Konsep Dasar Belajar Bahasa Pemograman PHP

4
PHP  (Hypertext  Preprocessor)  adalah  bahasa  pemrograman yang berfungsi untuk membuat website dinamis maupun aplikasi web. PHP bisa berinteraksi dengan database, file dan folder, sehingga membuat PHP bisa menampilkan konten yang dinamis dari sebuah website.
PHP (PHP:Hypertext Preprocessor) diciptakan oleh Rasmus Lerdorf. PHP awal mulanya hanya digunakan oleh penciptanya untuk mencatat pengunjung pada hompagenya (semacam hit counter).  Rasmus  salah  seorang  yang mendukung opensource,  maka  ia  mengeluarkan  Personal  Home  Page (PHP) Tools versi 1.0. PHP terus dikembangkan dan sampai saat ini versinya sudah mencapai 5.0
Kelebihan PHP
  • PHP adalah termasuk bahasa embedded ( bisa diletakkan dalam tag HTML )
  • PHP diterbitkan secara gratis.
  • Web Server  yang mendukung  php    relatif mudah dan dapat ditemukan dimana – mana
  • Dalam sisi pengembangan lebih mudah.
  • PHP  adalah  bahasa  open  source  yang  dapat  digunakan  di berbagai mesin (linux, unix, windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.
Konsep Dasar Belajar Bahasa Pemograman PHP
Kode PHP diawali dengan tanda <? dan diakhiri dengan ?>.  Cara lain adalah diawali dengan <?php dan diakhiri dengan ?>.
Pemahaman Script
Script yaitu kumpulan instruksi program yang tidak memerlukan  kompilasi  dan  hasilnya  ditampilkan  pada browser. Yang termasuk ke dalam kategori script, yaitu : JavaScript, VBScript, PHP, ASP, dan JSP.
Semua script bisa ditandai dengan tanda :
<?php dan ?>
Pada setiap akhir perintah, diakhiri dengan tanda titik koma ( ; )
Contoh sebuah list kode dengan bahasa php :
<?php 
echo “ini adalah contoh kode php<br>”;
echo “ini adalah baris kedua kode php”;
?>
Nah, itu dia sedikit penjelasan tentang konsep dasar bahasa pemograman PHP. Semua materi ini saya kutip langsung dari modul perkuliahan Akademi BSI. Tujuan saya mengutip materi tersebut adalah untuk membagikan sedikit ilmu kepada pembaca yang belum mengetahui tentang konsep dasar bahasa pemograman PHP.
Semoga bermanfaat! 🙂

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here