ASUS ExpertBook B9450, Laptop Premium Untuk Berbagai Kalangan

0

Part 1: ASUS ExpertBook B9450, Andalan Pekerja Mobile Kekinian

Punya pekerjaan yang membuat kita harus mobile punya sisi menyenangkan sekaligus menyebalkan. Menyenangkan kalau kita memang hobi jalan-jalan. Kita jadi bisa mendapatkan pemandangan baru dan tidak membosankan. Tetapi akan menyebalkan kalau harus selalu ready dengan perangkat yang kurang nyaman dibawa. Bayangkan saja kalau harus mobile sekaligus menenteng laptop berat demi rapat online dadakan?

Jadi, untuk mengatasi masalah seperti itu, ASUS melakukan riset dan pengembangan untuk menciptakan produk barunya yang inovatif banget. Kebetulan bulan lalu baru banget diluncurkan secara online. Kenalan dulu yuk dengan ASUS ExpertBook B9450, laptop praktis dengan spek bikin nangis. ‘Kok bisa?’

Dimulai dari seri ExpertBook dulu ya. Seperti yang kita tahu, ASUS punya banyak seri laptop. Salah satu yang paling terkenal adalah seri ROG yang didesain khusus untuk mereka yang suka nge-game. Artinya laptop tersebut didesain dengan penggunaan spesifikasi mesin yang menunjang kebutuhan gaming. Nah, logika tersebut juga diwujudkan untuk pekerja dengan laptop yang menunjang kebutuhan kerja dan aktivitas mobile mereka sehingga terlahirlah seri ExpertBook. Apa aja sih yang bikin ASUS ExpertBook B9450 ini jadi andalan pekerja mobile


#1 Bodi Ringkas

Mempertimbangkan keperluan untuk pergi sana-sini, maka laptop satu ini akan jadi rekomendasi tepat karena ExpertBook B9450 punya bodi yang ramping dan ringkas dibawa. Secara tampang, laptop ini punya ukuran yang nggak lebih dari kertas A4 dan ketebalan kurang dari baterai AA. Bobotnya pun nggak mencapai 1 kg. Dengan dimensi demikian, laptop ini nggak akan terlalu membebani pundak ketika dibawa jalan.

Body ringkas pada laptop idaman ASUS ExpertBook

Bodi-nya yang ringkas ini nggak mengurangi tampilan dan fungsinya. Kalau dilihat dari rasio screen-to-body yang mencapai 94% ini mungkin akan memunculkan pertanyaan ‘kenapa laptop ini bisa ringkas banget?’ Simply itu karena penggunaan NanoEdge Display dan bezel ultra tipis dengan ukuran 32,0 x 20,3 cm. Nah, teknologi Nano Edge Display inilah yang memungkinkan layar laptop masuk ke chassis yang tipis. Jadi, sekalipun ukuran layarnya mencapai 14 inch, tapi hal itu nggak menambah ukuran bodi secara signifikan.

Kenapa laptop ini bisa sangat ringan? Jawabannya ada pada material yang digunakan sebagai bodi laptop, yaitu magnesium lithium. Bahan ini dikenal lebih ringan dibandingkan magnesium aluminium atau aluminium alloy yang jadi bahan pembuat bodi laptop pada umumnya. Dengan tingkat kepadatan 1,51 alias sangat jauh dibanding tingkat kepadatan material lain, nggak heran kalau laptop ini cukup ringan. 

 ADMIN. 2019. [Notebook] Apa Itu Display NanoEdge? ASUS [Online] https://www.asus.com/id/support/FAQ/1038282/ (Diakses pada 28 Juli 2020)

#2 Kuat!

Sesuatu yang ringan biasanya identik dengan kekuatannya yang lemah. Tapi hal itu nggak berlaku di laptop ini. ExpertBook B9450 ini punya kelebihan dari segi kekuatan bodi laptop. Dalam proses produksinya, bodi laptop ini harus melalui 21 tahap pembuatan supaya bahan mentah tadi dapat diproses sempurna menjadi bodi laptop yang kuat, presisi, juga detail.

Bukan cuma menyempurnakan tampilan tampangnya, proses pembuatan bodi laptop ini menggunakan metode CNC Milling – atau mudahnya kita pahami dengan proses terkomputerisasi. Keunggulan dari metode ini adalah dia lebih fleksibel untuk memotong bahan dari arah tertentu, yang mana hal ini terbukti dari bentuk bodinya yang pas dan kuat. 

