Tips Belajar Bisnis Online untuk Pemula yang Perlu Kamu Tau!

0

Rutinitas bekerja “nine to five” memang terkadang menjemukan. Terlebih dengan banyaknya tekanan dan pekerjaan yang tidak sesuai dengan penghasilan yang diperoleh secara bulanan. Beberapa akhirnya memutuskan untuk mencari penghasilan tambahan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, seperti menjadi blogger atau berjualan online melalui laman e-commerce.

Tentu saja, sangat menyenangkan memiliki tujuan besar dan bisa mencapainya. Namun, tidak sedikit pengusaha yang memiliki ide bisnis yang baik justru tidak mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan untuk bisa mencapai tujuan. Oleh karenanya, penting untuk kamu mengetahui bagaimana belajar bisnis online agar lebih mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk bisa mencapai tujuan dengan lebih mudah tanpa perlu menguras modal. Berikut ulasannya:

Belajar Bisnis Online
Belajar Bisnis Online Ilustrasi – Sumber: Pixabay.com

1. Cari Apa yang Menjadi Kebutuhan dan Jadilah Solusinya

Kebanyakan orang yang baru memulai berbisnis online membuat kesalahan besar dengan mencari produk terlebih dahulu, dan menjadikan riset pasar adalah prioritas kedua. Namun, perhatikan, bahwa untuk meningkatkan peluang kesuksesan, mulailah dengan riset pasar. Kuncinya adalah menemukan sekelompok orang yang sedang mencari solusi untuk masalah yang mereka hadapi, tetapi hingga kini belum menemukannya.

kamu bisa mengunjungi forum online untuk melihat masalah apa yang sedang ramai diperbincangkan oleh pengguna internet. Cara lain, bisa juga dengan menggunakan kata kunci pada mesin pencari yang banyak diketikkan oleh masyarakat, tetapi belum banyak solusi yang muncul. Jika sudah, lanjutkan dengan mengecek salah satu laman pesaing dan mencari tahu strategi pasar yang digunakan, berikut celah kelemahan yang dimiliki.

2. Buat Kalimat Iklan yang Menjual

Dalam belajar bisnis online, kamu pasti akan mengenal yang disebut dengan teknik menjual melalui kata atau yang lebih dikenal dengan istilah copywriter. Cara ini terbukti efektif untuk menarik minat calon konsumen potensial hingga akhirnya menjadi konsumen setia, yaitu dengan membuat kalimat iklan yang mengundang rasa penasaran pasar.

Selanjutnya, kemukakan latar belakang yang mengarah pada produk kamu sebagai solusi sekaligus kredibilitas dan keunggulan produk tersebut. Jika memang ada, berikan ulasan positif dari konsumen yang telah terlebih dahulu menggunakan produk kamu. Sepanjang kalimat yang dibuat, pastikan kamu berfokus pada bagaimana produk atau layanan ini bisa menjadi solusi terbaik untuk masalah yang sedang dihadapi. Caranya, jadilah konsumen dan tanyakan pada diri sendiri, apa keuntungan produk kamu untuk diri sendiri.

3. Desain dan Ciptakan Situs Web Sendiri

Setelah mendapatkan pasar dan menciptakan kalimat iklan yang menarik, artinya kamu telah siap membangun reputasi dan kredibilitas untuk menarik lebih banyak konsumen baru. Mulailah untuk mendesain dan menciptakan situs website kamu sendiri. Namun, ingat untuk tetap sederhana, karena kamu hanya memiliki lima detik maksimal untuk bisa menarik perhatian seseorang.

Beberapa tips yang mungkin bisa kamu pertimbangkan, yaitu menggunakan satu atau dua font biasa dan gunakan warna putih sebagai latar. Lalu, buat navigasi laman kamu sederhana tapi jelas, pastikan setiap halaman memiliki tampilan navigasi yang sama. Tidak ketinggalan, buatlah tampilannya customer-friendly, karena situs web ini berperan sebagai etalase online.

4. Manfaatkan Mesin Pencari

Penggunaan iklan pay-per-click merupakan solusi terbaik untuk pemula yang sedang belajar bisnis online. Cara ini dinilai lebih menguntungkan dibandingkan dengan menunggu traffic secara organik atau hanya dengan mengandalkan kata kunci. Pertama, iklan akan muncul pada laman pencarian, dan kedua, iklan ini memungkinkan kamu untuk melakukan pengujian pada kata kunci yang berbeda. Sederhananya, kamu tidak hanya bisa mendapatkan traffic, tetapi juga menggunakan iklan ini untuk menemukan keywords terbaik dengan konversi tertinggi.

5. Gunakan Strategi Email Marketing

Untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan, gunakan strategi email marketing. kamu bisa mendapatkannya dengan cara manual, atau membangun daftar opt-in. Nantinya, kamu bisa mengirimkan email berisi iklan atau informasi terbaru tentang produk tersebut.Tentu saja, dibandingkan dengan beriklan melalui televisi atau media cetak, cara ini tidak menghabiskan terlalu banyak uang. Siapa pun yang mengunjungi situs kamu dan memilih berlangganan adalah lead terbaik, dan tidak ada cara lain yang lebih baik daripada email untuk menindaklanjutinya.

Tentu saja, dibandingkan dengan beriklan melalui televisi atau media cetak, cara ini tidak menghabiskan terlalu banyak uang. Siapa pun yang mengunjungi situs kamu dan memilih berlangganan adalah lead terbaik, dan tidak ada cara lain yang lebih baik daripada email untuk menindaklanjutinya.

Itu tadi lima tips mudah untuk pemula yang ingin belajar bisnis online. Jadi, tunggu apa lagi? Buat bisnis online kamu sendiri dan dapatkan keuntungan yang menjanjikan darinya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here