ASUS ExpertBook B9450, Laptop Premium Untuk Berbagai Kalangan

0

Part 3: Alasan Kenapa ExpertBook B9450 Layak Dimiliki

Alasan Kenapa ExpertBook B9450 Layak Dimiliki

Sebagai orang yang kerjanya nggak punya kewajiban stay 8 jam sehari di kantor, aku sangat mengandalkan perangkat-perangkat yang aku punya untuk bekerja dari jauh atau secara mobile. Di masa pandemi ini, pola kerjaku memang nggak terlalu berubah, nggak ada penyesuaian antara kerja di kantor sama kerja dari rumah yang signifikan.

Tapi di masa pandemi ini aku justru jadi punya kerjaan sampingan baru sebagai seller di toko online-ku buat memastikan sokongan untuk hidup tetap kuat. Alhasil, aku semakin sering pakai perangkat elektronik seperti smartphone dan laptop untuk koordinasi pesanan.

Ngomongin soal laptop buat kerja berat di masa pandemi ini, beberapa hari lalu aku baru tahu kalau ASUS lagi merilis produk laptop terbaru mereka yang menurutku gila banget. Nama serinya adalah ASUS ExpertBook B9450. Seri ExpertBook ini adalah seri laptop ASUS yang dirancang untuk kebutuhan pekerja mobile – atau orang-orang bisnis yang butuh pergi sana-sini sambil nenteng laptop.

Kekuatan bodi dan spek dalem mereka disesuaikan untuk penggunaan kerja seperti ini. Mencermati spesifikasinya, aku merangkum beberapa hal yang jadi keunggulan laptop ini kalau kamu merasa butuh informasi berdasar pandangan pribadi sebagai referensi untuk beli. Simak yuk review-nya di bawah ini.

#1 Desain Futuristik dan Ringan

Baca beberapa artikel tentang laptop ini, aku cukup terkesan dengan persiapan ASUS dalam mendesain dan memproduksi ExpertBook B9450 ini. Kita mulai dari material ya. Laptop ini didesain dengan material magnesium lithium. Yang aku tangkap dari beberapa sumber, material ini terkenal ringan tapi kuat. Di saat laptop lain masih mengagungkan penggunaan aluminium, ASUS memilih material ini yang punya tingkat ketebalan 1,51 – sekitar 30% lebih rendah dibandingkan material lain. Ini membuat penampang laptop jadi lebih tipis, bahkan diklaim nggak lebih tebal dari baterai ukuran AA.

Selain pemilihan materialnya yang lain daripada yang lain, ada yang mengesankan pada proses produksinya. Untuk memastikan kekuatan dan ketangguhan laptop ini, ASUS melakukan 21 jenis pengujian ekstrim yang terdiri atas uji durabilitas engsel dan port, uji tekanan ekstrim di bagian layar, uji durabilitas keyboard, uji jatuh dari ketinggian tertentu, uji getaran, dan lain-lain. Pada intinya, laptop ini lolos 21 tahap pengujian tersebut – yang mencerminkan bahwa produk ini emang nggak main-main ketangguhannya.

Dimensi laptop ini juga mendukung kinerja penggunanya. ExpertBook B9450 ini punya ukuran dimensi 32.0 x 20.2 x 1.49 cm. Ukuran ini ternyata masih lebih kecil dibandingkan kertas A4. Pun bobotnya nggak lebih dari 1 kg untuk seri teratasnya. Dengan desain yang kecil, ringan, tapi kuat, laptop ini bisa dibawa bahkan pakai totebag aja. Nggak perlu bawa tas besar untuk ‘mengamankan’ laptop ini. Terus desainnya juga ergonomis sih menurutku, karena waktu dibuka, bagian bawah layar laptop akan naik sehingga keyboard-nya nggak akan menyentuh permukaan secara keseluruhan.

Buatku ini poin penting karena untuk penggunaan perangkat dalam waktu yang panjang dan berkelanjutan, desain ini akan menjaga mesin laptop tetap dingin dengan adanya sirkulasi udara di bawah keyboard. Jadi kalau kamu nggak punya coolpad pun, nggak akan masalah. Efek jangka panjang, mesin jadi lebih awet.

#2 Dapur Pacu Kelas Atas

Poin selanjutnya akan mengupas spek mesin dalam atau dapur pacu yang dipakai ASUS dalam produk terbaru mereka ini. Kita mulai dari prosesornya, ExpertBook B9450 dibekali dengan dua pilihan prosesor CPU: Intel Core i5-10210U dan i7-101510U. Bahkan untuk seri ‘terendah’ aja laptop ini terbilang mumpuni. Terus sistem operasi yang dipakai adalah Windows 10 Pro dan Windows Home Solution.

Untuk memori, ASUS menyediakan dua pilihan yaitu 8 GB dan 16 GB RAM. Nah yang menurutku kece adalah penyimpanannya. Di seri terbaru ini, ASUS memberikan pilihan laptop dengan penyimpanan 512 GB dan 1 TB, bahkan bisa di-upgrade sampai dual 1 TB. Area penyimpanan yang besar ini sangat bisa diandalkan untuk kebutuhan bisnis ataupun perkuliahan dan membuat kita nggak perlu lagi tambahan external harddisk.

