

Oleh karena itu cobalah untuk mematikan smartphone untuk beberapa saat dan kemudian hidupkan kembali dan coba lagi untuk melakukan pengisian daya. Sebagian besar hal ini akan berhasil mengatasi masalah kamu.

2. Periksa Baterai Ponsel

Jika mematikan ponsel tidak membantu mu maka langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah memeriksa keadaan baterai. Apakah baterai masih dalam keadaan layak pakai atau telah berada dalam kondisi layak dibuang. Cara mendeteksi kerusakan baterai cukup mudah, yaitu dengan memperhatikan bentuk permukaan baterai jika baterai tidak lagi rata atau telah menggembung itu berarti telah jadi kerusakan pada baterai tersebut jika demikian ini lah penyebab mengapa baterai tersebut tidak lagi bisa mengisi daya saat di cas. Untuk masalah hal ini satu-satu nya cara yang bisa kamu  lakukan untuk memperbaikinya hanya lah dengan mengganti baterai dengan yang baru.

Mengatasi Masalah HP Tidak Bisa di Charge

3. Periksa perangkat Charger

Penyebab lain yang bisa menimbulkan masalah baterai tidak bisa melakukan pengisian daya terletak pada perangkat pengisi daya itu sendiri. Untuk mengetahui hal ini kamu bisa melakukan uci coba dengan menggunakan perangkat pengisi daya pada ponsel lain. Jika pada ponsel lain tersebut juga tidak bisa melakukan pengisian daya maka bisa dipastikan masalahnya memang terletak pada perangkat pengisi daya tersebut.

Untuk smartphone biasanya perangkat pengisi daya terdiri dari 2 bagian yaitu Power adaptor dan kabel USB. Kamu bisa melakukan check satu-persatu pada ke dua perangkat ini. namun sayangnya lagi-lagi masalah ini hanya bisa diperbaiki dengan mengganti perangkat yang rusak tersebut, entah itu kabel USB atau power adaptor atau mungkin keduanya. Satu hal yang harus kamu perhatikan beli dan gunakanlah perangkat pengisi daya yang asli dan sesuai untuk ponsel kamu. Karena ketidak cocok kan perangkat pengisi daya juga bisa menimbulkan masalah nantinya.

4. Periksa Port USB

Untuk smartphone ketika masalah pengisian daya ini terjadi dan kamu telah melakukan pemeriksaan pada baterai dan perangkat pengisi daya seperti yang di sebutkan pada poin sebelumnya dan tidak ditemukan masalah maka hal berikutnya yang bisa kamu lakukan yaitu periksa port USB.

Dalam hal ini kamu bisa mencoba melakukan perbaikan sendiri dengan cara mengeluarkan baterai dari smartphone. Kemudian gunakan benda kecil dan tumpul seperti tusuk gigi / lidi untuk mendorong perlahan Port USB ke dalam agar kembali pada posisi semula. Karena mungkin saja port USB tergeser saat kamu terlalu sering bongkar pasang perangkat charger.

Mengatasi Masalah HP Tidak Bisa di Charge

Selain itu, kadang kala debu atau kotoran pada port USB juga bisa menjadi sumber masalah. karenanya coba bersihkan port USB perlahan dengan kain lembut agar bersih dari debu dan kotoran.

5. Periksa Sumber Daya

Kekurangan sumber daya juga bisa menjadi salah satu penyebab kegagalan dalam pengisian daya baterai. Kekurangan sumber atau asupan daya ini bisa terjadi karena dua hal. Pertama karena perangkat charger yang tidak competible atau sesuai dan yang kedua berasal dari sumber daya itu sendiri.

Untuk masalah pertama bisa diatasi dengan menggunakan perangkat yang sesuai dan untuk sumber masalah yang kedua usahakan untuk mengisi daya baterai langsung pada sumber listrik atau bukan dengan menghubungkannya pada perangkat Komputer PC atau Laptop. Karena daya yang diberikan oleh PC atau Laptop lebih kecil dan tidak seimbang jika di bandingkan dengan sumber atau jala-jala listrik.

Selain itu usahakan untuk menghubungkan perangkat pengisi daya langsung pada sumber listrik tanpa menggunakan cok sambung atau perangkat penghubung lainnya.  

6. Periksa System atau Software Android

Kegagalan dalam pengisian daya juga bisa di karena kan ketidak cocok kan versi Sistem Operasi atau software pendukung lainnya dengan versi perangkat smartphone kamu. Jika masalah ini baru muncul setelah kamu melakukan upgrade system atau aplikasi smartphone maka kemungkinan besar inilah yang jadi masalah utamanya. Dalam hal ini untuk mengatasinya kamu cukup mengembalikan atau menggunakan kembali sistem atau aplikasi ke versi semula sebelum di upgrade.

Mengatasi Masalah HP Tidak Bisa di Charge

Namun adakalanya masalah yang muncul malah sebaliknya. Di mana perangkat membutuhkan versi Sistem Operasi atau aplikasi yang lebih update. Jika smartphone kamu memang belum pernah di upgrade maka kemungkinan besar hal itu memang perlu dilakukan untuk mendapatkan kinerja yang lebih optimal dan mengatasi masalah pengisian daya.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah pengisian daya. Cara-cara tersebut bisa kamu lakukan sendiri tanpa harus membawa ponsel kesayanganmu ke tempat servis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here