6 Cara Ampuh Untuk Menghemat Kuota Data Internet

0

Saat ini perkembangan dan kemajuan teknologi semakin pesat. Tidak hanya kalangan bisnis saja, namun setiap orang dituntut untuk selalu update dan melek teknologi. Hampir seluruh komunikasi di seluruh dunia menggunakan internet. Mulai dari memakai smartphone, tablet, laptop, hingga PC. Macam-macam bentuk komunikasinya pun beranekaragam, misalnya telepon, SMS, chating messenger, melalui media sosial, dan masih banyak lainnya.

Saat ini seluruh pengguna internet di dunia saat ini lebih sering memakai smartphone untuk mengakses internet. Persentasenya pun lebih banyak jika dibandingkan dengan pengguna yang mengakses internet melalui PC dan laptop. Mengapa demikian? Memang banyak orang merasa lebih praktis saat menggunakan ponsel pintar untuk berkomunikasi jika dibandingkan dengan perangkat lainnya. Hanya dengan satu genggaman saja, pengguna sudah bisa menjelajah dunia. Hal ini juga didukung oleh kemampuan smartphone yang setiap waktu semakin berkembang. Bisa dibilang performa smartphone saat ini tidak kalah dengan perangkat lain yang lebih besar.

Melihat perkembangan tersebut, kuota data internet yang dibutuhkan untuk smartphone pun semakin bertumbuh juga. Banyak orang yang sering tidak sadar saat berselancar di dunia maya menggunakan ponsel. Akibatnya data yang dikeluarkan jadi boros. Saat ini ada dua jenis paket data internet yang dijual oleh operator seluler, yaitu paket data berdasarkan kuota dan paket data unlimited. Sebenarnya keduanya sama-sama memiliki batas wajar pemakaian. Kecepatan dan kapasitasnya juga telah ditentukan oleh operator. Perbedaanya hanya terletak pada sistem pemakaiannya saat data akan habis. Untuk paket data unlimited, saat berada dalam kuota data yang habis, biasanya pengguna akan tetap bisa mengakses walaupun kecepatan akan menjadi lembat. Selama waktu masih tersisa, data masih berjalan walaupun kecepatannya menjadi lemah. Sedangkan untuk paket data kuota, koneksi internet akan terputus jika kuota data telah habis.Cara Ampuh Menghemat Kuota Data Internet

Bagaimana cara menyikapi hal ini? kamu dapat melakukan beberapa cara agar bisa menghemat kuota data internet. Berikut ini merupakan beberapa cara menghemat kuota data internet yang bisa dicoba dan dipraktekkan.

Coba perhatikan dan awasi penggunaan data selulermu.

Hal pertama yang bisa kamu coba untuk mengontrol penggunaan kuota internet adalah melihat dan mengawasi penggunaan data selulermu sendiri. Coba kamu lihat di bagian pengaturan, bagian atau aplikasi mana saja yang menjadi biang kerok borosnya kuota internet yang kamu punya, apakah itu pada bagian aplikasi media sosial, YouTube, atau terlalu sering bermain game online. Menelusuri penggunaan kuota internet ini nantinya akan menjadi kunci kamu mengendalikan penggunaan data selulermu. Kalau kamu sudah tahu mana yang paling banyak menyedot kuota internetmu, mulai kendalikan penggunaan aplikasi tersebut jika memang bukan menjadi kebutuhan prioritasmu.

Nyalakan opsi off pada menu update otomatis.

Menyalakan opsi on pada menu update secara otomatis memang menjadikanmu tak ketinggalan saat harus meng-upgrade aplikasi tertentu. Akan tetapi, jika tidak mampu dikendalikan, pada akhirnya opsi ini jadi alasan mengapa kuota data internetmu begitu cepat habis. Kalau kamu tidak ingin kuota internetmu cepat habis, gunakan opsi off pada menu update otomatis ini. Tidak bisa menggunakan cara ini? Alternatif agar kamu tidak ketinggalan info update aplikasi tanpa harus boros kuota internet adalah dengan mengganti opsi pembaharuan ini supaya otomatis dilakukan hanya pada saat smartphone-mu terhubung dengan koneksi Wi-Fi.

