Tips dan Trik Tersembunyi di Windows 10 yang Wajib Kamu Coba

2

Bagi kamu yang sering bermain atau memiliki perangkat Komputer baik itu PC ataupun Laptop, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Microsoft Windows atau yang kerap di kenal hanya dengan sebutan ‘Windows!’. Ya tepat sekali, windows merupakan salah satu Sistem Operasi (OS) yang saat ini banyak menguasai pasaran.

Belum lama ini, Microsoft company kembali menghadirkan varian terbaru dari sistem operasi Microsoft Windows mereka yaitu ‘Microsoft windows 10”. Untuk mendongkrak popularitas OS yang satu ini kemudian langsung banyak disematkan di berbagai PC atau Laptop keluaran terbaru.Terlepas dari tujuan tersebut tidak bisa di pungkiri juga bahwa windows 10 memang memiliki fitur-fitur yang menarik dan membuat pengguna beralih dengan sengaja untuk menyandingkan OS tersebut dengan perangkat komputer atau laptop mereka.

Jika kamu adalah salah satu pengguna windows 10 tersebut kamu harus menyadari bahwa ada beberapa Tips dan Trik tersembunyi dari windows 10 yang bisa kamu manfaatkan. Berikut ulasan mengenai beberapa tips dan trik tersebut.

1. Start Menu Bar

Keberadaan Star Menu Bar yang menghilang di Windows 8 kini hadir lagi di versi ini. Start menu bar windows 10 lebih seperti gabungan dari windows 8 dan windows 7 dengan adanya tombol start menu di pojok kiri bawah dan tampilan pilihan menu atau aplikasi di tengah layar. Ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan dengan start menu ini diantaranya:

Merubah ukuran. Kamu bisa merubah ukuran start menu sesuai keinginan kamu cukup dengan klik start menu setelah muncul, arahkan kursor di garis pembatas antara start menu dan tampilan dekstop. kemudian kursor akan berubah bentuk dan selanjutnya kamu hanya perlu klik, tahan dan geser kursor kamu untuk mengatur ukuran sesuai keinginan.

Bermain di ‘Settingan’. Jika kamu ingin mengotak atik hal lainnya yang berhubungan dengan start menu kamu cukup klik menu start dan memilih ‘setting’ di menu setting ini kamu bisa merubah warna start menu kamu, merubah background, atau bahkan untuk mempermudah kegiatan kamu, kamu bisa memilih untuk menampilkan aplikasi-aplikasi yang sering kamu gunakan dengan membuat menu ‘Show most used apps’ menjadi “ON”

Tips dan Trik Tersembunyi di Windows 10 yang Wajib Kamu Coba

2. Dekstop

Salah satu fitur yang menjadi andalan bagi windows 10 adalah keberadaan Multiple-Dekstop. Yuppzz, Kamu bisa memiliki banyak Dekstop sekaligus dan memilih menampilkan Dekstop yang mana sesuai dengan keperluan.

Membuat dekstop baru bisa dilakukan dengan memilih menu ‘Task View’ pada ‘TaskBar’ dan kemudian pilih ‘Add new dekstop’ dengan demikian dekstop baru kamu telah selesai dibuat dan kamu bisa mengisinya dengan aplikasi-aplikasi yang kamu inginkan. hal ini sebenarnya juga bisa kamu lakukan cukup dengan menekan tombol ‘WIN + CTRL+ D’ pada keyboard kamu.

Baca Juga: Tips Memperbaiki Kerusakan Windows Tanpa Harus Install Ulang

Pindah dekstop dapat kamu lakukan dengan kembali mengklik tombol Task View dan memilih Dekstop yang kamu inginkan. atau kamu juga bisa melakukanya cukup dengan shortcut keyboard ‘WIN + CTRL dan arah kiri atau kanan untuk memilih dekstop yang kamu inginkan.

3. Panggil Cortana!

Cortana sudah dihadirkan di Windows 10, dan secara default dia bisa diakses melalui form search yang ada di dalam taskbar. Namun dengan mengaktifkan opsi “Let Cortana respond when you say Hey Cortana”, maka kamu bisa memanggil Cortana kapanpun kamu inginkan dengan panggilan suara “Hey, Cortana!”

Tweak Windows 10

Cortana dapat mendengarkan perintah seperti menjalankan aplikasi desktop, mencari sesuatu di Internet dan lain sebagainya. Sayangnya, Cortana belum bisa menjawab jika kamu memanggilnya dengan perintah “Hey, Cortana! carikan saya pacar!

4. Matikan Auto-enhance di Foto

Salah satu fitur unik yang dimiliki oleh windows 10 adalah kemampuan yang dimiliki oleh aplikasi pembuka Foto untuk memperbaiki foto yang dianggap kurang bagus secara otomatis. Namun, terkadang sebagian orang tetap ingin mempertahankan kualitas foto mereka secara alami tanpa sentuhan apapun.

Jika kamu termasuk ke dalam kelompok yang tidak ingin koleksi foto-foto kamu disentuh oleh editan apapun maka kamu bisa mematikan sistem auto-enhance tersebut dengan cara : Buka ‘Photo App’ dan pilih menu ‘setting’ dan pada bagian ‘Viewing and Editing ‘ buat menjadi “OFF”

Baca Juga: Cetak Foto dari Smartphone Lebih Mudah Dengan Printer Saku

5. Milki Maps Offline

Zaman sekarang sangat dipermudah dengan keberadaan peta elektronik (e-maps) dan hal inilah yang menjadi nilai tambah yang sangat luar biasa dari windows 10 karena kamu bisa mengakses e-maps secara offline atau tanpa harus terkoneksi pada jaringan internet seperti e-maps lainnya.

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar bisa menikmati fasilitas keren yang satu ini tentu saja memastikan apakah aplikasi ‘Maps’ telah terinstall di Komputer kamu atau belum. Jika belum kamu bisa mendownload nya dari ‘Store Beta’.

Setelah komputer atau laptop kamu telah terinstall aplikasi map tersebut silakan kamu buka aplikasinya kemudian pilih menu ‘settings’ dan kemudian pilih ‘Download or Update Maps’

Oke, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi jika tersesat di tempat yang tidak memiliki akses ke jaringan Internet.

6. Rekaman saat bermain Games

Fitur yang satu ini adalah fitur yang akan sangat dicintai oleh para gamers. Karena tanpa disadari kamu para gamers ingin berbagi atau ingin permainan kamu di lihat oleh teman-temanmu se komunitas mu. Dengan windows 10 kamu tidak perlu repot-repot untuk install aplikasi tambahan untuk melakukan hal tersebut.

Karena cukup dengan mengkombinasikan ‘WIN + ALT + R’ maka permainan kamu dalam sebuah game akan terekam dan kamu bisa langsung membagikannya kepada teman-teman kamu. Sedangkan untuk menghentikan proses perekaman tersebut kamu cukup menekan kombinasi yang sama.

Itulah beberapa Tips dan Trik di windows 10 yang bisa kamu manfaatkan untuk mempermudah dan memperindah kegiatan sehari-hari kamu.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here