5 Alat Musik Yang Layak Kamu Pelajari Cara Bermainnya

0

Kita semua pasti menyukai musik meskipun kadang tidak disadari. Jika kamu suka mendengarkan lagu atau sekedar bersenandung saat tengah melakukan sesuatu, itu artinya kamu sedang mengekspresikan kesukaanmu terhadap musik. Salah satu cara lain yang menyenangkan untuk mengekspresikan kesukaan terhadap musik adalah dengan bermain alat musik.

Bermain alat musik selain dapat meredakan stress juga memiliki manfaat lainnya seperti meningkatkan kreativitas, disiplin, dan kesabaranmu. Dengan belajar bermain alat musik, kamu juga akan memiliki banyak  teman baru. Lalu alat musik apa saja yang mudah untuk kamu pelajari cara bermainnya? Simak 5 alat musik berikut ini yang perlu kamu pelajari cara memainkannya.

1. Piano

Belajar bermain piano- Sumber: Pixabay.com

Alat musik satu ini sangat populer di masyarakat. Pasti banyak dari kamu yang pernah mengikuti les piano semasa kecil. Alat musik yang ditemukan pada tahun 1700an ini memiliki 88 tuts yang terdiri dari 36 tuts hitam dan 52 tuts putih. Piano dapat digunakan untuk mengiringi berbagai jenis musik diantaranya jazz, pop, atau musik klasik.

Belajar piano dari kecil akan meningkatkan fokus anak, juga melatih kesabaran dan emosi. Selain itu juga dapat meningkatkan kemampuan motorik dan daya ingat anak. Bermain piano juga dapat menimbulkan perasaan tenang dan meredakan stress.

2. Keyboard

Keyboard disebut juga sebagai piano elektronik. Bedanya, suara keyboard dihasilkan dari perangkat elektronik dan keyboard lebih mudah untuk dibawa-bawa. Keyboard juga dapat menghasilkan suara instrumen lain.

Jenis keyboard bermacam-macam, ada yang dibuat untuk pemusik profesional, ada yang untuk digunakan di rumah, atau untuk pemula non-profesional. Bermain keyboard memiliki manfaat yang sama dengan bermain piano yaitu dapat meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan kemampuan motorik. Jadi, alat musik satu ini memang harus kamu pelajari cara bermainnya.

3. Gitar

Belajar bermain gitar – Sumber: Pixabay.com

Bisa bermain gitar tentu akan terlihat keren. Belajar bermain gitar ternyata juga dapat meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan meningkatkan pengetahuan musikmu. Gitar ada beberapa macam, yaitu gitar akustik, gitar elektrik, dan bass. Gitar akustik biasanya memiliki 6 dawai yang menghasilkan suara saat dipetik.

Gitar elektrik mulai digunakan sejak tahun 1931, yang mengubah getaran dawai menjadi arus listrik. Gitar bass memiliki bentuk seperti gitar elektrik namun dengan leher yang lebih panjang dan memiliki 4-6 dawai. Umumnya belajar bermain bass lebih mudah daripada jenis gitar lainnya.

4. Drum

Belajar alat musik drum juga semakin diminati saja. Selain mudah, bermain alat musik ini dapat meredakan stress dan dapat mengobati frustasi. Drum merupakan alat musik perkusi yang biasanya hadir dalam satu set yang terdiri dari beberapa drum dalam berbagai bentuk dan ukuran. Alat musik yang tergolong tua ini dimainkan dengan stik kayu.

Bermain drum dapat melatih kamu untuk mengatur sesuatu yang kompleks menjadi bagian-bagian yang sederhana. Memainkan alat musik drum juga harus memperhatikan tempo dan koordinasi gerakan sesuai dengan irama musik. Karena itu, bermain alat ini memerlukan konsentrasi yang kuat.

5. Biola

Belajar bermain biola- Sumber: Pixabay.com

Alat musik biola memiliki nada yang paling tinggi jika dibandingkan alat musik lain. Biola memiliki 4 dawai dan dibunyikan dengan menggesek dawai dengan busur biola. Banyak pemusik yang ingin dapat menguasai alat musik ini. Biola adalah komponen penting dalam musik klasik dan mempercantik jenis musik lainnya seperti rock, jazz, atau musik country.

Memainkan alat musik satu ini terkesan lebih sulit dibandingkan alat musik lainnya. Bermain biola memerlukan kekuatan dan keseimbangan tubuh untuk memegang biola dalam posisi yang benar dalam waktu yang lama. Namun dengan latihan yang rutin, bermain biola akan menyenangkan dan juga keren karena mungkin yang bisa memainkan biola tidak sebanyak orang yang bisa main gitar atau drum. Kamu harus punya lengan dan bahu yang kuat, dan juga koordinasi mata dan tangan yang baik.

Dengan berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan bermain alat musik, tidak ada salahnya kan mulai mencoba memainkan salah satu alat musik di atas. Saat ini, belajar musik juga dapat dilakukan via online. Jadi, tak ada alasan lagi bagi kamu yang sering malas gerak atau mager untuk tidak mau belajar bermain alat musik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here