Corinth Canal Terusan Tersempit Di Dunia

5

Saat di bangku sekolah, kita mengenal adanya Terusan Suez, Terusan Panama, dan untuk lokal Indonesia ada yang namanya Terusan Sulawesi. Tapi tahukah anda, masih banyak terusan-terusan lain yang lebih sempit yang memiliki pemandangan yang mengagumkan?

Corinth Canal atau yang lebih dikenal dengan Terusan Korintus, adalah terusan yang menghubungkan Teluk Korintus dengan Teluk Saronikos di Laut Aegea. Terusan ini menembus tanah genting Korintus dan memisahkan semenanjung Peloponnesus dengan daratan Yunani. (wikipedia)

Terusan Tersempit di Dunia

Terusan Korintus merupakan hasil karya arsitektur yang luar biasa. Terusan ini digali langsung kedalam tanah berbatu. Panjangnya mencapai 4 mil, dan memiliki lebar hanya sekitar 70 kaki, tentu ini terlalu sempit untuk bisa dilewati kapal-kapal besar. Bisa dikatakan, Terusan Korintus adalah terusan tersempit di dunia.

Terusan Tersempit di Dunia

Terusan ini memiliki daya tarik tersendiri untuk menyedot wisatawan datang kesana, yaitu pemandangan tebing jurang yang indah, air laut yang begitu jernih membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan asing.

Terusan Tersempit di Dunia

Sumber gambar : http://drysheet.blogspot.com/

5 COMMENTS

  1. Kalau gak baca di blog ini, saya tidak akan tahu ada terusan Corinth ini. Kalau dilihat dari foto, ini hanya cukup untuk satu kapal saja ya. Sepertinya sih indah melewati terusan ini…

    Makasih sudah share.

    Salam,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here