Beberapa Tempat yang Wajib Dikunjungi di Pontianak

7

Sebagai netizen yang berdomisili di Kota Pontianak saya kurang setuju dengan mitos masyarakat yang menghubungkan Pontianak dengan setan Kuntilanak. Memang jika ditelusuri secara historis, kuntilanak punya sedikit peran dalam terbentuknya kota Pontianak namun hal itu bukan berarti masyarakat dapat meng-salah-artikan sejarah tersebut.

Pontianak tidaklah se-seram namanya yang dikaitkan dengan wujud setan wanita Kuntilanak tersebut. Jauh lebih menarik dari yang kamu pikirkan, Pontianak punya banyak hal unik yang tidak dapat kamu temukan di kota lain Indonesia bahkan Dunia.

Pontianak adalah kota yang spesial, dilintasi garis khatulistiwa, tempat mengalirnya sungai terpanjang di Indonesia, daerah dengan iklim baik dan lahan yang subur, dan masih banyak hal istimewa lainnya yang terdapat di Pontianak. Dibawah ini saya sudah membuat beberapa daftar tempat wajib yang harus kamu kunjungi ketika sedang berada di Pontianak.

Beberapa Tempat yang Wajib Dikunjungi di Pontianak

1. Tugu Khatulistiwa
Ketika menginjakan kaki di Pontianak, salah satu tempat yang wajib dan tidak boleh kamu lewatkan untuk dikunjungi adalah tugu khatulistiwa. Tugu Khatulistiwa merupakan sebuah monumen untuk menandai posisi 0 derajat, 0 menit dan 0 detik. Sebagai tempat yang dilintasi garis khatulistiwa dunia yang persis membelah bumi secara horizontal menjadi belahan utara dan belahan selatan, Tugu Khatulistiwa punya keistimewaan khusus.

Dalam setahun terjadi dua kali fenomena alam titik kulminasi matahari, yakni fenomena ketika Matahari tepat berada di garis Khatulistiwa. Fenomena kulminasi ini terjadi antara 21-23 Maret dan 21-23 September.

Tempat yang Wajib Dikunjungi di Pontianak

Ketika fenomena kulminasi terjadi, semua benda yang berada disekitar tugu khatulistiwa tidak memiliki bayangan. Hal ini disebabkan posisi matahari yang berada tepat dalam satu garis lurus dengan khatulistiwa. Selain itu ketika terjadi kulminasi disekitar tugu Khatulistiwa diadakan lomba mendirikan/menegakkan telur. Kulminasi Matahari menghasilkan gaya gravitasi yang cukup kuat sehingga bisa membuat telur yang bentuknya oval berdiri tegak di titik nol derajat.

Baca Juga: Enam Lokasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi di Kota Amoy Singkawang 

2. Taman alun-alun Kapuas
Selain berada tepat pada garis lintang khatulistiwa, Pontianak juga punya keistimewaan lain yaitu tempat bermuaranya sungai terpanjang di Indonesia. Sungai Kapuas, tentu kita semua sudah tidak asing dengan nama ini. Ditepi muara sungai yang memiliki panjang total 1.178 km ini terdapat sebuah taman yang dikenal dengan taman alun-alun kapuas.

Tempat yang Wajib Dikunjungi di Pontianak

Taman Alun-alun kapuas selalu padat dikunjungi pengujung diwaktu malam hari. Taman yang identik dengan air mancur dan lampu warna warni ini sangat cocok dikunjungi bersama teman maupun keluarga. Selain dapat menikmati jajanan yang banyak jual disana, kita juga dapat menikmati keindahan taman alun-alun kapuas ini langsung dari sungai kapuas dengan menaiki perahu motor yang sudah tersedia disana.

Baca Juga: Trizara Resort, Glamping Bandung yang Bikin Gak Mau Pulang

3. Aloe Vera Center
Sebagai daerah yang dilintasi garis khatulistiwa tentu Pontianak memiliki iklim yan baik dan tanah yang subur. Lahan gambut yang disertai curah hujan yang cukup membuat Pontianak menjadi ladang utama untuk budidaya tanaman lidah buaya.

Tempat yang Wajib Dikunjungi di Pontianak

Aloe Vera Center merupakan kawasan agrowisata yang dijadikan lahan budidaya sekaligus pengembangan untuk produksi lidah buaya itu sendiri. Jika kamu ingin mendatangi tempat ini, jaraknya tidaklah terlalu jauh dari pusat kota Pontianak, hanya sekitar 12km. Disana kamu dapat melihat perkebunan lidah buaya yang sangat subur, melihat dan mencicipi berbagai olahan lidah buaya yang juga dapat kamu jadikan oleh-oleh untuk teman dan keluarga.

Nah, itulah 3 tempat wajib yang yang harus kamu kunjungi ketika sedang berada di Pontianak. Selain beberapa tempat diatas, kamu juga dapat mengunjungi tempat lainnya di Pontianak yang tidak kalah menariknya. Rumah adat dayak Radakng, Rumah Adat Melayu, Vihara Tengah Laut, atau mungkin bundaran digulist Untan. Yuk mampir ke Pontianak! 🙂

7 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here