Cara Membalas Email Tawaran Review yang Baik

11

Dunia digital semakin hari semakin berkembang, ramalan akan terjadinya puncak kejayaan bisnis online pada tahun 2015 sepertinya akan menjadi kenyataan. Seperti kita ketahui akhir-akhir ini, banyak perusahaan baik jasa maupun perdagangan barang secara online yang muncul begitu saja. Entah mereka sudah berdiri sejak kapan, tiba-tiba saja di tahun 2015 semuanya muncul secara perlahan ke permukaan, bersaing mencoba peruntungan menjual berbagai produk dan jasa secara online.

Ramainya bisnis online yang terus menjamur ini menjadi ladang penghasilan tersendiri bagi para Blogger yang sudah terbiasa menekuni pekerjaan review. Tidak dipungkiri, Blogger merupakan ujung tombak dari suksesnya online marketing sekarang ini. Tulisan Blogger penggiat pekerjaan review ini layaknya brosur produk yang disebarkan langsung kepada calon konsumen sehingga muncul ketertarikan untuk menggunakan jasa atau membeli produk yang ditawarkan.

Cara Membalas Email Tawaran Review yang Baik

Biasanya, Blogger yang sering mendapat tawaran pekerjaan review ini adalah mereka yang terus konsisten membuat konten baru di blog. Kualitas tulisan, ramainya lalu lintas blog, desain blog yang menarik menjadi salah satu acuan bagi para pengiklan tulisan (advertisers) untuk memberikan pekerjaan review. Tidak menutup kemungkinan dengan menjamurnya bisnis online saat ini semua jenis Blogger akan berkesempatan menikmati nikmatnya uang dari pekerjaan review.

Dibawah ini saya mencoba memberikan sedikit tips bagaimana cara yang baik untuk merespon ketika kamu mendapat tawaran untuk pekerjaan review lewat email berdasarkan beberapa tipe advertiser.

Cara Membalas Email Tawaran Review yang Baik

Dari semua tawaran review yang pernah masuk inbox email saya, ada beberapa tipe advertisers yang kadang membuat kita kebingungan untuk membalas email mereka. Berikut beberapa tipe advertisers tersebut:

Advertiser Harga Mati
Advertiser jenis ini adalah yang paling mengesalkan diantara banyak jenis lainnya. Biasanya email mereka masuk tanpa basa basi langsung mengatakan ingin meminta dibuatkan artikel dengan jumlah kata sekian, dengan harga sekian. Terkadang ada sebagian dari kita yang langsung meng-iya-kan saja tanpa memperhitungkan kecocokan antara jumlah kata, tingkat kesulitan dan harga yang ditawarkan. Untuk mengatasi advertiser jenis ini, ada baiknya kamu membuat sebuah rate card. Buatlah dengan sederhana, berapa harga terendah yang ingin kamu ambil, tentukan juga jumlah kata yang dapat dikerjakan dengan harga yang kamu tentukan, rate card ini tentunya disesuaikan dengan kualitas tulisan dan lalu lintas pengunjung blog kamu. Jika kamu sudah memiliki rate card, balaslah email advertiser jenis ini dengan menyertakan lampiran rate card tersebut. Ungkapkan juga didalam email bahwa kamu hanya bisa mengerjakan tulisan berdasarkan rate card. Kerjakan jika mereka setuju, abaikan jika mereka tidak bisa menghargai rate card yang sudah kamu buat.

Advertiser Nego
Advertiser jenis ini biasanya cenderung masuk dengan email yang cukup ramah, mereka akan mencoba menyapa ringan, sedikit basa basi. Dalam emailnya biasanya mereka mengungkapkan ketertarikannya akan blog kamu, lalu berniat membeli artikel review kamu. Seringkali advertiser jenis ini akan bertanya terlebih dahulu berapa harga yang akan kamu tawarkan untuk sebuah tulisan review yang kamu publish di blog sendiri. Kamu dapat membalas dengan harga yang cukup tinggi, jika mereka meminta untuk menurunkan harga, cobalah untuk menurunkan sedikit harga sehingga mereka jadi tertarik membeli tulisan kamu.

Advertiser Double
Beberapa perusahaan online baru memiliki tim digital marketing yang kurang terstruktur. Mungkin kamu pernah mendapat beberapa email tawaran review yang sama dari orang yang berbeda. Atau mungkin kamu pernah mengerjakan tulisan review yang sama, lalu beberapa waktu kemudian masuk email dengan penawaran review yang sama. Untuk menghindari kerugian kedua belah pihak, ada baiknya kamu membalas dan menyatakan bahwa kamu pernah mengerjakan tulisan review yang sama. Jangan lupa tanyakan juga apakah memang diperlukan review berulang kali atau hanya terjadi kesalahan dalam tim marketing mereka. Dengan membalas email seperti itu kamu menghindari kerugian yang terjadi atas tulisan sama bagi advertiser dan kemungkinan kamu akan mendapat tawaran lain untuk menutupi kesamaan tersebut.

Lain-lain
Beberapa perusahaan online, terutama toko online biasanya menawarkan pembayaran dengan sebuah voucher belanja di toko online mereka. Pastikan kamu melakukan negosiasi terlebih dahulu apakah dapat digantikan dengan uang cash sehingga tidak merasa dirugikan dikemudian hari. Perusahaan online lainnya memberikan pembayaran berdasarkan waktu tertentu misalnya 2 minggu atau sebulan setelah artikel terbit di blog kamu, pastikan kamu membuat perjanjian yang tepat agar tidak dirugikan nantinya.
Nah itu sedikit tips dari saya untuk merespon setiap tawaran review yang masuk di email dengan baik. Bahasa yang digunakan sesuai kebiasaan kamu dalam berkirim email dan tetap memperhatikan kesantunan dalam bertutur kata 🙂

11 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here