Perkuat Sinyal di Ponsel Android dan iPhone dengan Trik Berikut

0

Sudah jadi realita kalau sebagian masyarakat kita sulit lepas dengan smartphone masing-masing. Dunia seolah sudah berpindah ke dalam gadget, obrolan sehari-hari tak lepas dari apa yang sedang terjadi di dunia maya. Memang, smartphone memberi kita kemudahan untuk mendapatkan berita terbaru, aplikasi hiburan yang menyenangkan, bahkan mendapatkan data penting yang berguna bagi tugas atau pekerjaan. Akan tetapi, pemakaiannya yang terkadang berlebihan membuat kita seolah menjadi anti sosial. Sudah begitu, kita menjadi pribadi yang lebih mudah mengekspresikan emosi dalam bentuk kata, suara, foto, hingga video.

Salah satu yang juga menjadi sumber emosi kita sebagai pengguna smartphone adalah sulit mendapatkan sinyal. Berada di lokasi yang minim BTS dan sinyal menjadi mimpi buruk karena kita beralasan tidak bisa berkomunikasi. Padahal momen seperti ini justru bisa dimanfaatkan sebagai kesempatan untuk lebih menikmati dunia nyata. Kalau memang ada kepentingan untuk segera menggunakan gadget guna berkomunikasi dengan pihak di ujung telepon, kamu harus lihat tips dan trik untuk memperkuat sinyal di smartphone berbasis Android maupun iOS ini. Tapi sebelumnya, tidak salah juga kalau kamu mengecek kekuatan sinyal tersebut lebih dulu.

Kalau kamu menggunakan smartphone berbasis Android, silakan pilih menu Settings atau Pengaturan, klik About, lalu pilih Network. Smartphone-mu akan menampilkan kekuatan sinyal yang ditunjukkan dalam satuan dBm atau decibel miliwatts. Sementara jika kamu menggunakan smartphone iPhone, kamu bisa mengecek dengan menghubungi *3001#12345# dan akan ditampilkan menu Field Test dan bar sinyal yang kemudian akan ditunjukkan dalam satuan dBm. Ukuran kekuatan sinyal tersebut adalah buruk jika berada pada nilai -100 dBm dan baik ketika sudah berada pada angka -70 dBm. Sinyalmu buruk? Mari perkuat dengan cara berikut.

Peta Sinyal.

Kamu mungkin pernah tahu kalau beberapa tempat bisa menjadi spot terbaik untuk mendapatkan sinyal? Well, hal itu tidak salah kok. Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan sinyal dengan kekuatan yang lebih baik adalah mengetahui titik-titik mana saja yang menjadi spot terkuat dalam menyediakan sinyal. JIka saat ini kamu sedang berada di rumah, cobalah membuat denah rumah secara sederhana. Lalu nyalakan mode Field Test atau masuklah ke opsi Setting guna melihat indikator kekuatan sinyal tersebut.

Berjalan-jalanlah di dalam rumah guna mengetahui titik mana saja yang kamu dapatkan mampu meningkatkan kekuatan sinyal. Tandai setiap titik yang tercatat sebagai spot terbaik mendapatkan sinyal. Cara yang sama juga bisa kamu lakukan jika berada di luar rumah, misalkan di kampus atau di kantor. Cukup mudah bukan? Dengan cara ini, kamu tidak perlu repot mencari spot terbaik ketika harus menelpon dan menginginkan suara yang cukup jernih.

On-Off Airplane Mode.

Cara lain yang juga kamu lakukan untuk memperkuat sinyal smartphone adalah dengan memasang Airplane Mode pada smartphone-mu selama kurang lebih tiga detik, lalu matikan lagi mode tersebut. Cara satu ini berguna untuk me-refresh koneksi ke jaringan operator yang kamu gunakan. Konsepnya sepintas sama dengan melakukan restart pada smartphone-mu akan tetapi cara satu ini lebih hemat waktu.Memperkuat Sinyal di Ponsel Android dan iPhone

Buka Jendela Rumah.

Kamu mungkin pernah tahu kalau beberapa sinyal melemah atau bahkan tidak bisa menembus penghalang fisik seperti jendela dan dinding. Nah, cara selanjutnya yang sebaiknya juga kamu coba untuk memperkuat sinyal operator di smartphone-mu adalah membuka jendela dan berdiri di dekatnya. Cara ini tidak hanya berfungsi ketika kamu berada di dalam bangunan saja, ketika kamu berada di dalam mobil pun juga bisa diaplikasikan, selama kamu tidak mengeluarkan kepalamu dari dalam mobil ya. Tentu saja itu berbahaya. Cara ini dipercaya cukup efektif, mengingat penghalang yang berbahan dasar logam pun termasuk bahan yang sulit ditembus sinyal operator smartphone, apalagi penghalang dalam bentuk tembok.

Cek Baterai.

Pernah mengalami sms yang kamu kirim ternyata delay? Kalau iya, ketika kamu mengalaminya lagi, coba cek baterai smartphone-mu. Smartphone biasanya akan segera menerapkan mode hemat daya pada saat baterai tinggal sedikit. Ketika smartphone menerapkan mode ini, bukan tidak mungkin koneksi ke jaringan terputus sementara karena membutuhkan daya yang cukup besar untuk memindahkan koneksi dari satu pemancar menuju pemancar lainnya. Solusinya? Isi ulang daya bateraimu sebelum digunakan kembali. Tapi tentu saja, mengisinya harus dengan cara yang tepat ya.

Berada di Dekat Pemancar Sinyal.

Cara satu ini kesannya sulit diaplikasikan karena mungkin kamu tidak tahu titik mana saja yang ternyata terdapat pemancar. Untuk mempermudah, kamu yang menggunakan smartphone berbasis Android bisa mengunduh dan memasang aplikasi Open Signal. Aplikasi satu ini dapat digunakan untuk memeriksa berapa menara pemancar sinyal yang dipetakan berada di sekitarmu. Cobalah mendekati titik pemancar tersebut ketika sedang melakukan panggilan suara atau digunakan dalam metode komunikasi lainnya dengan menggunakan smartphone. Tentu saja fungsinya untuk mendapatkan sinyal yang lebih kuat sehingga komunikasimu akan berjalan secara lebih baik karena secara otomatis koneksi smartphone-mu akan langsung mengarah ke pemancar tersebut.

Itu dia beberapa tips yang bisa memperkuat sinyal smartphone berbasis Android dan juga iOS. Semoga dengan cara yang bervariasi namun sederhana ini bisa membantu kamu mengatasi masalah sinyal buruk yang menghalangi kebutuhan komunikasimu. Tapi, tentu saja ingat untuk mengendalikan diri dalam menggunakan smartphone, jangan sampai keseharianmu tersita untuk menaruh perhatian pada gadget saja. Ada banyak hal yang terjadi di sekitar kita, jangan sampai dilewatkan apalagi kalau harus sampai mengorbankan hubungan komunikasi secara nyata. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here