Cara Memilih Kamera DSLR untuk Fotografer Pemula

0

Menjadi seseorang yang profesional di bidang pekerjaannya masing-masing tentu saja membutuhkan kerja keras dan kerja cerdas. Latihan yang terus menerus dilakukan adalah salah satu hal yang tidak boleh luput dilakukan. Untuk menunjang latihan tersebut, terkadang kita juga membutuhkan alat bantu yang mungkin harus kita miliki sendiri sehingga ketika kita ingin menggunakannya tentu akan lebih nyaman.

Begitu halnya dengan menjadi seorang fotografer profesional. Dibutuhkan semangat belajar dan latihan berkelanjutan untuk bisa menguasai teknik foto dan menghasilkan karya yang luar biasa. Untuk mendukung proses belajar itu, tentu saja seorang fotografer pemula akan membutuhkan kamera sebagai alat utama yang akan dipelajari lebih jauh. Kamu salah satu fotografer pemula? Well, pas sekali. Kali ini akan dibahas beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebagai seorang fotografer pemula untuk memilih kamera DSLR yang tepat untukmu – karena bisa jadi kebutuhan kamera untuk setiap fotografer pemula berbeda-beda. Apa saja sih hal yang wajib kamu perhatikan? Yuk, simak ulasan singkatnya berikut ini.

1. Tentukan budget yang kamu miliki dan siap digunakan untuk mendapatkan kamera DSLR

Kamera DSLR tentu bukan sebuah barang yang relatif murah. Mempertimbangkan banyaknya komponen yang digunakan dalam perakitannya mengharuskan kamu mempertimbangkan lagi kemampuanmu dalam mendapatkan perangkat satu ini. Jangan sampai kamu mematok tipe kamera DSLR yang dibanderol dengan harga tinggi padahal kamu tidak memiliki uang cukup untuk mendapatkannya. Ingat pula bawa kamu mungkin tidak akan hanya membeli satu unit kamera itu saja. Perlengkapan seperti filter lensa, tas kamera, atau mungkin lensa lepasan dan tripod bisa jadi harus kamu miliki dan tentunya semua itu didapat dengan uang.

2. Tentukan kebutuhanmu untuk mendapatkan kamera DSLR dengan tipe paling tepat

Ini dia yang perlu kamu sadari. Kalau kamu memang seorang fotografer pemula, jangan langsung menunjuk kamera berspesifikasi tinggi – dan yang harganya selangit – untuk menjadi kamera DSLR pertamamu. Yang penting untuk bisa kamu gunakan adalah kamera DSLR dengan fungsi standar untuk membantumu belajar mulai dari letak pengaturan hingga bagaimana teknik untuk mendapatkan karya terbaik. Karena sebuah karya yang baik bukan perkara seberapa canggih alat yang digunakan, tapi seberapa cerdas si pembuat menggunakan tekniknya.

3. Diskusikan dengan teman atau fotografer senior

Malu bertanya sesat di jalan. Begitu juga ketika kamu memilih untuk menjadi fotografer dan hendak membeli kamera pertamamu. Jangan malu untuk bertanya dan berdiskusi dengan teman maupun fotografer senior yang kamu kenal. Selain kamu mungkin dapat informasi dan rekomendasi kamera DSLR yang kamu butuhkan, mungkin kamu juga bisa mendapat bocoran teknik yang mereka miliki dalam menghasilkan foto yang luar biasa, hehehe.Cara Memilih Kamera DSLR untuk Fotografer Pemula

4. Pertimbangkan masalah megapixel kamera

Bukan hanya ketika akan membeli smartphone, dalam membeli kamera DSLR, patokan megapixel menjadi hal yang dipertimbangkan. Banyak orang menjadikan hal ini sebagai patokan karena mempertimbangkan hasil akhir foto ketika dicetak apakah akan mudah pecah atau tidak. Terutama bagi kamu yang berencana mencetak semua hasil karyamu, bisa jadi menjadikan poin in sebagai pertimbangan.

5. Merk tidak harus jadi pertimbangan utama

Sebagian orang berpendapat merek A terbaik sementara lainnya mempertahankan merek B sebagai yang terbaik. Semua merek memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Kamu tidak perlu terpaku pada pendapat orang lain, yang penting adalah menyesuaikan kebutuhanmu. Apakah kamu mungkin membutuhkan kamera yang lebih cepat diajak menyesuaikan dalam mengambil foto atau mungkin kamera yang bisa menghasilkan gambar lebih detil. Semuanya tergantung kebutuhanmu.

Akan tetapi ketika kamu sudah menetapkan pilihanmu, kamu disarankan untuk tidak berganti-ganti merek kamera DSLR. Mengapa? Ingatlah bahwa membeli kamera DSLR sama dengan melakukan investasi dan harus kamu sadari komponennya tidak bisa digantikan oleh komponen dengan merek yang berbeda.

6. Browsing lebih jauh tentang informasi kamera DSLR

Jangan malas untuk melakukan pencarian informasi lebih lanjut, terutama review dari orang-orang yang pernah menggunakannya. Semua informasi seperti spesifikasi, harga, dan review sudah bisa kamu dapatkan dengan mudah di internet. Manfaatkan kesempatan ini untuk menentukan lebih pasti kamera yang akan kamu beli.

7. Kunjungi toko kamera dan cobalah untuk memastikan kenyamanan menggunakannya

Informasi spesifikasi di internet memang sudah tersedia banyak, akan tetapi tidak ada salahnya kamu mencoba datang ke salah satu toko kamera untuk melihat langsung barangnya. Kamu bisa mencoba untuk memegang dan menyesuaikan dimensi kamera dengan kenyamanan tanganmu dalam menggunakannya. Jangan sampai kamu merasa tidak nyaman dalam menggunakannya tetapi tetap kamu paksakan untuk membeli karena menitikberatkan pada pertimbangan lain. Dalam jangka panjang, ketidak nyamanan dalam menggunakan kamera ini bisa berpengaruh terhadap kesehatanmu.

8. Ketahui Service Center yang ada di kotamu

Kalau kamu merasa tidak atau belum cukup mampu menangani kemungkinan masalah yang muncul pada kamera DSLR-mu, kamu harus mempertimbangkan kantor service center yang terdapat di kotamu. Tanyakan pada penjualnya dimana kantor service center dari kamera DSLR-mu untuk mengantisipasi ketika suatu hari ada kerusakan. Tentu saja ketika perbaikan itu dilakukan di service center yang ada di kotamu, secara waktu dan biaya kamu akan lebih hemat serta prosesnya lebih mudah.

9. Pertimbangkan rilis kamera DSLR sekelas yang terbaru

Sebelum kamu membeli kamera dengan merek dan tipe yang akhirnya kamu pilih, tidak ada salahnya juga kamu coba tanyakan apakah dalam waktu dekat terdapat kamera DSLR sejenih atau sekelas yang mungkin akan rilis. Besar kemungkinan harga dari kamera seri sebelumnya akan turun drastis setelah kamera tipe terbaru rilis.

Itulah sembilan hal penting yang sebaiknya kamu persiapkan sebelum memutuskan untuk membeli dan memiliki sendiri kamera DSLR-mu. Selalu ada kemungkinan bagi setiap fotografer untuk meng-upgrade kamera DSLR mereka menjadi seri terbaru dan hal ini juga harus dipersiapkan dengan 9 hal yang sudah disebutkan di atas. Kalau sudah mempertimbangkan hal ini, niscaya kamu tidak akan salah dalam memilih kamera DSLR yang paling tepat untuk dirimu sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here