Cara Mudah Memendekan URL Untuk Share Postingan Blog

3
Mau berbagi sedikit nih, cara memendekan URL Blog atau yang lebih dikenal para blogger dengan istilah shorting URL. Memendekan URL sangat banyak sekali kegunaannya, selain menghemat karakter, memendekan URL juga berfungsi untuk menyembuyikan kata-kata yang tidak anda kehendaki muncul ketika share URL.
Misalnya, anda ingin mengajak seseorang join program afiliasi tertentu, dan sistem yang berlaku adalah sistem referall, yang mana di dalam URL tersebut ada ID referall anda. tentu saja anda tidak ingin ID refferal anda muncul saat share URL bukan, nah disinilah fungsi utama memendekan URL tersebut.
Berikut contohnya :
http://www.katatemanku.com/?ref=akuganteng
Link yang dicetak miring dan berwarna merah itu adalah contoh sebuah ID referall sebuah program alifiasi, tentu tidak enak dilihat bukan, jika anda share URL seperti itu ke media sosial. Pasti rekanan yang anda ajak join mulai ragu jika sudah melihat kode refferal seperti itu. Nah, untuk mengakalinya, kita bisa menggunakan aplikasi URL  shortener, ada beberapa aplikasi yang paling sering digunakan para blogger, diantaranya goo.gl dan bit.ly
Nah, untuk kali ini saya akan sharing cara memendekan URL dengan bit.ly
Hasil pemendekan URL diatas :
https://bitl.ly/akuganteng
Nah, coba bandingan URL sebelum di pendekan, dengan URL yang sudah di pendekan, jauh berbedak bukan. Dengan cara ini anda bisa menyembunyikan link referall tersebut, atau istilahnya, menipu link.
Nah, itu tadi penjelasannya, sekarang kita akan langsung mempraktekan cara memendekan URL dengan aplikasi bit.ly
  1. Masuk ke  https://bitly.com/  pastikan anda sudah mempunyai akun bit.ly , jika belum buatlah sebuah akun, klik Disini.
  2. Ada dua pilihan yang tersedia, anda bisa sign up dengan akun twitter dan juga facebook. Pilih salah satu, isikan data-data yang diminta. Klik tombol Create Account.
  3. Jika berhasil, anda langsung bisa sign in. Gunakan akun twitter/facebook untuk sign in (jika tadi anda sign up menggunakan akun twitter, saat sign in anda juga harus menggunakan akun twitter, dan sebaliknya)
  4. Jika berhasil login, anda akan dibawa ke dashbord, tampilannya seperti ini
  5. Kolom yang saya tandai merah adalah tempat meletakan URL yang ingin dipendekan, pastekan URL yang ingin dipendekan di kolom tersebut, tekan enter
  6. Maka akan muncul jendela seperti gambar dibawah ini, klik icon pensil untuk mengedit URL, sehingga tampilannya akan menjadi seperti gambar 2.
  7. Selesai….
Anda tinggal menyalin URL yang sudah dipendekan tersebut, dan langsung membagikan URL tersebut di media sosial. Selamat berkreasi, salam 🙂

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here