ASUS ExpertBook B9450, Laptop Premium Untuk Berbagai Kalangan

0

Part 2: Laptop Pilihan Terbaik Untuk Kuliah Online

COVID-19 mengubah banyak tatanan hidup manusia. Hampir seluruh kebiasaan hidup kita sekarang udah berubah. Adanya pandemi ini memaksa kita untuk menerapkan pola hidup yang berbeda dan lebih baik: lebih bersih, lebih saling menjaga sesama dengan penggunaan masker, dan di sisi lain menuntut kita untuk adaptif lebih cepat terhadap perubahan. Kalau ditanya, apa sih yang nggak berubah karena Covid? Jawabannya sedikit sekali ya, mungkin hanya seperti kebutuhan dasar.

Sektor pekerjaan dan pendidikan juga kena dampak pandemi ini. Pemberlakuan Work from Home (WFH) dan Learn from Home (LFH) adalah bagian perubahan yang tanggap terhadap Covid. Dengan perubahan ini, kita merasakan dampaknya bagaimana bekerja atau belajar dari rumah.

Dari awalnya yang serba di kantor atau di kampus, sekarang kita sangat mengandalkan perangkat laptop untuk mengerjakan semua itu. Nggak jarang, kenaikan intensitas penggunaan laptop secara berlebih dan nggak didukung dengan kondisi ruangan yang memadai, menambah perkara dalam drama kehidupan during-Covid: laptop jadi cepat rusak.

Buat mahasiswa yang sangat mengandalkan laptop untuk kuliah, ini akan jadi masalah banget. Aku pribadi merasakan dampak dari laptop rusak karena penggunaan yang berlebihan dan berujung pada kerjaan yang terabaikan untuk beberapa waktu. Sangat tidak efisien dan tidak produktif. Baru-baru ini ASUS baru saja meluncurkan produk laptop ASUS yang baru – yang katanya diklaim sebagai laptop powerful dan tangguh untuk segala kondisi. Nama serinya adalah ASUS ExpertBook B9450.

Design ASUS ExpertBook B9450 yang cantik

#1 Desain Bodi: Tipis, Kuat, dan Ergonomis

Kalau mau jujur-jujuran, WFH atau LFH sekarang nggak hanya di rumah aja kan? Beberapa kafe udah pada buka, pasti dong ada dari kalian yang kerja atau kuliah online-nya di kafe? Artinya, kalian tentu butuh laptop yang ringkas dibawa-bawa. Nah ini loh kekuatannya ASUS ExpertBook B9450. Dari segi bodi, laptop ini sangat mendukung kebutuhan mobilitas.

Kita mulai dari bodi. Secara penampakan dimensi, bodi laptop ini nggak lebih besar dari ukuran kertas A4 dan tebalnya juga nggak lebih dari ketebalan baterai AA (32×20.2×1.49 cm). Selain itu bobotnya juga kurang dari 1 kg untuk seri tertingginya. Dengan ukuran itu, laptop ini muat untuk dibawa pakai tote bag. Untuk orang yang nggak suka ribet, tentu saja aspek ini akan sangat membantu dan nggak membebani ketika dibawa.

Meskipun relatif tipis dan ringan, ASUS nggak main-main ketika mendesain dan memproduksi laptop satu ini. Soalnya, material yang dipakai untuk membuat bodinya juga dipilih yang terbaik. Di saat laptop lain masih suka dengan tren pemakaian materi aluminium, ASUS ExpertBook B9450 dibuat dengan material magnesium lithium. Nah, bahan ini tuh terkenal tipis tetapi kuat. Tingkat kepadatannya tuh bisa lebih tipis hampir 30% gitu.

Terus apa yang membuat bodi laptop ini dikenal kuat? Jadi aku baca-baca infonya sih, pada saat proses produk bodinya, material tadi akan diprosesi sebanyak 21 tahap dengan metode CNC Milling, proses komputerisasi untuk menghasilkan produk yang kuat, detil, dan juga presisi. Udah gitu, yang aku suka dari desain laptop ini adalah ergonomis.

Kalau kalian buka layar laptop lain, posisi keyboard-nya akan datar kan? Nah kalau laptop ini tuh, posisi keyboard akan agak naik. Ini bukan tanpa tujuan loh. Dengan adanya rongga di area bawah keyboard akan memberikan jalur sirkulasi udara yang menjaga mesin dalam relatif stabil ademnya dan nggak bikin laptop jadi cepat rusak. Agak menghemat dari sisi penggunaan coolpad ya.

#2 Spek Dalem Nggak Main-main!

Untuk menunjang penggunaan selama WFH dan LFH yang relatif tinggi, kita musti perhatiin banget bagian spek dalem. Kalau ASUS ExpertBook B9450 ini sebenarnya nggak perlu terlalu dikhawatirkan sih, karena laptop ini memang didesain sebagai laptop tangguh luar dalem. Nggak cuma bodi luar yang kuat, mesin dalam laptop ini juga bisa diandalkan banget.

