Bagaimana Cara Menulis Artikel yang Dapat Meningkatkan Penjualan?

0

Sejak beberapa tahun terakhir, banyak orang yang menulis artikel dengan tujuan untuk meningkatkan angka penjualan produk yang mereka pasarkan. Hal ini tentu bisa terjadi dengan adanya dukungan sistem informasi Internet yang semakin mudah diakses oleh kalangan masyarakat luas di Indonesia. Namun yang kemudian menjadi pertanyaan adalah seberapa efektif sebenarnya penulisan artikel untuk menghasilkan angka penjualan yang baik dalam bisnis yang kita geluti?

Kita tentu tidak ingin melakukan sebuah tindakan yang semata-mata hanya akan sia-sia saja, termasuk dalam melakukan pemasaran pada produk / jasa yang kita miliki. Mengingat penjualan hanya akan terjadi jika pemasaran dilakukan dengan teknik dan cara yang paling tepat. Hal ini juga berlaku di dalam penulisan artikel yang tujuannya dilakukan untuk meningkatkan angka penjualan. Kita akan membutuhkan kejelian dan keterampilan khusus dalam menuliskannya agar tujuan dari penulisan artikel tersebut bisa tersampaikan dengan baik dan tepat sasaran. Penulisan artikel dengan tujuan seperti ini telah banyak dilakukan dan diterapkan oleh para ahli pemasaran, dan hal ini dikenal sebagai copywriting.

Copywriting merupakan sebuah teknik menulis yang dilakukan dengan tujuan untuk memengaruhi dan mengajak orang melakukan sebuah tindakan, seperti: berbagi konten, membeli sebuah produk, melakukan klik pada sebuah website, menyukai halaman facebook dan berbagai macam tindakan lainnya. Hal ini tentu saja dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan pada suatu produk / jasa yang sedang dipasarkan.

Pada umumnya, copywriting banyak digunakan oleh para pelaku bisnis atau para penyedia jasa. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menerapkan teknik copywriting pada beragam jenis media pemasaran, seperti: iklan, website, brosur, landing page dan berbagai macam media pemasaran lainnya. Copywriting dianggap sangat efektif dan mampu meningkatkan angka penjualan, di mana kita hanya perlu melakukan penulisan artikel yang tepat sasaran, sehingga pembaca bisa dengan mudah mengerti dan memahami tujuan yang ingin kita sampaikan melalui tulisan tersebut.

Menulis Dengan AIDA Formula

Mengingat tujuan dari copywriting adalah untuk menginkatkan penjualan, maka bisa dipastikan bahwa penulisan artikel dengan teknik ini akan membutuhkan formula khusus yang bisa mendukung tercapainya tujuan awal copywriting itu sendiri. Hal ini akan berbeda dengan penulisan artikel biasa yang hanya berisi sejumlah informasi ataupun tips tertentu yang sifatnya seperti berita. Di dalam copywriting, kita akan dituntut untuk bisa mendatangkan sebuah tindakan dari pembaca yang pada akhirnya akan mewujudkan tujuan awal dari copywriting yang kita lakukan.

Cara Menulis Artikel yang Dapat Meningkatkan Penjualan

Di dalam teknik copywriting dikenal beberapa formula yang biasa digunakan, namun salah satu yang paling banyak digunakan adalah AIDA. Formula ini cukup populer dan banyak digunakan di dalam penulisan artikel copy (copywriting). AIDA merupakan singkatan dari: Attention, Interest, Desire dan Action. Keempat kata tersebut tentu memiliki arti dan tujuan tertentu, berikut ini adalah penjelasan mengenai penerapan AIDA dalam copywriting:

Attention

Sebagaimana tujuan awal dari copywriting, maka kita diharapkan bisa mendapatkan perhatian dari pembaca artikel yang kita buat bukan? Hal ini barangkali akan terdengar sangat umum, namun pada dasarnya judul sebuah artikel akan sangat menentukan respons dari pembaca artikel tersebut, maka kita “wajib” untuk meletakkan attention pada judul artikel yang kita tulis. Hal ini akan menjadi titik penting bagi keberhasilan copywriting yang kita lakukan, karena pada dasarnya orang hanya akan tertarik untuk membaca sebuah artikel jika mereka benar-benar tertarik dan memiliki rasa penasaran pada judul artikel tersebut.

