Cara Mudah Menghapus Duplikat Kontak di Smartphone Android

0

Smartphone sudah menjadi bagian yang begitu lekat dengan kehidupan kita. Tanpa smartphone, ada yang kurang dalam rutinitas kita. Seiring dengan fungsinya yang bisa sebagai asisten pribadi, intensitas penggunaan smartphone tidak hanya sebatas pada aktivitas kerja atau studi bahkan juga masuk dalam ranah kehidupan pribadi. Pencatat agenda kegiatan, menyimpan foto dan video, serta mengedit sejumlah data menggunakan berbagai aplikasi yang terunduh di smartphone bahkan berinteraksi dengan hewan virtual bisa dilakukan hanya dalam satu gadget.

Salah satu fungsi dasar yang pasti ada dalam smartphone adalah menyimpan kontak. Dalam satu kontak, bukan hanya satu nomor handphone yang tersimpan namun juga bisa beberapa nomor handphone, alamat email, alamat surat, hingga ulang tahun dari nama yang tercatat dalam kontak. Tentu hal ini memudahkan kita untuk tidak mengingat terlalu banyak hal karena smartphone mengambil alih sebagian informasi itu. Bagi kamu yang kerap ganti smartphone, pasti kamu tidak heran bahkan mungkin sudah masa bodoh dengan kasus kontak yang terduplikat. Padahal ketika kamu butuh menghubungi seseorang dalam keadaan terdesak, kontak yang terduplikat ini tentu saja akan menyusahkanmu. Tidak jarang akhirnya kamu jadi marah sendiri karena tidak rajin menghapus kontak-kontak yang terduplikat itu. Terlalu repot untuk menghapusnya satu persatu? Well, ini zaman canggih dimana kamu tidak akan terlalu direpotkan untuk urusan seperti ini asal kamu tahu tips dan trik menghapus kontak yang terduplikat pada smartphone dengan sistem operasi Android.

Cara Menghapus Kontak Duplikat di Android
Ilustrasi Duplikat – Sumber: pixabay.com

1. Gunakan aplikasi kontak bawaan ponsel

Loh katanya bisa dengan cara cepat? Kontakku yang terduplikat cukup banyak dan aku tidak punya waktu untuk itu. Selain itu, cara menghapus kontak satu per satu kan merepotkan sekali! Tunggu dulu, tahap ini tidak menyuruhmu untuk menghapusnya satu per satu kontak yang terduplikat kok. Menggunakan aplikasi kontak bawaan smartphone untuk menghapus kontak yang terduplikat bisa dengan fitur ‘merge’ yang ada pada ponsel cerdasmu. Tapi kamu harus tahu bahwa tidak semua smartphone Android menyediakan fitur ini. Jadi, ada baiknya kamu cek lebih dulu.

Baca Juga: Cara Mengembalikan File dan Folder Terhapus Permanen

Fitur ‘merge’ yang ada pada smartphone ini berfungsi untuk memindai semua kontak lantas menghapus kontak yang terduplikat dengan nomor telepon maupun alamat e-mail. Langkahnya dengan membuka menu Contacts lalu tekan tombol menu dan pilih Merge accounts > Merge from Device/Google dan tinggal tekan OK. Kamu tinggal menyantai dan menunggu proses penghapusan ini selesai. Jika kamu menggunakan smrtphone ASUS, kamu dapat menghapus kontak duplikat dengan cara membuka menu Contacts lalu tekan tombol menu dan pilih Manage Contact > De-duplicate contact > Contact source.

Cara Menghapus Kontak Duplikat di Android

2. Gunakan akun Gmail

Alternatif kedua yang bisa kamu jalankan untuk menghapus kontak terduplikat agar lebih ringkas adalah dengan menggunakan akun Gmail kamu. Biasanya pengguna smartphone akan melakukan backup data dengan akunn Gmail dan biasanya secara tidak langsung dan otomatis akan mengaktiftkan fitur sinkronisasi kontak dengan Gmail. Ketahuilah bahwa fitur satu ini merupakan fitur bawaan yang ada di smartphone Android guna menyingkronkan semua kontak dengan akun Gmail yang biasanya juga sudah aktif di smartphone penggunanya.

Baca Juga: Aplikasi Untuk Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Apa yang harus saya lakukan? Tanpa kamu menyentuh smartphone-mu, kamu sudah bisa menghapus semua kontak ganda dengan mengklik kontak pada Gmail melalui komputer.  Lalu pilih opsi More dan Find and merge duplicates. Tunggu beberapa saat hingga muncul kotak yang menampilkan daftar kontak terduplikat pada smartphone-mu. Jika kamu ingin menyimpan beberapa kontak, hapus tanda centang yang ada pada kontak yang ingin kamu simpan. JIka kamu tidak menginginkannya tersimpan, maka klik opsi ‘Merge’ dan tinggal tunggu prosesnya selesai. Iya memang kamu tidak harus menyentuh smartphone-mu, tapi kamu harus menggunakan komputer sebagai mediamu menghapus kontak terduplikat ini.

Cara Menghapus Kontak Duplikat di Android
Cara Menghapus Kontak Duplikat di Android menggunakan Gmail

3. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Simple Merge Duplicates

Untuk kamu yang mengalami kendala saat menghapus kontak terduplikat dengan dua alternatif di atas, ada alternatif lain yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama Simple Merge Duplicates. Tapi tentu saja kamu harus mengunduhnya lebih dahulu melalui PlayStore. Setelah itu kamu bisa membukanya dengan mendaftarkan diri baik manual atau melalui beberapa media sosial seperti Facebook dan Gmail. Setelah dibuka, kamu akan mendapati informasi mengenai kontakmu secara lengkap.

Baca Juga: Inilah Shortcut di Windows 10 yang Perlu Kamu Ketahui

Kamu akan menemukan informasi kontak terduplikat dan cara untuk menghapus maupun menggabungkannya agar lebih ringkas pun relatif mudah. Usap smartphone-mu pada opsi ‘Duplicate Contacts’ dan pilih ‘Automatic Merge’. Lantas klik ‘Merge’ dan semua kontak terduplikat akan rapi. Penggabungan dan peringkasan ini tidak hanya berdasarkan nomor kontak yang sama namun juga nama yang identik.

Duplicate Contacts

Aplikasi serupa yang juga bisa kamu unduh dan gunakan untuk merapikan kontak ganda ini adalah Duplicate Contacts. Setelah selesai mengunduh serta meng-install aplikasi ini, jalankan saja. Aplikasi ini akan memindai kontak di smartphone dan mencari kontak-kontak ganda dan kamu bisa menghapusnya satu per satu maupun keseluruhan secara langsung. Kontak ganda dan berantakan, hilang dalam sekejap! Kamu tidak perlu repot-repot memindainya dengan mata kepala dan tanganmu sendiri.

Bagaimana? Relatif mudah bukan menghapus kontak yang terduplikat pada smartphone Android? Tanpa harus membuang terlalu banyak waktu karena menghapus satu per satu kontak yang terduplikat, kamu mendapatkan manfaat yang sama yaitu lebih meringkas daftar nama di kontak sehingga pada saat harus menghubungi orang dalam keadaan terdesak, informasi kontak itu tidak membingungkanmu. Menggunakan smartphone canggih harus diimbangi dengan penggunaan yang cerdas juga kan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here