Manfaat dan Jenis Jaringan Komputer yang Perlu Kamu Ketahui

0

Untuk sebagian orang kata jaringan komputer tidak lagi terdengar asing terutama bagi mereka para pekerja kantoran yang dilengkapi dengan keberadaan komputer sebagai penunjang kinerja mereka. Bagi kamu yang masih asing dengan kata jaringan komputer, jaringan komputer itu sendiri sebenarnya di definisikan sebagai sebuah jaringan yang menghubungkan satu perangkat komputer ke beberapa  perangkat lain untuk berbagi informasi atau data.

Tujuan dibangunnya jaringan komputer ini adalah agar data yang ingin disampaikan oleh pengirim bisa di terima dengan cepat dan mudah oleh si penerima. Dengan keberadaan tujuan utama yang seperti itu muncullah beberapa manfaat lain yang menyertai tujuan utama dari jaringan komputer tersebut. Manfaat itupun dikelompokkan menjadi tiga manfaat utama.

Resource Sharing. Dengan menggunakan jaringan komputer kamu bisa berbagi sumber daya, data, program ataupun peralatan secara bersama-sama dengan setiap orang yang berada pada jaringan yang sama.

Saving Money. Karena setiap sumber daya atau peralatan bisa dipakai secara bersama-sama maka akan menghemat pengeluaran dalam pengadaan sumber daya tersebut. Contoh yang bisa Kamu lihat seperti penggunaan printer. Cukup akan menghabiskan banyak uang jika masing-masing unit komputer di sebuah perusahaan dilengkapi dengan printer. Dengan memanfaatkan jaringan komputer maka satu printer bisa digunakan secara bersama-sama.

High Reliability atau Reliabilitas Tinggi. Keberadaan jaringan komputer menawarkan tingkat keamanan data yang tinggi. Pengguna jaringan komputer bisa menyimpan data dalam lebih dari dua komputer sekaligus. Sehingga jika salah satu komputer tempat penyimpanan data itu rusak maka data tersebut masih bisa di akses pada komputer lainnya. Manfaat dan Jenis Jaringan Komputer

Communication Medium. Jaringan komputer memungkinkan pengguna untuk saling berkomunikasi dengan cepat meskipun berada di negara yang berbeda.

Meskipun tujuan dan prinsip utama dari sebuah jaringan komputer adalah sama yaitu untuk menghubungkan beberapa komputer namun dalam penerapannya jaringan komputer ini terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut jenis-jenis jaringan komputer yang umum digunakan saat ini.

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Luas Area Jangkauan

1. PAN (Personal Area Network)

Jenis jaringan yang satu ini menghubungkan dua atau lebih jaringan komputer dengan jarak yang sangat sangat singkat berkisar antara 2 hingga 6 meter saja. Jenis jaringan komputer bertipe PAN ini biasanya digunakan untuk keperluan personal saja seperti menguhubungkan komputer PC atau laptop dengan smartphone atau menghubungkan laptop dengan laptop.

2. LAN (Local Area Network)

Sesuai namanya jaringan komputer bertipe LAN ini bersifat “Lokal” di mana pengguna yang bisa terhubung dalam jaringan ber tipe LAN ini hanya mereka yang menjadi anggota dari jaringan tersebut. Jaringan tipe LAN ini biasanya sering kamu temukan di perkantoran, warnet, kampus atau sekolah.

Luas cakupan LAN ini bisa mencakup beberapa kilometer. Biasanya dalam penerapan LAN ini menggunakan media transmisi berupa kabel tunggal dengan kecepatan 10 hingga 1000 Mbps. Namun tidak sedikit juga yang membangun jaringan LAN tanpa menggunakan kabel sebagai media transmisi. 

Manfaat dan Jenis Jaringan Komputer
Ilustrasi LAN (Local Area Network)

3. MAN (Metropolitan Area Network)

Jenis jaringan ini memiliki cakupan yang jauh lebih luas dibanding LAN. MAN bisa menghubungkan jaringan komputer antar satu kota dengan kota lainnya. Untuk dapat membangun sebuah jaringan komputer berjenis MAN diperlukan operator tele komunikasi sebagai penghubung antar jaringan komputer.

Keberadaan MAN yang mencakup wilayah yang lebih luas dapat mempermudah dan mempercepat pertukaran data dan komunikasi. Namun tentu saja biaya yang diperlukan menjadi lebih besar serta rentan terhadap serangan para hacker atau cracker.

4. WAN (Wide Area Network)

Jika MAN bisa menghubungkan jaringan komputer antar kota maka WAN bisa menghubungkan jaringan komputer antar Negara di seluruh Dunia. Karena luasnya cakupan area yang dimiliki oleh jenis jaringan komputer MAN ini, maka MAN biasanya terdiri dari beberapa LAN dan WAN sekaligus.

Jaringan komputer MAN ini biasanya dibangun menggunakan kabel fiber optic yang dibenamkan ke dalam tanah ataupun melewati jalur bawah laut. dan tentu saja meskipun banyak manfaat yang diperoleh dari WAN ini tidak terlepas dari biaya operasional yang lebih banyak pula.

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Media Transmisi

1. Jaringan Berkabel (Wired Network)

Jaringan jenis ini menggunakan media transmisi berupa kabel (salah satu kabel yang biasa digunakan sebagai media transmisi adalah kabel berjenis UTP). Kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya untuk bertukar informasi / data, atau terhubung melalui Internet.

Kelebihan menggunakan jaringan berkabel ini diantaranya lebih murah, keamanan lebih terjaga, dan kecepatan atau performa yang lebih stabil. sedangkan kekurangannya terletak pada minimnya tingkat mobilitas, dan kurang fleksibel jika terjadi ekspansi.

2. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)

Berbeda dengan wired network, jaringan komputer jenis ini tidak menggunakan kabel sebagai media transmisi, malah bisa dikatakan bahwa jaringan ini tidak memiliki media transmisi untuk menghubungkan komputer yang satu dengan yang lainnya. Karena keberadaan media transmisi dari wireless network atau yang dikenal dengan sebutan ‘Wi-fi’ ini tidak kasat mata yaitu hanya dengan memanfaatkan gelombang elektromagnetik untuk mengirim sinyal informasi/data.

Kelebihan dari Wireless Network ini terletak pada tingginya tingkat fleksibilitas dan mobilitasnya karena bisa digunakan kapan saja dan di mana saja selama masih berada pada jangkauan hotspot tanpa terikat dengan keberadaan kabel yang mengganggu. Namun sayangnya jaringan nirkabel ini memiliki konektifitas yang tidak stabil dan tidak secepat jaringan berkabel.

Nah, itulah beberapa jaringan komputer yang dikelompokkan berdasarkan luas cakupan area dan media transmisinya. Dan dalam membangun jaringan-jaringan tersebut terdapat cara atau struktur yang dikenal dengan sebutan topologi jaringan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here