Faktor yang Mempengaruhi Blog Kamu Mendapat Tawaran Job Review

20
Sejak bergabung dengan perusahaan start up beberapa bulan yang lalu saya mulai mengerti sedikit demi sedikit kriteria blog-blog yang layak diberikan pekerjaan review. Disini saya berperan sebagai content producer yang memang ruang lingkup pekerjaannya mengurus semua konten (artikel) dari luar untuk perusahaan kami. Dengan latar belakang Blogger, saya tidak terlalu asing dengan pekerjaan ini, namun tetap ada beberapa hal baru yang tidak pernah saya ketahui yang selalu dijadikan tolak ukur seorang advertiser untuk menawarkan paid review.
Umumnya kita berpikir, Blogger yang sering mendapat tawaran pekerjaan review adalah mereka yang memiliki jam blogging lebih banyak, memiliki lalu lintas blog yang ramai, populer diantara blogger-blogger lainnya dan sebagainya. Namun sebenarnya ada rahasia lain, yang sederhana namun tidak terpikirkan oleh kita.
Dibawah ini saya mencoba memberikan beberapa faktor utama yang menjadi tolak ukur para pengiklan tertarik menawarkan paid review di blog kita, silahkan dicermati.

Faktor yang Mempengaruhi Blog Kamu Mendapat Tawaran Paid Review

1. Blog kamu memiliki laman kontak
Hal ini terlihat sederhana namun ini menurut saya paling penting, bagaimana mungkin pengiklan dapat menawarkan job review di blog kamu sedangkan kamu sendiri tidak membuat halaman kontak disana. Menyisipkan alamat email pada sidebar blog atau membuat sebuah halaman khusus kontak di blog akan menjadi pertimbangan utama bahwa bagi para pengiklan untuk memberikan pekerjaan review.

2. Blog kamu memiliki desain yang tidak rumit
Desain blog adalah hal berikutnya yang mempengaruhi tertarik atau tidaknya pengiklan untuk mempromosikan produk mereka lewat tulisan di blog kamu. Meskipun blog kamu memiliki lalu lintas yang cukup ramai tetapi desain yang kamu gunakan rumit (tidak tertata dengan baik, banyak widget yang memberatkan loading blog) para pengiklan akan berpikir berulang kali untuk menawarkan kamu paid review. Ohya, jika kamu perlu bantuan untuk mempercantik blog, kamu dapat meminta bantuan saya dengan harga yang jelas jauh lebih murah dari biasanya, hubungi saya lewat halaman kontak 😀

3. Blog kamu TLD dan memiliki DA diatas 15
Domain Authority (DA) akhir-akhir ini menjadi dilema bagi banyak Blogger, pasalnya banyak perusahaan yang secara terbuka menawarkan pekerjaan review namun mensyaratkan blog yang mendaftar harus memiliki DA diatas 15 atau bahkan 20. Lalu solusinya bagaimana? Solusinya kamu harus menunggu DA blog kami naik, salah satu cara untuk mensiasati hal ini adalah mengumpulkan backlink yang banyak ke blog kamu. Dapat kamu lakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah membuat sebuah lomba blog kecil-kecilan di blog kamu.

Faktor yang Mempengaruhi Blog Kamu Mendapat Tawaran Job Review

4. Blog kamu dengan Alexa Global dibawah 2 juta
Tidak berbeda dengan DA, rank global alexa selalu dijadikan tolak ukur seorang advertiser untuk menawarkan kamu paid review. Namun rank alexa ini lebih digunakan untuk compare statistik. Misal blog kamu memiliki DA 25 dan alexa kamu 5 juta, atau sebaliknya alexa kamu 900 ribu dan DA hanya 13 blog dengan ranking seperti itu biasanya tetap akan ditawari paid review.

5. Blog kamu memiliki artikel yang selalu ramai komentar
Content is the King , jika tulisan kamu bagus tentu yang komentar akan ramai, komentar pada artikel di blog yang selalu ramai adalah pertimbangan berikutnya untuk para pengiklan memberikan job review. Jika kamu merasa tulisanmu belum bisa mendapatkan komentar yang selalu ramai, cobalah lebih aktif blogwalking dan berkomentar di blog lain, share link artikel di berbagai sosial media yang bisa mendatangkan lebih banyak komentar di blog kamu. Mudah bukan?

Baca Juga: Begini Caranya Agar Mendapat Tawaran Review

Nah itulah beberapa hal yang menurut saya sakral dan seringkali dijadikan acuan bagi para pengiklan ketika ingin menawarkan paid review di blog kamu. Selain memaksimalkan beberapa hal diatas, kamu juga dapat mencoba mempelajari beberapa tehnik dasar SEO agar blog kamu memiliki lalu lintas pengunjung organik yang cukup baik.

20 COMMENTS

  1. Masih penasaran sama DA, soalnya masih baru beberapa bulan ganti dari blogspot ke dot com, dan ternyata solusinya memang harus banyak backlink, thank you Andre udah kasih saran

    • DA baru popular sejak Google mengumunkan gak bakal update Google pagerank sih, jadi sekarang patokan review ya si DA ini, tapi Alexa tetap dijadikan bahan perbandingan pada umumnya 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here