Hampir 18 Tahun Eksis di Industri Digital, Inilah Inovasi Terbaru KASKUS yang Paling Ditunggu

0

KASKUS, siapa yang tidak kenal dengan forum online asli buatan Indonesia khas dengan agan-sista serta cendolnya ini. KASKUS didirikan pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald, dan Budi. Jika dihitung mundur dari tahun 2017 ini, maka 6 November tahun ini KASKUS genap berumur 18 tahun. Ya 18 tahun, sedikit lebih muda dari saya yang baru berumur 19 tahun (+5). 😀

18 Tahun menjadi pionir forum online, yang terbaik dan terbesar, KASKUS terus berinovasi agar tetap bisa sejalan dengan perkembangan teknologi terbaru. Dalam bincang-bincang singkat bersama Chief Marketing Officer KASKUS, Ronny W. Sugiadha beberapa hari yang lalu di acara Media and Blogger Power Lunch, saya akhirnya tau bocoran inovasi apa saja yang akan dilakukan KAKSUS di usianya yang ke-18 nanti.

Inovasi KASKUS
Ardy Alam, Chief Product Officer KASKUS bersama Chief Marketing Officer KASKUS Ronny W Sugiadha

Inovasi dan Pengembangan Teknologi KAKSUS di Ulang Tahun ke-18

1. Inovasi KASKUS Forum

Seperti kita ketahui bersama KASKUS merupakan social commerce platform dan salah satu tech-leaders terbesar di Indonesia. Sebagai cikal bakal forum online di Indonesia, KASKUS tentunya harus membuka mata lebih lebar untuk mengimbangi perkembangan teknologi. Untuk mempermudah para Kaskuser dalam bermain di forum, KASKUS akan menerapkan beberapa inovasi berikut di forumnya.

KASKUS Social TV

KASKUS Social TV merupakan terobosan dari KASKUS dimana memberikan kesempatan bagi Kaskuser untuk melakukan video streaming dan memberikan komentar di waktu yang   bersamaan. KASKUS Social TV ini bisa dinikmati  oleh  Kaskuser  melalui  platform KASKUS  dan  kini  masih  hadir  secara  tematis. Sebagai contohnya:  Live  Streaming “Jakarta Punya Suara” bersama Calon Gubernur dan Wakil Gubernur pada Pilkada DKI Jakarta lalu, kompetisi DOTA2 Battleground dan Tebak Skor.

KASKUS Lounge Video

Forum yang memungkinkan Kaskuser untuk mengunggah video secara langsung tanpa melalui pihak ketiga seperti Youtube atau Dailymotion. Kaskuser bisa langsung mengunggah video yang diinginkan dengan penambahan deskripsi singkat atas video tersebut. Video dapat diunggah dengan ketentuan maksimal 1 (satu) menit dengan ukuran hingga 1 GB.

Inovasi Kaskus

KASKUS Forum Image

Forum yang memungkinkan Kaskuser mengunggah image dengan satu kali klik tanpa perlu membuat thread terlebih dahulu. Kaskuser cukup menuliskan caption dalam setiap image yang diunggah. Forum image juga dilengkapi oleh fitur image editor  berupa stiker, frame, text dan filter, yang memudahkan Kaskuser untuk mengedit image yang akan diunggah.

KASKUS Creator

KASKUS Creator bisa dipredikasi akan menjadi favorite banyak content creator di KASKUS. KASKUS Creator merupakan sebuah  revenue  sharing  program  untuk  para pembuat  konten  original,  menarik  & berkualitas  di  KASKUS. Perhitungan revenue sharing ini berdasarkan jumlah views dari setiap konten yang dibuat. Versi beta akan dirilis pada bulan Agustus 2017. Lumayan dong ya posting artikel di KASKUS bisa dapat tambahan uang jajan! 😀

Implementasi Machine Learning

KASKUS   mengimplementasikan   teknologi   Machine   Learning   secara   bertahap   di Forum   dalam   bentuk rekomendasi thread di Forum ataupun Jual Beli dilihat dari aktivitas browsing Kaskuser. Tidak hanya itu, KASKUS juga  mengembangkan  tools  dari  Machine  Learning  yang  memungkinkan  KASKUS  untuk  mendeteksi  berita ataupun konten yang sedang viral.

2. Inovasi KASKUS Chat

KASKUS Chat adalah sebuah platform bertukar pesan yang digunakan untuk berkomunikasi antar KASKUSER dengan menggunakan  KASKUS  ID. KASKUS  Chat menjawab  kebutuhan  semua  Kaskuser  untuk  berkomunikasi  lebih  cepat, dan membuat percakapan semakin berwarna dengan emoticon khas KASKUS.

KASKUS Chat sudah dirilis beta sejak 2015, apa saja perbedaan KASKUS chat saat ini dengan versi beta? Tentunya sejak awal dirilis dengan versi beta, ada banyak improvement yang dilakukan berdasarkan feedback dari Kaskuser sebagai pengguna.

Inovasi Kaskus Chat

Fitur andalan KASKUS Chat

  • mBranKas
    Fitur yang memungkinkan Kaskuser untuk mengirim dan menerima uang secara real time yang terintegrasi dengan BranKas (rekening bersama KASKUS). Kaskuser bisa dengan mudah menggunakan mBranKas untuk Cek Saldo, Transfer (menggunakan username KASKUS ataupun nomor rekening tujuan), Top Up Saldo (melalui Klik BCA dan Indomaret), serta Mutasi yang memungkinkan Kaskuser mengecek semua sejarah transaksi.
  • Forum Chat
    Fitur yang memungkinkan Kaskuser untuk langsung join untuk melakukan live group chat yang membahas forum tertentu, dimana saat ini forum yang bisa diakses adalah Berita Politik, Soccer dan Otomotif.
  • Official channel
    Menghadirkan  update  berita  terkini  dari  Forum  KASKUS  seperti  Hot  Thread,  Top  Thread  dan  Highlighted Activities, serta informasi terkini dari para partner. Saat ini partner yang telah bergabung dalam official channel adalah BCA, Blibli.com, Ekado Indonesia, Beritagar.id, Metrotvnews.com, Tribunnews.com dan Gatra.com

Cara mengakses KASKUS Chat?

Kamu bisa mengunduh aplikasi KASKUS Chat yang sudah tersedia di sistem operasi Android juga iOS, atau dengan mengakses https://chat.kaskus.co.id/ melalui desktop dan memasukkan KASKUS username kamu untuk Log In.

nah itulah beberapa inovasi yang akan dijalankan KASKUS untuk membuat forum online kesayangan kita semua ini tetap eksis ditengah pesatnya perkembangan teknologi. Semoga kedepannya KASKUS terus berinovasi untuk menciptakan layanan yang memberikan dampak positif bagi banyak pihak ya! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here