Memilih Dompet Pria Itu Penting, Dude! Pilih Saja Dompet Handmade!

0

Dompet pria merupakan model dompet yang didesain khusus untuk kaum pria. Dompet juga merupakan benda yang akan selalu dibawa kemana-mana oleh semua orang. Meski kecil, benda satu ini sangat penting lho. Bahkan beberapa orang sangat pilih-pilih dalam memilihnya demi ketahanan, kualitas, model, serta kenyamanan ketika membawanya.

Potensi produk kerajinan di Indonesia

Model dompet pria yang sedang banyak diburu saat ini ialah dompet pria handmade. Terutama produk-produk handmade hasil karya pengrajin lokal. Fenomena ini juga memicu pertumbuhan industri kerajinan setiap daerah.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2014, Populasi Industri Kecil dan Menengah (IKM) makanan Indonesia, yaitu sebesar 1.567.019 unit atau sekitar (42,71%), yang menyerap tenaga kerja sebanyak 3.664.208 tenaga kerja atau sekitar (41,94%) dan memberikan nilai tambah sebesar Rp50,1 triliun atau (22,70%). Sementara pada tahun yang sama, populasi IKM Fashion dan kerajinan tercatat sebesar 625.209 unit usaha atau sekitar (17,04%), menyerap 1.474.901 tenaga kerja atau sekitar (16,88%) dan memberikan nilai tambah sebesar Rp 44 triliun atau sekitar (20,28%).

Angka-angka di atas bak sebuah angin segar bagi pemerintah beserta penggiat industri lokal. Pasalnya, masyarakat Indonesia yang selama ini selalu memuja-muja produk luar negeri, secara perlahan mulai mengalihkan perhatian mereka pada produk dalam negeri. Yang mana, hal tersebut sangat bagus.

Meski memiliki potensi amat besar, kendala tetap saja hadir sebagai batu sandungan

Pertumbuahan industri kreatif seperti Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia tak dipungkiri terus meningkat setiap tahunnya. Pada triwulan II-2016 saja misal, angka peningkatan sebesar 5,18%. Industri kreatif ini meliputi industri kerajinan tangan hingga sektor pariwisata. Meski terbilang meningkat, perkembangan positif ini bukan berarti tanpa kendala.

Kendala yang paling dirasakan oleh pengrajin dan penggiat usaha ialah keterbatasan dana kredit. Dimana kebanyakan UMKM ini belum memiliki laporan keuangan yang tersusun secara rapi. Selain kendala keuangan, para pengusaha UMKM juga kesusahan untuk memiliki akses ke pasar internasional. Keterbatasan akses ini disebabkan volume produksi yang belum mencapai batas minimum ketentuan impor.

Permasalahan di atas, bisa dibilang berasal dari UMKM itu sendiri. Nah, masalah selanjutnya yang juga tak kalah pelik adalah hobi masyarakat yang lebih memilih barang tiruan atau imitasi. Mereka ini adalah golongan yang sangat suka sekali membeli barang branded tapi harganya murah. Demi gaya, ngikutin tren, dan ingin dibilang gaul. Padahal, dari segi ketahanan serta unsur keunikan, barang yang mereka beli dengan girangnya itu tidak ada apa-apanya dibandingkan produk originalnya. Apalagi jika original, sekaligus handmade. Tentu akan semakin jauh perbedannya.

Di sisi lain, masih banyak pihak yang berjuang demi kelangsungan produk kerajinan tanah air

Well, dengan adanya berbagai macam halangan dan kesulitan di atas, bukan berarti pengrajin Indonesia lantas menyerah dan berkecil hati. Sampai saat ini, mereka masih terus berjuang untuk mengenalkan produk kerajinan khas Indonesia kepada dunia. Salah satunya dengan bergabung ke marketplace online khusus barang handmade, seperti Qlapa.com.

Sesuai dengan tagline yang dimiliki, Qlapa ingin menjadi sebuah rumah bagi para pengrajin terbaik Nusantara melalui teknologi. Kita bisa dengan mudah mencari berbagai macam produk kerajinan seperti pakaian, aksesoris unik, perabotan rumah tangga, hiasan-hiasan ruangan, hingga hadiah menarik. Soal kualitas, sudah jangan ditanya lagi. Sebelum bisa masuk ke sini, semua barang kerajinan ini di seleksi satu persatu sesuai standar tinggi yang berlaku.

Kalau dompet pria? Ada nggak?

Jelas ada donk. Secara marketplace ini sudah dianggap rumah bagi pengrajin Indonesia. Di sini, kamu dapat menemukan berbagai merk dompet pria terbaik seperti:

  • Southeast. Brand asal kota Bandung ini benar-benar mampu membuat siapapun yang melihatnya jatuh cinta. Bagaimana tidak, setiap produk Southeast selalu menghadirkan kesan ekslusif dan mewah pada setiap detail bagiannya. Southeast menjanjikan kepuasan dalam menggunakan produk buatan dari kulit asli. Dengan teknik pengerjaan kuat dan tidak mudah lepas, mereka juga menggunakan bahan-bahan nabati alami yang lebih ramah lingkungan.
  • Saddap Leather Goods. Konsep utama dari dompet pria buatan Saddap Leather Goods adalah simpel, unik, dan memiliki daya fungsi tinggi. Salah satu koleksi unik dompet berbahan kulit Saddap adalah Gum Leather Phone Wallet yang merupakan dompet merangkap tempat penyimpanan handphone. Dompet ini dibuat dari bahan pull up leather dan dilengkapi dengan 3 slot kartu serta 1 slot uang. Ada pula beberapa pilihan warna menarik seperti tan dan dark purple yang menarik.
  • Seth Project. Bahan kulit asli jenis vegetable tanned dan teknik penjahitan saddle stitch adalah andalan dari Seth Project.Beberapa variasi dompet yang macho maupun unisex tersedia, antara lain dompet kunci, dompet HP, hingga dompet dengan berbagai ukuran dan warna. Kamu juga bisa menambahkan custom inisial atau nama untuk barang- barang pribadi tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here