Tips Ampuh Agar Postingan Blog Cepat Terindex Google

15
Setiap Blogger pasti mendambakan blog yang ia miliki memiliki lalu lintas pengujung yang ramai. Lalu lintas pengujung yang ramai membuktikan bahwa blog yang dimiliki disukai dan bermanfaat untuk orang lain.
Berbicara tentang cara meramaikan blog, sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara, tergantung anda ingin memilih cara yang mana. Beberapa blogger biasanya senang melakukan cara instan untuk mendapatkan pengunjung yang lebih banyak, mereka menggunakan aplikasi autosurfing yang cara kerjanya anda akan mendapatkan pengunjung sesuai dengan surfing yang anda lakukan di website orang lain. Menurut saya, cara ini tidaklah sehat, blog memang akan terlihat banyak yang mengujungi, namun artikel yang anda buat hanya dirayapi BOT dalam beberapa detik dan bukan dibaca oleh manusia sebenarnya.
Tips Ampuh Agar Artikel Cepat Terindex Mesin Pencari Google
Sumber gambar: wacana.siap.web.id
Satu-satunya cara yang menurut saya sehat dan tidak membohongi diri sendiri adalah dengan cara melakukan optimasi blog dan konten blog ke mesin mencari google. Teknik ini biasa kita kenal dengan SEO (Search engine optimization). SEO berkerja mengirimkan artikel anda ke index google, sehingga akan lebih banyak pengujung yang datang ke blog anda lewat mesin pencari (search engine).
Dibawah ini teknik SEO yang masih saya terapkan sampai hari ini, dan terbukti tetap ampuh. Mungkin agak terlihat rumit, tapi inilah tips yang saya terapkan agar artikel-artikel dalam blog ini bisa bersaing di mesin pencari google.
Tips Ampuh Agar Artikel Cepat Terindex Mesin Pencari Google
  1. Judul tulisan mengandung kata kunci
    Seringkali kita melihat Blogger yang membuat postingan dengan judul yang sangat panjang, hal ini sebenarnya memiliki tujuan khusus. Yaitu agar kata kunci yang digunakan pada judul postingan sanggup bersaing dengan tulisan lain di mesin pencari.
  2. Atur permalink postingan
    Permalink adalah URL dari postingan yang akan kita buat. Seringkali ketika kita membuat judul postingan yang cukup panjang, permalink tersebut akan otomatis terpotong. Hal ini seringkali terjadi pada blog plaftorm blogspot. Maka dari itu kita perlu mengatur permalink tersebut secara manual agar kata kunci yang dibuat pada judul tulisan tetap muncul di permalink.
    Untuk mengatur permalink, silahkan lihat gambar berikut:

    Tips Ampuh Agar Artikel Cepat Terindex Mesin Pencari Google
  3. Mengisi kolom deskripsi pencarian
    Deskripsi yang kita buat pada postingan berguna untuk membuat tulisan kita tetap terindex google walaupun kata kunci yang pengguna ketik di mesin pencari google tidak sama persis dengan kata kunci yang diselipkan di judul postingan. Sederhananya kolom search description ini berfungsi untuk menambahkan lebih banyak kata kunci yang masih dalam ruang lingkup judul postingan.
    Tips Ampuh Agar Artikel Cepat Terindex Mesin Pencari Google
  4. Deskripsi dan judul gambar
    Jika artikel anda di dalamnya terdapat gambar pendukung, jangan lupa untuk mengatur tag TITLE dam ALT. Caranya klik kanan pada gambar, pilih Properties, isi sesuai kolom yang tersedia. Hal ini berguna untuk membuat artikel anda tetap bersaing di google ketika pengguna mencari dengan google images.
Dengan empat langkah diatas, sebenarnya artikel blog sudah bisa bersaing di mesin pencari, namun ada sedikit langkah lagi agar artikel yang kita buat lebih cepat muncul di mesin pencari google. Ikuti langkah berikut:
  1. Saat artikel berhasil diposting, jangan langsung share ke sosial media, hal pertama yang harus dilakukan adalah menambahkan URL artikel tersebut ke alat webmaster google. Caranya, buka url berikut: https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url?pli=1, masukan URL postingan tadi di kolom yang tersedia, klik tombol Submit/Kirim.
  2. Selanjutnya, submit URL postingan tadi ke mesin pencari, caranya :
    • Buka Google Webmaster masuk blog yang ingin kamu kirim artikelnya ke index. (Pastikan blog anda sudah ditambahakan ke Google webmaster, jika belum silahkan baca tambahkan terlebih dahulu. Baca caranya DISINI)
    • Pilih menu perayapan, kemudian pilih sub menu ambil sebagai google
    • Masukan url postingan terbaru kamu di kolom yang tersedia (lihat gambar)

    Tips Ampuh Agar Artikel Cepat Terindex Mesin Pencari Google

  3.  Share link artikel ke Google+ terlebih dahulu, baru disusul ke twitter, facebook dan sebagainya.
Nah itu dia sedikit tips dari saya agar postingan yang anda buat di blog bisa muncul dan dapat bersaing dengan tulisan lainnya di mesin pencari google (google search engine). Memang jika dibaca saja kelihatannya cukup rumit dan panjang, namun ketika anda mencobanya semuanya akan terasa mudah. 🙂
*Catatan: beberapa blog, khususnya blog baru belum memiliki fitur search description, anda bisa melewati langkah ini.

15 COMMENTS

  1. terima kasih ilmunya, udah saya terapkan. maaf mau tanya sedikit, pas sudah submit artikel di webmaster di samping list artikel keluar not found maksudnya apa ya mas? apa artikel saya tidak berhasil tersubmit? makasih yah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here