Menggunakan Hosting Gratis Idhostinger Untuk Domain Pribadi

10
Beberapa hari yang lalu saya iseng bereksperimen mencoba mengaplikasikan domain www.andre.web.id dengan hosting gratis Idhostinger. Ternyata dari keisengan tersebut ada ilmu baru yang saya dapatkan, dengan segera saya ingin membagikan ilmu tersebut kepada rekan blogger semua. 🙂
Mungkin beberapa, bahkan kebanyakan blogger baru masih belum mengerti hosting itu apa, bahkan saya sendiri belum terlalu paham cara mengotimalkan penggunaan hosting. Menurut berbagai sumber yang saya baca, honsting itu mirip seperti flashdisk di komputer, atau sama dengan ruko-ruko di pasar sana. Fungsi utama hosting adalah untuk menyimpan file-file website, yang mana hosting itu sendiri disewakan, dan dibayar dalam kurun waktu tertentu.
Hosting – Sumber : http://www.tutorial-webdesign.com
Nah, untuk blog flatform blogspot sendiri, hostingnya masih menumpang di hosting google. Jadi kita tidak perlu menyewa, maupun membayar. Hosting google disediakan secara gratis untuk semua pengguna blog platform blogspot.
Biasanya pemilik blog flatform blogspot/wordpress hanya membeli domain, yang kemudian domain tersebut diaplikasikan ke blog masing-masing untuk meng-custom url blogspot.com menjadi domain pribadi.
Kabar baiknya, saat ini banyak situs penjual web hosting yang memberikan honsting gratis kepada para pengguna internet. Hosting gratis tersebut bisa kita gunakan untuk berlatih membangun sebuah website, membuat email dengan nama domain sendiri, dan masih banyak kegunaan lainnya.
Untuk tulisan kali ini, saya akan membagi sedikit tips menghubungkan hosting gratis idhostinger ke domain yang sudah di custom di blog platform blogspot, silahkan dibaca dengan teliti.
Cara Menghubungkan Hosting Gratis Idhostinger ke Domain Pribadi : 
  1. Pastikan kamu sudah memiliki akun di idhosntinger, jika belum silahkan membuat akun terlebih dahulu.
    Login ke akun ishostinger, masuk control panel, kemudain order sebuah hosting gratis baru. Singkatnya bisa meng-klik link berikut : http://cpanel.idhostinger.com/order/accounts-order
  2. Pilih versi gratis, klik tombol order, hingga muncul tampilan seperti ini :
    Menggunakan Hosting Gratis Untuk Domain Pribadi
  3. Ubah tipe domain dari sub-domain menjadi domain dengan cara menggeser tombol tipe domain ke sebelah kanan.
    Masukan nama doman kamu di kolom yang disediakan, selesaikan proses registrasi.
  4. Langkah selanjutnya adalah mem-pointkan domain pribadi kamu ke namaserver idhostinger.
    ***
  5. Pilih domain yang ingin di-pointkan. Klik tombol detail seperti gambar dibawah ini.
    Menggunakan Hosting Gratis Untuk Domain Pribadi
  6. akan muncul menu seperti dibawah, perhatikan pada area yang saya kolom merah saja.
    Menggunakan Hosting Gratis Untuk Domain Pribadi
  7. Tambahkan record DNS ke control panel hosting anda, masukan sesuai informasi pada poin 6 tadi. Berikut contoh punya saya :
    Menggunakan Hosting Gratis Untuk Domain Pribadi
  8. Sejauh ini kita telah berhasil menghubungakan hosting gratis ke domain berbayar kita, tinggal mengunggu proses pengaktifan saja dari pihak hosting.

10 COMMENTS

  1. Masih belum ngerti hosting-hosting kayak gitu hehehe.. tapi bisa sih dicoba, buat nambah ilmu

    Untuk email custom, saya pakai email outlook, tapi agak ribet setting ke domainnya. Mungkin karena saya masih newbie :d

  2. Hmmm kalau ndak salah hosting gratis dari idhostinger ini menggunakan disk disk server tier-1. :3 Jadi kalau di akses biasanya agak lemot, atau kalau penggunaan resource melebihi batas ada notif dari hostingnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here