Body ExpertBook B9450 yang terlihat sangat kokoh

Nggak cuma kuat dari segi pemotongan bahan, dalam proses pembuatan ini bodi laptop ExpertBook B9450 ini juga melewati proses Micro-Arc Oxidation (MAO) Composite Coating. Hah, apa tuh? Jadi di tahap ini bodi laptop akan diberi lapisan khusus untuk mencegahnya dari korosi atau mengalami oksidasi dalam jangka waktu yang panjang. Jadi, laptop ini benar-benar cukup bisa diandalkan untuk kebutuhan mobile atau penggunaan di luar ruangan.

#3 Spek Dalem?

Bicara soal spek di dalam laptop ini tentu nggak ecek-ecek. Mari bahas satu per satu. ASUS ExpertBook B9450 ini tersedia dalam dua jenis CPU yang dipakai, Intel Core i5 dan i7. Spesifikasi lainnya mengikuti jenis CPU yang dipakai. Sistem operasionalnya disediakan dalam pilihan Windows 10 Pro dan Windows Home Solution. Memori laptop ini tersedia dalam pilihan 8 GB dan 16 GB. Sedangkan penyimpanannya tersedia dalam pilihan 512 GB atau 1 Tera. Gileeee..

Yang keren lagi dari laptop ini adalah penggunaan Prosessor 10th Gen Intel Core Terbaru. Jadi, prosesor ini bukan hanya unggul dari segi kinerjanya yang powerful tetapi juga bisa menghemat daya. Ibarat kerja, laptop ini bekerja secara cerdas bukan cuma bekerja keras. Kok bisa hemat daya? Ya karena prosesor ini bisa membuat laptop ExpertBook B9450 ini tampil dengan cTDP sebesar 10 hingga 25 Watt – yang berdampak pada konsumsi daya baterai relatif rendah. Dengan demikian, pengguna nggak perlu terlalu pusing untuk cari stop kontak guna menjaga laptop nyala lebih lama. 

Nggak berhenti di situ. ASUS juga melengkapi laptop terbarunya ini dengan fitur keren. Salah satu yang ditonjolkan banget adalah soal keamanannya. Dimulai dari opsi loginnya yang menggunakan sistem biometrik, laptop ini akan aman melalui penguncian dengan fingerprint sensor dan facial recognition sensor. ExpertBook B9450 udah mendukung fitur Windows Hello yang membuat pengguna nggak perlu ketik password untuk masuk ke sistemnya. Fitur Secure File Shredder juga ada di dalam sistem laptop ini guna menghancurkan file digital dan tak bisa dipulihkan – sebuah metode untuk mengamankan file-file yang sekiranya bersifat rahasia dan meminimalkan potensi diretas. 

fingerprint sensor pada ExpertBook B9450

Spesifikasi lainnya dari ExpertBook B9450 ini juga cukup bagus dan nggak mengurangi fungsi utamanya. Misalnya dari penggunaan Intel UHD Graphics 620, kamera berkualitas 720p HD, IR Camera dengan Windows Hello Support, dan juga beragam konektivitas lengkap: Wi-Fi 6 (802.11ax) dan Bluetooh 5.0. Untuk kebutuhan input dan output, laptop ini dilengkapi dengan 2x Thunderbolt 3 Type-C, 1x USB 3.2 (Gen1) Type A, 1x HDMI, 1x Audio Jack, dan 1x Kensington lock shot.

Pilihan port yang tersedia pada ASUS ExpertBook B9450

Jangan lupa kalau dari segi audio, ExpertBook B9450 ini dilengkapi dengan 2 stereo speakers yang terintegrasi dan bersertifikasi Harman / Kardon. Kualitas suaranya jelas dengan kemampuan untuk mengurangi noise ketika melakukan input suara menjadikan perangkat satu ini andalan ketika butuh rapat online di luar ruangan.

#4 Emang Di-desain Jadi Laptop Mobile.

Buktinya, laptop ini bahkan sampai memenuhi standar kualifikasi Intel Project Athena. Jadi, Project Athena sendiri adalah insiatif Intel untuk membuat standar komputasi mobile. Laptop yang memenuhi standar ini artinya adalah produk-produk yang sudah lolos dalam standar Intel meliputi fitur yang ada, performa mesin, responsivitas, dan nggak kalah penting adalah daya tahan baterainya.  Semua itu sudah terjawab dari spek yang digunakan, sesuai dengan yang udah dijabarkan di atas.

Keren ya laptop ini? Bener-bener memenuhi kebutuhan pekerja yang harus mondar-mandir sana sini. Kalau kamu merasa butuh laptop ini, kamu bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp 27.499.000. Angka yang cukup mahal sih buat sebuah laptop, tapi mempertimbangkan spek, kualitas, dan daya tahannya jadi masuk akal antara performa dengan harga yang dibayar. Laptop ASUS ExpertBook B9450 ini sudah bisa didapatkan melalui e-commerce seperti BliBli, Bhinneka, maupun Tokopedia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here