Kita beralih ke spek luar ya. Secara penampakan, kita mulai dengan melihat layarnya. ASUS ExpertBook B9450 didesain sebagai laptop dengan ukuran layar 14 inch. Oke, kalau kita kembali ke ukuran dimensi bodi tadi, antara layar dengan bodinya punya rasio 94%. Artinya bezelnya emang tipis parah sih. Penelusuran yang kubaca menunjukkan bahwa ASUS memakai teknologi NanoEdge supaya layarnya tuh bisa masuk chassis yang tipis.

Desain seperti ini tuh emang lagi modern banget dan aku pribadi suka dengan desain yang seperti ini. Untuk kartu grafisnya, ASUS menyematkan teknologi Intel UHD Graphics 620.

Untuk kebutuhan input dan output, laptop ini dilengkapi dengan banyak sekali fitur input/output: 2x Thunderbolt 3 Type-C, 1x USB 3.2 (Gen1) Type A, 1x HDMI, 1x RJ45 LAN via micro HDMI port, 1x Audio Jack, dan 1x Kensington lock slot. Untuk kamera, laptop ini punya perangkat kamera dengan kualitas 720p HD camera with microphone dan IR camera dengan Windows Hello Support. Masalah konektivitas, ada fitur Wi-Fi 6 (802.11ax) dan Bluetooth 5.0 yang disematkan di perangkat ini.

Spek yang juga ditonjolkan oleh ExpertBook B9450 ini adalah soal audio-nya. Fitur audio untuk laptop ini pakai 2 stereo speakers yang terintegrasi dengan sertifikasi Harman / Kardon. Ada juga array microphone with Cortana dan Quad 360 degree far-field microphones yang bisa support untuk noise cancellation. Artinya fitur audio di laptop ini punya kemampuan untuk mengurangi suara-suara sampah yang biasanya masuk kalau kita tele-conference tanpa sokongan perangkat earphone atau headset.

#3 Baterai Tahan Kencan Seharian

Dikarenakan penggunaan laptop untuk orang yang kerjanya mobile akan sangat tinggi, jadi orang-orang seperti aku akan butuh laptop yang kuat dari segi baterai. Untungnya laptop ini memang didesain sempurna buat kebutuhan seperti itu. Meskipun secara bodi relatif kecil dan ringkas, tapi dari segi kekuatan baterai sih tetep bisa diandalkan. ASUS menyematkan penggunaan 2-cell 33Wh dan 4-cell 66WH lithium polymer long life rechargeable battery. 

Untuk baterai ukuran 33Wh aja diklaim bisa bertahan untuk penggunaan normal selama jam 12 jam penuh, sedangkan ukuran 66Wh bisa bertahan sampai 24 jam. Jujur aku sendiri baru tahu kalau ada laptop dengan OS Windows yang bisa dipakai sampai segitu lamanya. Bisa banget jadi referensi kalau harus melakukan lembiru terhadap laptop lama. (lembiru: lempar, beli baru).

#4 Keamanan Super dan Tersertifikasi Intel

Satu hal yang nggak boleh kelewatan untuk kamu ketahui tentang laptop baru ASUS satu ini. Didesain untuk pekerjaan yang mobilitasnya relatif tinggi, perangkat ini mendukung penggunanya lewat fasilitas keamanan yang mereka punya. Nggak tanggung-tanggung, sederet fitur keamanan ExpertBook B9450 ini disematkan supaya pengguna bisa mempercayakan penyimpanan datanya ke perangkat ini.

Di laptop ini ada fitur keamanan mulai dari yang sederhana seperti fingerprint sensor, webcam shield, terus lanjut ke Trusted Platform Module (TPM 2.0) embedded security chip, ada juga Windows Hello dengan perangkat lunak pengenalan wajah (facial recognition), Kensington lock slot, juga ASUS Business Manager with secure drive setting and lock control to USB storage devices.

Overall kalau dilihat dari spesifikasinya, aku merasa laptop ini bagus banget sih. Menjawab kebutuhan buat orang-orang yang kerjanya bergantung sama perangkat ini. Nah kalau soal harga, mungkin ini yang jadi pertimbangan lagi. ASUS ExpertBook B9450 ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 27.499.000. Angka yang sebenarnya cukup fantastis untuk harga sebuah laptop. Tapi aku nggak memungkiri kalau memang secara spek keren.

Sekarang tinggal pertimbangan pribadi aja seberapa butuh kamu dengan perangkat yang memang kerjanya cepat, nggak rewel, dan ringkas. Semua akan kembali ke kebutuhan pribadi. Kalau kamu merasa udah mantap dan emang pengen dapetin laptop ini, kamu nggak perlu harus ke luar rumah. Produk asli dan resmi dari ASUS ExpertBook B9450 ini bisa didapatkan melalui platform ecommerce yang bekerja sama resmi dengan ASUS seperti BliBli, Bhinneka, dan juga Tokopedia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here