Panduan dan Trik Cara Pesan Tiket Kereta Online dengan Mudah

0

Hadirnya platform penjualan tiket online seperti Traveloka adalah sebuah kemajuan yang punya dampak cukup signifikan buat aku. Sebagai orang yang lumayan sering pergi main dan urusan kerjaan, masalah akomodasi adalah hal krusial. Jadi nggak heran kalau aku sering mengandalkan aplikasi Traveloka untuk booking tiket maupun hotel. Baru-baru ini, aku abis booking tiket kereta api untuk pergi berlibur. Proses pembelian yang mudah dan metode pembayaran yang nggak ribet jadi hal yang aku sukai. Mungkin ini bisa menjadi referensi teman-teman yang sebelumnya belum pernah booking tiket online.

Kenapa Traveloka? Karena simple! Dari segi akses, aku bisa gampang akses via browser laptop maupun aplikasi di smartphone. Terus aplikasi ini nggak menuntut pemesan untuk punya akun terlebih dahulu sebelum melakukan booking – meskipun sebenarnya kalau punya akun sih kita bisa mengumpulkan poin. Hal lain yang menjadi alasanku mengandalkan Traveloka adalah promo diskon yang cukup besar.

Terdengar klasik tapi pembahasan kali ini akan cukup worth it. Kalian bisa cari tahu reservasi tiket kereta online disini. Aku sangat merekomendasikan kalian untuk pakai Traveloka, baik via browser PC atau aplikasi di smartphone ya. Step selanjutnya opsional sih tapi bagusnya kalian punya, yaitu membuat akun Traveloka supaya kalian juga dapat informasi terkait berbagai promo. Kaitannya nanti adalah ke pengumpulan poin yang bisa kalian pakai untuk ditukarkan dengan penawaran menarik. Udah? Ya mari lanjut ke step-by-step sesungguhnya untuk booking tiket kereta api secara online.

Pesan Tiket Kereta Api Online Mudah di Traveloka

Pertama, buka situs www.traveloka.com atau buka aplikasi Traveloka di smartphone kalian. Setelah itu, pilih opsi Kereta Api atau Trains. Nah setelah itu pilih stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan. FYI untuk yang belum pernah pesan tiket kereta api secara online dan mandiri, kelas kereta api yang kalian mau booking itu berpengaruh pada stasiun keberangkatan dan tujuan.

Misalnya di Stasiun Gambir, keberangkatan dan tujuan biasanya untuk kelas kereta eksekutif. Beda dengan di Stasiun Jatinegara yang menerima kedatangan dan keberangkatan kelas kereta ekonomi. Jadi, sebelum memilih stasiunnya, googling dulu ya untuk memastikan stasiun keberangkatan dan tujuan.

Setelah menetapkan stasiunnya, atur tanggal keberangkatan yang diinginkan. Kalau mau praktis, jangan lupa aktifkan fitur Round-Trip atau Perjalanan Pergi-Pulang untuk sekaligus memesan tiket pada tanggal pulang. Sudah menentukan tanggal berangkat dan pulang? Lalu tentukan jumlah penumpangnya. Baik di tampilan browser maupun di aplikasi, jumlah maksimal penumpang per satu kali booking adalah 4 orang dewasa dan 4 orang bayi (di bawah 3 tahun). Jadi kalau kamu hendak memesan tiket untuk lebih dari 4 orang dewasa, kamu harus melakukan booking secara berulang.

Baca Juga: Petungkriyono, Negeri Atas Awan Pekalongan yang Mempesona

Tampilan selanjutnya setelah kamu selesai mengatur jadwal keberangkatan adalah opsi jadwal keberangkatan kereta. Opsi ini biasanya dibedakan berdasarkan jam berangkat dan harga tiket per penumpang. Kalau satu stasiun menampung dua kelas kereta api, opsi keberangkatan kereta juga divariasi berdasarkan kelas kereta dan jam berangkatnya. Pilih opsi jam berangkat kereta yang sesuai dengan kebutuhanmu. Nah, kalau kamu mengaktifkan fitur Round-Trip, tampilan selanjutnya adalah opsi jam berangkat untuk kereta pulang. 

