Tips Belanja Online Barang Elektronik Agar Terhindar Dari Penipuan

0
82
views

Tak dapat dipungkiri lagi, saat ini dunia Internet telah menjalar kedalam setiap aktivitas masyarakat, Internet bisa diterima dengan cepat karena kehadiran nya memberikan berbagai macam kemudahan bagi para pecintanya. Sekarang apapun yang ingin dilakukan, jika itu memungkinkan orang-orang pasti lebih memilih menggunakan Internet, seperti contoh berkirim surat misalnya. Jika dulu kita harus menunggu berhari-hari agar surat kita bisa sampai pada alamat yang dituju, maka saat ini hanya menggunakan e-mail, dalam waktu sesaat surat kita telah sampai pada alamat yang kita inginkan. Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh Internet tersebut terus berkembang tiada hentinya, sampai-sampai saat ini orang-orang bisa menggunakan Internet untuk berbelanja keperluan sehari-sehari, dengan memanfaatkan fasilitas e-shop.

Berbelanja lewat Internet atau yang lebih akrab disebut dengan belanja secara online memang menawarkan banyak manfaat. Karena hanya memanfaatkan internet si pembeli dan si penjual tidak perlu lagi keluar rumah, mengunjungi pasar, store, dan lain sebagainya, hal tersebut tentu akan menguntungkan dari sisi waktu dan tenaga. Ditambah lagi, tidak jarang toko-toko yang beredar di Internet atau online-shop menawarkan harga yang lebih murah jika dibandingkan di toko offline atau bahkan sering memberikan diskon harga yang tak tanggung-tanggung. Hal ini lah yang membuat orang lebih memilih untuk berbelanja online.

Tapi, Ya,, apapun yang terjadi di dunia ini selalu ada sisi positif dan negatifnya, yang namanya berbelanja secara online tentu kita tidak bisa bertemu secara langsung dengan si penjual, tidak hanya

mengkhawatirkan tentang penipuan kita juga terkadang tidak bisa secara langsung menentukan kualitas barang yang kita beli. Hal itu mungkin hal yang biasa ketika kita belanja barang-barang kebutuhan biasa, seperti pakaian, buku, dan lain sebagainya karena ketika terjadi kesalahan kerugian yang kita terima tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan berbelanja barang elektronik yang notabene lebih mahal dan lebih rentan mengalami kerusakan. Oleh karena itu bagi kamu yang ingin belanja barang elektronik online lakukanlah dengan ekstra lebih hati-hati dan simaklah beberapa tips berikut.

1. Berhati-hati dengan Toko Online

Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat belanja barang elektronik online yaitu perhatikan toko online yang akan kamu pilih sebagai tempat berbelanja. Untuk menghindari segala macam yang tidak diinginkan ada baiknya kamu melakukan berbagai survei terhadap toko online tersebut. Apakah Toko Online tersebut benar-benar ada atau hanya toko fiktif semata yang sengaja ingin menipu para calon pembeli. Hal ini bisa diperhatikan dari domain toko online tersebut, atau dari alamat yang tertera di toko online dan lain sebagainya dan terlebih lagi, jangan pernah percaya dengan toko online yang sengaja memperlihatkan surat izin usaha mereka pada website nya. Karena sejatinya untuk membuka sebuah toko online tidak diperlukan surat izin dan sejenisnya.

Tips Belanja Online Barang Elektronik Agar Terhindar Dari Penipuan

Selain itu dalam memilih toko online, pilihlah toko yang bersedia memberikan garansi, baik itu garansi perbaikan atas kerusakan karena pemakaian, ataupun garansi pergantian barang, jika barang yang baru dikirim kita terima dalam keadaan rusak. Tapi yang lebih baik, pilihlah toko online yang telah terpercaya dan berani memasang iklan toko mereka di berbagai media.

2. Berhati-hati dengan Barang

Sebelum membeli barang elektronik yang diinginkan, harap terlebih dahulu memastikan dengan teliti setiap spesifikasi yang tertera pada penjelasan mengenai barang elektronik tersebut, ntah itu warnanya, ukurannya, fitur-fiturnya dan sebagainya. Jangan hanya sekadar percaya pada gambar yang diperlihatkan tapi lupa memperhatikan dengan lengkap detail barang tersebut. Jika perlu, ketika menemukan sesuatu yang kurang jelas pada keterangan spesifikasi, tidak ada salahnya jika kamu memberanikan diri untuk menghubungi langsung pihak pemilik toko online.

Baca Juga: Tips Mengisi Ulang Daya Baterai Smartphone dengan Cepat

Dan hal yang selalu harus kamu ingat-ingat, jangan pernah hanya melihat di satu toko online saja, lihatlah beberapa toko online dan kemudian bandingkan barang elektronik yang mereka tawarkan satu sama lain. Sehingga kamu akan lebih merasa puas dengan apa yang telah kamu beli.

3. Berhati-hati dengan Pembayaran

Setelah pasti ingin membeli suatu barang, sekarang waktunya untuk mencermati metode pemesanan dan pembayaran. Pastikan toko elektronik online yang kamu kunjungi menjamin keamanan sistem pemesanan dan pembayaran hingga tahap akhir. Jika memungkinkan pilih toko elektronik online yang bersedia untuk menerima bayaran setelah barang sampai pada pembeli.

Jika disaat memesan barang yang dibeli kamu diberikan beberapa ketentuan untuk pembayaran, seperti harus memasukkan nominal angka pembayaran sama persis hingga tiga angka kebelakang, maka pastikan kamu melakukan hal tersebut agar tidak terjadi kesalahan dalam pemesanan dan pembayaran.

Tips Belanja Online Barang Elektronik Agar Terhindar Dari Penipuan

4. Berhati-hati dengan pengiriman

Tidak ada salahnya juga,  kamu memperhatikan cara pengiriman barang yang ditawarkan oleh toko online seperti, perusahaan ekspedisi apa yang mereka gunakan, berapa hari lama waktu pengiriman. Jika kamu merasa takut akan kerusakan pada barang elektronik yang telah kamu beli mintalah pihak toko online untuk menggunakan packing kayu dalam pengirimannya. Mengeluarkan sedikit tambahan biaya lagi itu lebih baik bukan daripada kamu menerima barangmu dalam keadaan yang tidak semestinya.

Baca Juga: Cara Resize Banyak Foto Sekaligus Menggunakan Photoshop

Dengan memperhatikan cara-cara tersebut dalam belanja barang elektronik online, diharapkan bisa mengurangi perasaan khawatir dan was-was kamu dalam berbelanja. Sehingga belanja online terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here