Jangan Salah Sebut, Inilah 4 Perbedaan Alat Pendengar Audio yang Perlu Kamu Ketahui

0

Pasti kamu tidak asing lagi dong dengan istilah headset, headphone, handsfree, dan earphone. Alat pendengar audio yang sudah menjadi kebutuhan untuk mendengarkan audio melalui smartphone, tablet, hingga laptop. Aksesoris ini tentunya sangat membantu untuk mendengarkan musik tanpa mengganggu orang sekitar, yang pasti nya akan memberikan kita ketenangan dan membantu menghilangkan kejenuhan saat beraktivitas.  

Tetapi, kebanyakan orang sering salah kaprah dalam  menyebut barang elektronik ini, karena kegunaannya memang hampir sama hanya bentuknya saja yang berbeda. Kadang earphone sering disebut headset dan juga sebaliknya. Maka dari itu biar kamu gak salah-salah sebut lagi, dibawah ini ada perbedaan headset, headphone, handsfree, dan earphone yang harus kamu ketahui.

Headset 

Headset – sumber: pinterest.com

Headset merupakan gabungan antara headphone dan mikrofon yang berfungsi untuk berkomunikasi melalui telepon, laptop, atau PC.  Headset biasanya memiliki 2 device yakni input yang berguna untuk berkomunikasi dan output yang berfungsi untuk mendengarkan audio yang ada.  Headset pada umumnya digunakan untuk berkomunikasi melalui aplikasi via Skype atau video call. Selain itu, biasanya para pekerja yang berprofesi sebagai  call center juga menggunakan headset.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Model Speaker Bluetooth Dengan Kualitas Audio Terbaik

Walaupun bentuk headset dengan headphone hampir mirip, kamu dapat dengan mudah membedakannya karena headset memiliki mikrofon pada desain nya, sedangkan headphone tidak ada.  

 Headphones

Headphones – Sumber: pixabay.com

Headphone berfungsi untuk mendengarkan audio saja  dan tidak memiliki input atau pun mikrofon yang berguna untuk berkomunikasi seperti headset. Hal tersebut dikarenakan, desain pada headphone ini memang didesain sangat khusus hanya untuk mendengarkan audio saja. Headphone ini sangat recomended banget nih buat kamu yang senang mendengarkan musik.

Sekarang ini, headphones sudah sangat canggih dan modern lho, guys. Karena headphone ini mengeluarkan headphone yang lebih praktis yakni, bluetooth headphone atau headset yang berguna untuk mendengarkan musik tanpa mengkoneksikan kabel pada smartphone atau laptop. Tentunya gak akan bikin kamu repot lagi karena masalah kabel yang terlilit, deh!

Handsfree

Handsfree – sumber: pinterest.com

Handsfree ini memiliki desain yang lebih praktis dan dibekali dengan tombol fungsi yang berguna untuk menaikkan atau menurunkan volume saat menerima panggilan yang ada. Ditambah lagi dengan  mikrofon yang berguna untuk berkomunikasi melalui sambungan smartphone.

Baca Juga: 7 Produk Smartwatch Terbaik 2019 yang Layak Kamu Pertimbangkan

Semakin berkembangnya teknologi, sekarang ini banyak juga bluetooth handsfree yang digunakan tanpa adanya kabel yang terpasang dan memiliki fitur yang sangat canggih yang bisa menyambungkan dengan mudah melalui koneksi Bluetooth.

Nah, handsfree ini recommended banget buat kamu  yang selalu sibuk dengan pekerjaan yang padat, atau mungkin buat kamu yang sedang berkendara, karena handsfree ini sangat praktis dan mudah digunakan.

Earphone

Earphone – Sumber: pixabay.com

Secara kegunaan earphone ini memang tidak jauh berbeda dengan headphone. Hanya saja bentuk pada earphone ini memang lebih kecil dan praktis untuk dibawa kemana-mana. Sebagian orang juga mengatakan bahwa memakai earphone itu sebenarnya lebih nyaman dibandingkan dengan alat pendengar audio lainnya, karena ukurannya yang  kecil dan lebih ringkas. 

Penggunaan pada earphone ini juga sangat mudah, kamu hanya tinggal memasukkan speaker nya pada bagian telinga luar kanan dan kiri saja. Dengan desain yang kecil dan praktis ini tidak akan membuat kamu ribet dan pastinya tidak akan mengganggu kenyaman kamu saat memakainya.     

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan keempat perbedaan di atas? Semoga setelah kamu membaca perbedaan alat pendengar audio di atas ini, kamu gak akan lagi salah menyebut. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here