Branding Bisnis Dengan Hosting dan Nama Domain Sendiri

10
Nama Domain, istilah ini menjurus kepada nama unik dari sebuah situs web yang membedakannya dengan situs-situs lainnya. Domain terbagi dalam dua jenis yaitu domain gratis dan domain berbayar. Beberapa situs seperti Blogger.com, Blogdetik.com, WordPress.com adalah contoh penyedia yang memberikan domain secara gratis. Domain gratis bisa didapatkan secara cuma-cuma, hanya saja domain tersebut selalu diikuti nama situs penyedia contohnya www.petrusandre.wordpress.com. Domain gratisan tentu sangat tidak cocok jika digunakan untuk branding bisnis.
Sebagai lawan dari domain gratis ada yang namanya domain berbayar, atau biasa kita kenal dengan domain pribadi (self domain). Untuk mendapatkan domain pribadi tersebut tentunya kita harus membayar sejumlah uang untuk mengaktifkan nama domain yang diinginkan. Biaya yang diperlukan untuk membeli sebuah nama domain tidak terlalu mahal, berikisar antara 50.000 rupiah sampai 300.000 rupiah per tahun, tergantung ekstensi apa yang ingin digunakan. Beberapa contoh ekstensi domain yang umum digunakan seperi .COM .ORG .NET .WEB.ID dan sebagainya.
Branding Bisnis Dengan Hosting dan Nama Domain Sendiri
Sumber: http://mediabisnisonline.com
Keuntungan Menggunakan Nama Domain Sendiri
Menggunakan nama domain sendiri membuat blog/web yang kita kelola akan lebih terlihat profesional. Secara umum, para pengguna internet lebih mempercayai informasi yang didapatkan dari situs yang memiliki nama domain sendiri dibadingkan dengan yang menggunakan domain gratisan. Untuk para pelaku bisnis online adalah wajib hukumnya menggunakan nama domain sendiri jika ingin mendulang lebih banyak pendapatan dari bisnis online.
Dengan menggunakan nama domain sendiri, artinya kita setahap lebih aman dari resiko banned (blog terhapus), terutama jika menggunakan domain gratis dari Blogger.com. Kebanyakan blog dihapus dengan alasan kita tidak mentaati syarat dan ketentuan yang dibuat oleh situs penyedia domain gratis. Sangat disayangkan bukan, jika blog yang dikelola sudah banyak mendatangkan manfaat, ternyata malah dihapus penyedia domain gratis.
Branding Bisnis Dengan Hosting dan Nama Domain Sendiri
Menggunakan nama domain untuk branding merupakan sebuah langkah awal untuk membuat bisnis anda lebih dikenal banyak orang. Bukan rahasia lagi saat ini banyak pelaku bisnis yang mempromosikan jasa atau produk yang mereka jual dengan memilihkan nama domain yang sesuai dengan kegiatan bisnis. Pemilihan nama domain tentunya harus sesuai dengan merek yang ingin dipasarkan.
Tidak cukup jika hanya menggunakan nama domain sendiri tetapi masih menggunakan hosting gratisan. Untuk kegiatan bisnis, sebaiknya menggunakan hosting sendiri yang tentunya sangat bermanfaat untuk membuktikan bahwa bisnis yang anda jalankan adalah benar-benar nyata. Dengan menggunakan hosting pribadi, kita juga mendapatkan fasilitas email personal yang tentunya akan mendongkrak branding dari bisnis yang sedang dijalankan.
Tertarik untuk membeli hosting dan nama domain sendiri untuk bisnis tapi bingung membelinya dimana? Tenang, saya memiliki rekomendasi situs penyedia Web Hosting Indonesia yang terpercaya. Qwords.com adalah salah satu penyedia domain dan web hosting terbaik yang ada di Indonesia. Qwords.com menyediakan berbagai paket hosting sesuai kebutuhan, mulai dari personal hingga paket bisnis. Beberapa alasan yang menjadikan perusahaan ini dipercaya banyak orang adalah paket hosting yang tergolong murah, layanan bantuan 24 jam, akses cepat dari seluruh dunia, dan masih banyak kelebihan lain.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog bersama Qwords.com “Qwords Anniversary Blog Contest” periode 11 Agustus 2014 – 03 September 2014.

Update: Tulisan ini telah dinilai dan mendapat juara III
Puji Tuhan, tulisan ini mendapat juara III pada lomba blog Qwords Anniversary. Saya mendapatkan 1 buah modem bolt + voucher hosting Rp.250.000 🙂

Branding Bisnis Dengan Hosting dan Nama Domain Sendiri
Hadiah lomba blog dari Qwords.com

10 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here