Karena kamu melakukan booking secara mandiri, kamu juga harus memasukkan data kontak dan data penumpang secara mandiri. Data kontak terdiri dari form nama, alamat e-mail, dan nomor handphone. Sedangkan data penumpang terdiri dari form nama (diisi lengkap), jenis dan nomor identitas yang berlaku untuk check in tiket menuju keberangkatan.

Pesan Tiket Kereta Api Online: Bisa Pilih Kursi Favorite Kamu!

Nah, satu lagi yang aku suka dari aplikasi Traveloka ini, adalah pemilihan tempat duduk di gerbong kereta yang kita inginkan. Pada opsi Select Seat ini kamu bisa memilih tempat duduk dalam kereta dengan gerbong tertentu yang sekiranya membuatmu nyaman. Tempat duduk yang sudah terisi atau di-booking akan ditandai dalam kotak abu-abu yang berarti Selected, sehingga kamu bisa memilih pada kotak dengan warna tepi biru yang merupakan area tempat duduk yang tersedia. Aku pribadi sih nggak punya tips khusus kalau ditanya kursi kereta mana yang nyaman atau menghadap ke arah stasiun tujuan. Mungkin ada yang justru punya tips dan triknya? Bagi dong!

Perlu diketahui kalau pemilihan tempat duduk ini dibatasi waktu kurang dari 5 menit. Kalau sudah memastikan tempat duduk mana yang menjadi pilihanmu, segera klik Selesai atau Done dan melanjutkan proses ke Review Booking. Pada tampilan ini, pastikan bahwa stasiun asal keberangkatan dan stasiun tujuan sudah tepat dan tidak terbalik sesuai tanggalnya masing-masing. Selain itu pastikan juga data penumpang sudah benar termasuk data nomor identitas yang akan digunakan untuk check in.

Di bawah review data penumpang terdapat detil harga tiket kereta api yang terdiri dari biaya tiket utama, convenience fee, biaya asuransi, dan kode unik yang akan digunakan ketika pembayaran. Langkah terakhir adalah metode pembayaran. Ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih untuk melengkapi proses pembayaran booking tiket kereta api, seperti pembayaran via ATM, kartu kredit untuk opsi Pay Later, maupun dengan UANGKU Balance. Kamu bisa pilih sesuai kebutuhanmu.

Setelah proses pembayaran selesai, kamu bisa melakukan konfirmasi dengan mengklik tombol ‘Saya Sudah Melakukan Pembayaran’. Proses penerbitan tiket tidak memakan waktu lama, kok. Tiket Traveloka akan terbit dan dikirimkan melalui e-mail yang didaftarkan pada Data Kontak. Kamu nggak perlu mencetak tiket ini karena nantinya harus mencetak Boarding Pass dengan kode yang tertera pada tiket dari Traveloka.

Ilustrasi pemesanan tiket kereta api di aplikasi Traveloka

Sebagai tambahan informasi, booking tiket kereta api secara online untuk platform apapun saat ini hanya bisa digunakan maksimal satu bulan sebelum keberangkatan – sebuah kebijakan baru yang mungkin akan mengurangi peluang berburu tiket murah dengan cara memesan beberapa bulan sebelum keberangkatan. Tapi kan yang penting harganya masih masuk akal dan selamat sampai tujuan.

Meskipun kelihatannya panjang dan ribet, sebenarnya proses booking tiket kereta api di Traveloka ini nggak sulit sama sekali kok. Bahkan ini opsi booking yang mudah dan bisa dilakukan di mana aja, dalam genggaman smartphone. Oh ya, kalau kamu mau dapetin informasi promo heboh dari Traveloka, ada baiknya kamu berlangganan newsletter. Ingat, kalau orang dulu mengatakan ‘Rajin Pangkal Pandai’, maka orang kekinian akan berpegang pada prinsip ‘Rajin Kepo Pangkal Dapat Promo’. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here