Hindari mengunduh aplikasi terlalu sering atau banyak.

Borosnya penggunaan kuota internet juga bisa disebabkan oleh perilaku penggunanya yang kerap kali mengunduh aplikasi terlalu banyak maupun terlalu sering. Hmm, akui saja, kamu sering kan mengunduh aplikasi media sosial terbaru yang sedang hits? Mungkin sekarang bukan lagi tren Snapchat, tetapi Pokemon Go siap menguras baterai smartphone maupun kuota internetmu. Untuk apa aplikasi seperti ini kamu pasang jika sebenarnya tak memiliki manfaat yang berarti (selain mendongkrak eksistensi)? Bijak dalam mengunduh aplikasi, kunci penggunaan kuota internet yang hemat.

Cara cerdas menonton video online.

Hobi streaming video musik terbaru atau mungkin malah film terbaru? Jangan kaget kalau tiba-tiba kamu kehilangan kuota data internet secara masif dan sekejap. Tidak mau hal ini terjadi padamu? Kurangi kebiasaan menonton video online dengan menggunakan paket data internetmu. Biasakan menonton video online ini ketika smartphone-mu sedang terhubung dengan jaringan Wi-Fi. Akan tetapi, kalau kamu memang sangat butuh menonton video online ini, akali dengan menurunkan kualitas video. Tentu saja, semakin rendah kualitas video, semakin kecil pula kuota data internet yang dibtutuhkan. Dengan begini, kamu tetap bisa menikmati video online tetapi kuota data internetmu tidak terkuras banyak. Cara lain yang bisa kamu tempuh adalah dengan menonton video secara offline, yakni kamu mengunduh video tersebut pada saat terhubung dengan jaringan Wi-Fi dan menontonnya nanti tanpa perlu terhubung koneksi internet. Tapi tetap saja, kendalikan hasrat untuk tidak menonton drama korea secara online kalau kamu tahu kuota data internetmu sedang sekarat, ya! Hehehe.

Coba kompresi data pada browser-mu.

Biasanya, smartphone-mu sudah memiliki browser bawaan sendiri yang secara otomatis memiliki fitur bawaan dan fitur ini diketahui memampatkan data. Sebut saja Chrome dan Opera, dua opsi browser yang dikenal mampu memperbolehkanmu berselancar secara nyaman tanpa perlu khawatir penggunaan kuota data internet yang boros. Kedua browser ini biasanya menggunakan server milik mereka sendiri guna mengompres data situs yang kamu kunjungi, sehingga ketika ditampilkan pada layar smartphone-mu, data tersebut sudah dalam bentuk data yang terkompres. Informasi yang kamu dapatkan sama, kuota data internetmu yang habis banyak.

Hindari mengaktifkan opsi sinkronisasi.

Banyaknya aplikasi yang ada pada smartphone sekarang ini membutuhkan satu akun  pemilik yang lantas tersinkronisasi semuanya. Tahukah kamu kalau opsi sinkronisasi ini juga bertanggung jawab atas melayangnya sejumlah kuota data internetmu selama pemakaiannya? Kalau kamu merasa cukup sayang membuat kuota ini guna menyelaraskan beberapa aplikasi, maka aktifkan opsi off untuk kebutuhan ini. Menonaktifkan sinkronisasi ini bisa kamu lakukan dengan membuka menu Settings atau Pengaturan, lalu pilih Accounts atau Akun, lantas pilih aplikasi yang tidak ingin disinkronkan.

Itu tadi beberapa cara untuk menghemat kuota data internet yang bisa dicoba. Yang perlu diingat, kamu harus cerdik untuk memanfaatkan Wi-Fi. Sebaiknya sesering mungkin gunakan jaringan pada Wi-Fi untuk mengakses beberapa kegiatan yang bisa memakan banyak data, WiFi kantor misalnya! ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here