Dimulai dari CPU, laptop terbaru ASUS ini dihadirkan dalam dua pilihan prosesor yaitu Intel Core i5 dan i7 10210U. Seri terbaru Intel Core ini punya beberapa kelebihan dibandingkan seri sebelumnya, seperti kecepatan ram yang lebih tinggi, adanya integrasi dengan LTE, bandwitch memory lebih banyak, sampai turbo clock speed yang lebih tinggi. Untuk sistem operasinya sendiri, ExpertBook B9450 dilengkapi dengan dua pilihan OS yaitu Windows 10 Pro dan Windows Home Solution. Memori laptop ini juga tersedia dalam dua pilihan yaitu 8 GB dan 16 GB dengan penyimpanannya yang terdiri atas pilihan 512 GB dan 1 TB – bahkan bisa di-upgrade ke dual 1 TB.

Untuk masalah tampilan di layar, seri terbaru laptop ASUS ini menggunakan Intel UHD Graphics 620. Dari beberapa review yang aku baca, spek ini agak kurang mendukung untuk kebutuhan penggunaan gaming. Akan tetapi udah cukup bagus kok untuk kebutuhan kuliah. Fitur input dan output laptop ini adalah ketersediaan port 2x Thunderbolt 3 Type-C, 1x USB 3.2 (Gen1) Type A, 1x RJ45 LAN via micro HDMI port, 1x Audio Jack, dan 1x Kensington lock slot.

Fitur kamera pada laptop ini menggunakan kualitas 720p HD camera with microphone – yang mana bisa kamu gunakan untuk kuliah online tanpa harus menggunakan earphone dan external microphone. Selain itu laptop ini juga dilengkapi dengan IR Camera dengan Windows Hello Support.

Untuk masalah konektivitas, laptop ini memiliki pendukung Wi-Fi 6 (802.11ax) dan Bluetooth 5.0. Dari segi audio, laptop ini punya 2 integrated stereo speakers yang tersertifikasi oleh Harman / Kardon, array microphone with Cortana, Quad 360 degree far-field microphones yang mendukung noise cancellation atau bahasa mudahnya adalah bisa menyeleksi dan mengurasi suara mengganggu (noise) secara otomatis. Cocok banget untuk kamu yang butuh kuliah online tapi nggak punya external microphone.

integrated stereo speakers yang tersertifikasi oleh Harman / Kardon pada ExpertBook B9450

Apalagi yang butuh diketahui terkait spek dalam? Oh ya! Baterai! ExpertBook B9450 ini dihadirkan dalam dua jenis pilihan baterai, 33W dan 66W. Daya tahan baterai laptop ini patut diacungi jempol, sebab pada laptop dengan baterai 33W diklaim dapat bertahan selama 12 jam pada penggunaan normal, sedangkan pada seri laptop dengan baterai 66W diklaim bisa bertahan selama 24 jam. Tentu saja ini akan memudahkan pengguna kalau akan menggunakan laptop di tempat yang minim sumber daya listrik.

#3 Fitur Futuristik dan Keamanan Luar Biasa

Terkait desain, aku pribadi cukup senang tampang ASUS ExpertBook B9450 ini. Sebagai laptop dengan ukuran layar 14 inch, laptop ini nggak terlalu besar karena bezel-nya relatif tipis. ASUS menggunakan teknologi NanoEdge Display yang memungkinkan layar laptop ini masuk ke chassis yang tipis. Dengan demikian, rasio screen-to-body laptop ini mencapai 94%. Tampilan seperti ini menurutku kelihatan sangat modern tanpa mengurangi fungsi atau pun kualitas perangkat itu sendiri.

Selain tampilan dalam dan luar yang sudah disebutkan tadi, ada satu hal yang harus kalian ketahui terkait keunggulan yang paling ditonjolkan pada laptop ini: masalah keamanan. Jadi, laptop ASUS ExpertBook B9450 ini punya beberapa spek security yang mencuri perhatian dan membuatku paham kenapa laptop ini cocok untuk dimiliki mahasiswa maupun pebisnis.

IR camera yang memungkinkan penggunakan login pada laptop menggunakan scan wajah

Spek keamanan laptop ini terdiri atas Trusted Platform Module TPM 2.0 yang ditanam dengan security chip, adanya Windows Hello dengan fitur facial recognition software, fingerprint sensor, webcam shield, Kensington lock slot, dan juga ASUS Business Manager dengan secure drive setting dan lock control ke USB storage devices.


Spek dewa dari laptop ini bikin kinerjanya nggak main-main. Cocok banget kalau dipakai untuk kebutuhan penggunaan yang tinggi apalagi seperti kuliah online sekarang ini. Tapi perlu aku akui kalau harga laptop ini cukup mahal, yakni mulai dari Rp 27.499.000 per unitnya. Harga yang cukup fantastis tapi bisa jadi worth it kalau kamu berencana untuk menggunakan laptop ini dalam jangka panjang atau untuk kebutuhan kerja yang mengandalkan perangkat laptop.

Kalau kamu sudah matang memutuskan untuk membeli laptop ini, kamu bisa mendapatkannya melalui beberapa e-commerce yang memiliki kerja sama resmi dengan ASUS seperti BliBli, Bhinneka, dan Tokopedia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here