Perubahan Teknologi Ini Ternyata Memudahkan Pekerjaan Manusia

0
102
views

Sadarkah kamu jika hidup manusia semakin dimudahkan sejak adanya perubahan teknologi secara signifikan? Ya, aktivitas yang dahulu terasa sulit, kini dengan mudah bisa kita kerjakan, tanpa perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

Misalnya, jika dahulu kamu perlu menghabiskan banyak waktu untuk menemukan supir taksi di jalan raya, atau tukang ojek di pangkalan ujung kompleks rumah, kini kamu bisa menjangkaunya hanya dari genggaman tangan. Melalui perkembangan aplikasi di ponsel pintar, kini aktivitas tersebut bisa dengan mudah kamu lakukan.

Tak hanya itu, lewat perkembangan teknologi, kamu kini bisa merasakan mudahnya menyampaikan pesan kepada orang lain. Jika dahulu kamu perlu berkirim surat dan mengandalkan kantor pos, kini kamu hanya butuh paket internet untuk berkomunikasi dengan keluarga atau teman-temanmu.

Perubahan seperti ini memang tidak bisa dibendung. Zaman akan terus berubah dan kamu harus memilih untuk ikut terjun di dalamnya. Bedanya, jika kamu menggunakan teknologi dengan baik, maka kamu akan mendapatkan pengaruh yang baik pula. Namun, jika kamu menyalahgunakan teknologi, maka hidupmu justru akan semakin sulit.

Teknologi yang paling mudah kamu rasakan adalah teknologi yang ada di genggamanmu saat ini. Telepon seluler adalah salah satu perkembangan teknologi yang bisa dengan mudah kamu temui. Bentuk dan cara penggunaan benda ini mulai seragam. Meski demikian, fungsi utama telepon seluler tetaplah untuk berkomunikasi.

Perubahan Teknologi Ini Ternyata Memudahkan Pekerjaan Manusia

Tak hanya membutuhkan pulsa, kini telepon seluler juga memerlukan paket data internet guna mempermudah komunikasi. Teknologi ponsel kini juga memiliki beberapa fitur pelengkap yang terbukti bisa mempermudah pekerjaan manusia.

Apa saja fitur pelengkap tersebut? Simak ulasan di bawah ini:

1. Pesan singkat
Fenomena teknologi bertukar pesan singkat sudah ada sejak era 90-an. Masyarakat dunia kerap mengenalnya dengan sebutan SMS (Short Messaging Service). Jika dahulu fitur ini hanya dibatasi oleh jumlah karakter pesan, kini kamu bisa menggunakan fitur ini dengan 160 karakter huruf.

Fitur ini memudahkan pekerjaan kamu, loh. Tanpa perlu mengeluarkan banyak pulsa untuk melakukan panggilan telepon, kini kamu sudah bisa bertukar pesan lewat teknologi ini. 
Selain itu, tak hanya dengan fitur SMS, kamu kini juga bisa mengandalkan berbagai aplikasi pesan atau percakapan yang bisa kamu unduh di ponsel pintar. Layanan aplikasi seperti Whatsapp, LINE, Yahoo Messanger, Kakao Talk, We Chat, Skype adalah beberapa yang bisa kamu pilih. Hanya saja, pastikan kamu memiliki paket internet sebelum menggunakan aplikasi ini.


Kamu bisa menggunakan paket internet khusus yang diperuntukkan bagi percakapan dan pesan singkat. Jika bingung mau beli paket yang mana, kamu bisa cek jenisnya di aplikasi terbaru Traveloka, ya. Buat kamu pengguna modem Bolt, kamu dapat membuka halaman ini.

2. Jam Pintar
Jam pintar atau yang lebih dikenal dengan smartwatch merupakan salah satu perkembangan teknologi yang memudahkan manusia. Jam ini mulai dikenal sejak 2014 dan mendapatkan respon positif oleh masyarakat dunia. Apakah kamu salah satunya? 

Perubahan Teknologi Ini Ternyata Memudahkan Pekerjaan Manusia

Jam pintar mampu memudahkan kamu melakukan aktivitas komunikasi tanpa harus mengamati layar ponsel sepanjang waktu. Dengan terhubungnya jam pintar dengan ponselmu, maka kamu bisa mendapatkan informasi apapun di pergelangan tanganmu.

Baca Juga: Gelang Cicret, Sanggup Mengubah Kulit Manusia Menjadi Layar Smartphone

3. Penunjuk lokasi
Tanpa kamu sadari, kini setiap teknologi yang bisa kamu akses melalui telepon seluler akan menggunakan layanan berbasis lokasi. Layanan ini memudahkan kamu mengetahui lokasi orang lain di mana pun mereka berada. Layanan ini kerap digunakan Google dan Apple guna menunjang nama merek dagang mereka. Bahkan, kedua raksasa teknologi ini turut menginvestasikan dana dalam jumlah yang besar untuk menggunakan layanan ini.

Layanan penunjuk lokasi akan memakan paket internet dan membuat baterai di ponselmu cepat habis. Meski demikian, kamu bisa dengan mudah mengetahui lokasi suatu tempat hanya dengan sebar lokasi (share location) dari ponsel pintarmu.

Jika paket data internet ponselmu mendadak habis, padahal kamu perlu mendapatkan informasi lokasi secepatnya, kamu bisa segera melakukan pembelian secara online. Misalnya dengan menggunakan layanan Traveloka Connectivity. Cukup unduh aplikasinya dan belilah pulsa atau paket data internet guna mempermudah kamu kembali mendapatkan layanan berbasis lokasi.

Baca Juga: Cetak Foto dari Smartphone Lebih Mudah Dengan Printer Saku

4. Media Sosial
Layanan media sosial berkembang sangat pesat belakangan ini. Jika dahulu kamu hanya bisa mengakses Friendster, kini kamu bisa menikmati berbagai media sosial.

Meski fungsi utamanya untuk mempererat hubungan komunikasi dan persahabatan, media sosial kini juga kerap beralihfungsi menjadi media penyebar informasi. Kamu bisa melakukan banyak hal dengan media sosial, termasuk melakukan percakapan, penyebaran berita, menjual barang secara online, memajang hasil karya desainmu dan sebagainya. 

Perubahan Teknologi Ini Ternyata Memudahkan Pekerjaan Manusia

Penggunaan media sosial tentu membutuhkan paket internet yang tidak sedikit. Seringkali kuota internet pun habis di tengah asyiknya berselancar di media sosial. Jika ini terjadi pada kamu, maka lakukan pembelian kuota internet secara online melalui aplikasi Traveloka.

Kemudahan bertransaksi secara online dengan aplikasi ini membuat kamu lebih hemat waktu dan energi. Tak perlu ke luar rumah, kamu bisa membeli pulsa dan paket operator hanya dengan sekali klik.

Baca Juga: Tipe-tipe Social Media Follower dan Cara Menarik Perhatian Mereka

5. Bluetooth
Teknologi Bluetooth memberikan pengaruh yang luar biasa pada proses pemindahan data digital. Jika dahulu semua orang masih mengandalkan pemindahan data digital, seperti gambar, dengan menggunakan layanan pesan gambar, kini kamu bisa melakukannya dengan Bluetooth.

Bluetooth berhasil mengalahkan teknologi pendahulunya, infra merah. Infra merah dinyatakan terlalu menyedot tenaga ponsel dan bertindak kurang responsif. Sementara hal berbeda terjadi pada Bluetooth. Dengan menggunakan gelombang berfrekuensi rendah, teknologi ini bisa menghubungkan berbagai perangkat bahkan menjadi media streaming.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here