Cara Resize Banyak Foto Sekaligus Menggunakan Photoshop

2

Mengabadikan momen terbaik mungkin menjadi hobi sekaligus pekerjaan paling menyenangkan bagi kamu yang jatuh cinta dengan dunia fotografi. Potret setiap momen berharga yang menyimpan cerita ini pun mungkin tak hanya satu atau dua saja, bisa jadi satu momen bercerita dalam ratusan hingga ribuan file foto. Tentu saja karena momen ini tak terjadi dua kali, alat yang digunakan pun mungkin tidak sebatas kamera saku biasa. Kamu mungkin tak keberatan menggunakan kamera digital SLR paling baru demi mendapatkan momen terbaik dengan hasil foto yang detil.

Kalau sudah menggunakan kamera yang super canggih, jangan heran jika hasil fotonya pun memiliki size yang cukup besar. Satu folder mungkin memakan tempat hingga beberapa gigabyte. Kalau tidak dikelola dengan baik, jangan heran jika personal computer-mu protes karena kamu menyimpan terlalu banyak file foto yang begitu besar, belum lagi jika beberapa foto tersebut sebenarnya harus dihapus. Tidak tega kalau harus menghapus beberapa folder yang berisi foto penuh cerita? Maka kamu harus me-resize setiap foto.

Akan menjadi sebuah pekerjaan yang rumit dan memakan waktu yang cukup lama nih, mengingat cara lawas yang biasa dilakukan orang untuk me-resize foto tersebut harus satu per satu. Beban pikiran bertambah kala konsumen menginginkan hasil akhir foto harus jadi dalam waktu singkat. Duh!

Kamu mengerti bahwa efisiensi waktu dan efektifitas pengerjaan adalah dua hal yang cukup penting dalam keadaan seperti ini. Kamu pun pasti ingin mengedit dalam waktu cepat tanpa harus mengorbankan kualitas pekerjaan yang sudah kamu kerjakan sebelumnya. Jadi, di sini saya akan berbagi tips bagaimana caranya me-resize beberapa foto sekaligus hanya dengan menggunakan perangkat lunak Adobe Photoshop.

Yap! Perangkat lunak satu ini bukan sebuah perangkat lunak yang khusus bagi para fotografer profesional dan relatif mudah didapatkan sekalipun PC-mu tidak memiliki program bawaan satu ini. Tentu saja, kamu harus menginstall Adobe Photoshop untuk bisa mengedit foto-foto yang akan kamu resize nantinya. Kali ini akan dibahas resize foto dengan menggunakan Adobe Photoshop CC, tapi tenang saja prosesnya juga akan bisa dilakukan pada versi sebelumnya.

Membuat sebuah action

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat sebuah action (Create an action). Caranya, buka panel Actions. Kalau tidak terlihat, klik Windows dan pilih Actions. Di bagian bawah panel ini, terletak di antara Trash Can dan ikon folder, kamu akan menemukan sebuah ikon halaman baru berbentuk kotak. Pilih itu dan akan muncul tampilan windows New Action.

Cara Resize Banyak Foto Sekaligus Dengan Photoshop

Dalam tampilan tersebut, kamu bisa mengetik nama untuk action-mu. Untuk lebih memudahkan, berilah nama sesuai dengan berapa pixel kamu ingin me-resize foto tersebut. Misalkan jika ingin me-resize foto dengan ukuran 512 pixels wide, maka berilah nama ‘Image Resize 512px’. Kemudian klik tombol Record.

Cara Resize Banyak Foto Sekaligus Dengan Photoshop

Langkah selanjutnya, kamu bisa memilih bagaimana cara kamu akan me-resize fotomu, baik itu dengan mengganti dimensi dengan pengukuran yang berbeda seperti persentase atau pixels maupun memilih resolusinya. Setelah kamu selesai melakukan pengaturan resize foto yang kamu butuhkan, klik ‘OK’ pada ikon di kanan bawah jendela.

Record Size Foto

Berikutnya adalah menyimpan file yang sudah kamu edit. Seperti biasa, klik File lalu Save As. Lalu pilihlah folder yang kamu beri nama ‘Resized Images’. Hal penting yang harus kamu lakukan adalah jangan mengganti nama file dari foto yang sudah kamu edit tadi. Setelah itu klik ‘Save’ lalu pilihlah opsi fotomu dan klik ‘OK’.

Cara Resize Banyak Foto Sekaligus Dengan Photoshop

Setelah selesai, tutuplah file fotomu dan pada panel Action, klik ikon kota yang menyimbolkan ‘stop’ di sebelah tombol rekam berwarna merah. Action-mu seharusnya nampak pada panel Action. Sebagai tes kalau saja kamu melakukan suatu kesalahan selama proses pengerjaan, maka cara yang tepat untuk mengetes Action-mu sebelum kamu mengedit untuk semua foto adalah dengan memeriksa foto yang baru saja kamu edit.

Buka satu foto lain yang ingin kamu edit lalu pilihlah New Action-mu. Klik ikon ‘play’ dan seharusnya foto atau gambarmu menghilang dari jendela. Tetapi kamu juga harus menemukannya sudah dalam posisi ter-resize dan tersimpan dalam folder ‘Resized Images’.

Menjalankan Fungsi Automate

Sudah bekerja untuk dua foto yang baru kamu edit? Hebat! Sekarang saatnya mengedit beberapa foto sekaligus. Buka Adobe Photoshop-mu, klik File, pilih Automate, lalu pilih Batch. Seharusnya sekarang kamu melihat jendela Batch.

Cara Resize Banyak Foto Sekaligus Dengan Photoshop

Pilihlah set yang sudah kamu buat pada Action In-mu lalu pilihlah Action-mu. Di bawahnya akan terdapat kotak ‘Source’ lalu pilihlah ‘Folder’ dan klik ikon ‘Choose…’ di mana kamu bisa mengambil semua foto yang akan kamu resize secara bersamaan. Kamu tidak perlu menghiraukan kotak ‘Destination’ yang ada di sisi bawah jendela Batch.

Cara Resize Banyak Foto Sekaligus Dengan Photoshop

Klik ‘OK’ dan kamu akan menemukan semua foto yang hendak kamu resize secara bersamaan tadi sudah te-resize dan tersimpan pada folder ‘Resized Images’. Viola! Efektif dan efisien bukan?

Itu dia langkah yang bisa kamu tempuh untuk me-resize beberapa foto secara sekaligus hanya dengan menggunakan Adobe Photoshop. Relatif mudah, murah, dan tidak memakan waktu terlalu banyak! 😀

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here