Gunakan judul yang menarik, unik dan bisa menarik perhatian orang untuk membaca keseluruhan isi artikel yang kita tulis tersebut. Dengan demikian, kita dengan mudah bisa menyampaikan tujuan copywriting yang kita lakukan. Judul yang tidak menarik hanya akan membuat pembaca malas dan enggan untuk membaca keseluruhan isi dari artikel yang kita tulis. Sehingga tujuan dari penulisan artikel tersebut tidak bisa tersampaikan dengan baik kepada pembaca.

Interest

Dalam sebuah artikel paragraf pertama harus mampu menarik perhatian dan minat pembaca. Jangan bertele-tele dan jauh dari tujuan yang akan kita lakukan. Dalam paragraf ini kita bisa menyajikan informasi atau fakta, data, gambar dan berbagai hal lainnya yang penting serta menarik minat pembaca untuk melanjutkan ke paragraf berikutnya. Paragraf pertama seharusnya mencerminkan isi dari keseluruhan paragraf berikutnya, di mana kita harus bisa menunjukkan sejumlah informasi awal mengenai isi keseluruhan artikel yang kita tuliskan.

Baca Juga: Tips Memaksimalkan Linkedin untuk Mendukung Perkembangan Bisnis

Buat pembaca menjadi tertarik dan memiliki rasa ingin tahu mengenai isi artikel yang kita tulis, sehingga mereka membacanya sampai kalimat terakhir yang kita tulis di sana. Dengan begitu, tujuan copywriting tersebut bisa tersampaikan dengan baik dan mendatangkan penjualan.

Desire

Artikel yang kita tulis harus mampu membuat para pembaca menjadi tertarik dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi mengenai produk / jasa yang kita tawarkan di sana. Dalam hal ini kita harus mampu menguasai emosi dan logika pembaca artikel, sehingga mereka bisa fokus dan tertuju pada apa yang ingin kita sampaikan dalam artikel tersebut. Dengan begitu, maka tujuan dari copywriting yang kita lakukan bisa terlaksana dengan baik dan kita mendapatkan penjualan dari hal tersebut.

Dalam poin ini kita tidak bisa hanya fokus pada beragam fitur yang terdapat dalam produk yang sedang kita tawarkan saja. Namun kita juga harus menonjolkan beragam keuntungan dan kelebihan dari produk / jasa yang kita tawarkan kepada para pembaca, sehingga pembaca tertarik pada produk / jasa yang sedang kita tawarkan lewat article copywriting tersebut.

Action

Ini merupakan tujuan utama dari copywriting yang kita lakukan, di mana kita akan mengajak pembaca untuk melakukan action sesuai dengan tujuan yang kita harapkan sejak awal, seperti: membeli, klik link, mendaftar dan berbagai tindakan lainnya. Action ini tentu hanya akan terjadi jika kita benar-benar memiliki kemampuan dalam melakukan setiap tahap dalam copywriting dengan baik.

Baca Juga: Kelebihan Toko Online Dibanding Toko Tradisional

Dalam hal ini kita bisa mengajak pembaca untuk melakukan action dengan cara menggunakan Call To Action (CTA), misalnya: beli sekarang, daftar sekarang, klik di sini, dan berbagai action lainnya.

Lakukan dengan tepat

Copywriting menjadi salah satu teknik pemasaran yang cukup baik dan mampu mendatangkan penjualan pada produk / jasa yang dipasarkan. Meski terlihat sederhana, namun pada dasarnya copywriting yang dilakukan dengan tepat, bisa meningkatkan angka penjualan secara signifikan. Lakukan setiap tahap dengan cermat, agar angka penjualan produk / jasa yang kita pasarkan bisa meningkat dan mendatangkan keuntungan sesuai dengan yang kita harapkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here