Cara Membuat File yang Dihapus Tidak Masuk Recycle Bin

4
Menumpuk berbagai koleksi file seperti foto, video atau mungkin film di komputer sepertinya sudah menjadi kebiasaan buruk banyak orang. Tentu hal ini tidaklah baik di untuk komputer itu sendiri, kinerja komputer semakin hari semakin lamban akibat tumpukan file yang terus bertambak di hard drive.
Solusinya adalah melakukan seleksi terhadap file-file tersebut, menyimpan yang perlu dan menghapus yang kurang penting. Hal ini akan sedikit membantu membuat hard drive menjadi lebih lega, dan dapat bekerja dengan maksimal. Sayangnya, beberapa pengguna tidak terlalu memperhatikan file yang terhapus, yang telah masuk di recycle bin. Semakin hari akan semakin banyak file yang menumpuk disana, langkah yang harus diambil adalah menghapus secara permanen file-file yang sudah masuk recycle bin sehingga tidak menjadi tumpukan sampah pada hard drive.
Tips Membuat File Tidak Masuk Recycle Bin
Menghapus file secara permanen di recycle bin sangatlah mudah, kita tinggal mengklik icon recycle bin di desktop komputer, klik kanan kemudian pilih empty recycle bin. Alternatif lainnya adalah dengan menekan tombol SHIFT saat ingin menghapus file (Kombinasi Shift + Del). Namun jika kamu tidak ingin repot mengosongkan recycle bin, atau kemungkinan lupa menekan tombol shift saat menghapus file, kamu dapat mengatur agar setiap file yang terhapus tidak lagi masuk recycle bin melainkan terhapus permanen. Dibawah ini sudah saya siapkan langkah-langkahnya.
Cara Agar File yang Terhapus di Komputer Tidak Masuk ke Recycle Bin:
  1. Klik kanan pada Icon recyclen bin di desktop, pilih properties
  2. Akan muncul jendela baru seperti ini
    New Windows Recycle Bin
  3. Pilih Drive yang ingin filenya langung terhapus permanen, sebagai contoh, saya memilih drive E:
  4. Ceklis Option buttonDon’t move files to the Recycle Bin. Remove files immediately when deleted 
    Option
  5. Klik Apply.
Nah itulah sedikit tips untuk membuat setiap file yang dihapus dapat langsung terhapus secara permanen, jika kamu terlanjur menghapus secara permanen file yang sangat penting dan kamu ingin file itu dikembalikan kamu dapat menbaca artikel tentang Cara mengembalikan file yang terhapus permanen.

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here